Apa Itu Insomnia : Fakta Tentang Insomnia


 Apa itu Insomnia?

Jika Anda tidak bisa tidur, Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda menderita insomnia.

Apa definisi insomnia?


Menurut pedoman dari kelompok dokter, insomnia adalah kesulitan untuk tertidur atau tetap tertidur, bahkan ketika seseorang memiliki kesempatan untuk melakukannya. Orang dengan insomnia dapat merasa tidak puas dengan tidur mereka dan biasanya mengalami satu atau lebih dari gejala berikut: kelelahan, energi rendah, kesulitan berkonsentrasi, gangguan suasana hati, dan penurunan kinerja di tempat kerja atau di sekolah.

Berapa lama insomnia bertahan?

Insomnia dapat ditandai berdasarkan durasinya. Insomnia akut bersifat singkat dan sering terjadi karena keadaan hidup (misalnya, ketika Anda tidak dapat tertidur malam sebelum ujian, atau setelah menerima berita yang menekan atau buruk). Banyak orang mungkin mengalami gangguan tidur yang lewat ini, dan cenderung untuk sembuh tanpa perawatan apa pun.

Insomnia kronis adalah tidur terganggu yang terjadi setidaknya tiga malam per minggu dan berlangsung setidaknya tiga bulan. Gangguan insomnia kronis dapat memiliki banyak penyebab. Perubahan lingkungan, kebiasaan tidur yang tidak sehat, kerja shift, gangguan klinis lainnya, dan obat-obatan tertentu dapat menyebabkan pola tidur tidak cukup panjang. Orang dengan insomnia kronis mungkin mendapat manfaat dari beberapa bentuk perawatan untuk membantu mereka kembali ke pola tidur yang sehat. Insomnia kronis dapat komorbid, yang berarti ini terkait dengan masalah medis atau psikiatrik lainnya, meskipun kadang-kadang sulit untuk memahami penyebab dan efek hubungan ini.

Apa sajakah fakta tentang insomnia?

  • Insomnia adalah masalah tidur yang umum untuk orang dewasa. National Institutes of Health memperkirakan bahwa sekitar 30 persen populasi umum mengeluh gangguan tidur, dan sekitar 10 persen memiliki gejala terkait gangguan fungsional siang hari yang konsisten dengan diagnosis insomnia.

  •  Ada 63 persen wanita (dibandingkan 54 persen pria) mengalami gejala insomnia setidaknya beberapa malam per minggu.

  • Jajak pendapat lain telah menemukan tren menarik terkait dengan insomnia. Misalnya, 68 persen orang dewasa yang berusia 18 hingga 29 melaporkan mengalami gejala insomnia, dibandingkan dengan 59 persen orang dewasa usia 30 hingga 64, dan hanya 44 persen orang di atas usia 65 tahun. Tidak mengherankan, orang tua melaporkan lebih banyak gejala insomnia daripada orang dewasa. tanpa anak-anak di rumah tangga (66 vs 54 persen).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2