Apa itu Bitcoin Mining 'Penambangan Bitcoin'


Apa itu Bitcoin Mining 'Penambangan Bitcoin'


Bitcoin mining atau Penambangan Bitcoin adalah proses dimana transaksi diverifikasi dan ditambahkan ke public ledger, yang dikenal sebagai Block Chain, dan juga sarana yang melaluinya bitcoin baru dilepaskan. Siapa pun dengan akses ke internet dan perangkat keras yang sesuai dapat berpartisipasi dalam penambangan. Proses penambangan melibatkan pengumpulan transaksi baru-baru ini ke dalam blok dan mencoba memecahkan teka-teki yang sulit secara komputasi. Peserta yang pertama kali menyelesaikan teka-teki mendapatkan tempat blok berikutnya di rantai blok dan mengklaim hadiah. Imbalannya, yang memberi insentif bagi penambangan, keduanya merupakan biaya transaksi yang terkait dengan transaksi yang dikompilasi di blok serta bitcoin yang baru dirilis.
Jumlah bitcoin baru yang dirilis dengan setiap blok yang ditambang disebut Block Reward. Block Reward dibagi dua setiap 210.000 blok, atau kira-kira setiap 4 tahun. Block Reward dimulai pada 50 pada tahun 2009, sekarang 12,5 pada 2018, dan akan terus menurun. Block Reward yang semakin berkurang  akan membuat harga bitcoin melejit.

Seberapa sulitkah teka-teki yang terlibat dalam penambangan? Yah, itu tergantung pada seberapa banyak usaha yang dimasukkan ke penambangan di seluruh jaringan. Kesulitan penambangan dapat disesuaikan, dan disesuaikan dengan protokol setiap blok tahun 2016, atau kira-kira setiap 2 minggu. Kesulitan menyesuaikan dirinya dengan tujuan menjaga laju penemuan blok konstan. Jadi jika lebih banyak daya komputasi digunakan dalam penambangan, maka kesulitan akan menyesuaikan ke atas untuk membuat penambangan lebih keras. Dan jika daya komputasi diambil dari jaringan, yang terjadi sebaliknya. Kesulitan menyesuaikan ke bawah untuk membuat penambangan lebih mudah.

Selain menjadi sarana menghasilkan bitcoin baru, bitcoin mining menciptakan blockchain yang memverifikasi transaksi bitcoin. Block Reward diperoleh dengan menempatkan blok baru di blockchain, yang bertindak sebagai buku besar umum yang maju dari transaksi terverifikasi. Ini adalah fungsi penting untuk operasi bitcoin karena memungkinkan mata uang dapat dengan aman dan dapat diduga dibuat tanpa regulasi terpusat dalam bentuk bank atau pemerintah federal. Blok harus divalidasi oleh proof-of-work (Bitcoin menggunakan Hashcash), yang hanya dapat diperoleh dengan mengeluarkan banyak kekuatan pemrosesan. Setelah blok diperoleh pesan disiarkan ke jaringan penambangan dan diverifikasi oleh semua penerima.

Pada hari-hari awal Bitcoin, penambangan dilakukan dengan CPU dari komputer desktop normal. Kartu grafis, atau graphics processing units (GPU), lebih efektif dalam penambangan daripada CPU dan ketika Bitcoin mendapatkan popularitas, GPU menjadi dominan. Akhirnya, perangkat keras yang dikenal sebagai ASIC, yang merupakan singkatan dari Application-Specific Integrated Circuit, dirancang khusus untuk penambangan bitcoin. Yang pertama dirilis pada tahun 2013 dan telah diperbaiki sejak itu, dengan desain yang lebih efisien untuk dijual ke pasaran. Penambangan bersifat kompetitif dan saat ini hanya dapat dilakukan dengan ASIC terbaru. Ketika menggunakan CPU, GPU, atau bahkan ASIC yang lebih lama, biaya konsumsi energi lebih besar daripada pendapatan yang dihasilkan.
Itulah pengertian singkat tentang bitcoin mining.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2