Apa itu ISP? Pengertian ISP itu apa?


Apa itu ISP?
Pengertian ISP itu apa?


Sebelum menginjak ke pembahasan tentang pengertian ISP itu apa, kenali dulu singkatan nya.
ISP merupakan singkatan dari "Internet Service Provider" atau dalam bahasa indonesian nya "Penyedia Layanan Internet." ISP menyediakan akses ke Internet. Apakah Anda di rumah atau bekerja, setiap kali Anda terhubung ke Internet, koneksi Anda disalurkan melalui ISP.

Sejarah singkat ISP


ISP awalnya menyediakan akses Internet melalui modem dial-up. Jenis koneksi ini terjadi melalui saluran telepon biasa dan dibatasi hingga 56 Kbps. Pada akhir 1990-an, ISP mulai menawarkan akses Internet broadband yang lebih cepat melalui DSL dan modem kabel.

Beberapa ISP sekarang menawarkan koneksi serat optik atau fiber optic yang  berkecepatan tinggi. Perusahaan seperti Comcast dan Time Warner menyediakan koneksi kabel sementara perusahaan seperti AT & T dan Verizon menyediakan akses Internet DSL.

Untuk terhubung ke ISP, Anda memerlukan modem dan akun yang aktif. Ketika Anda menghubungkan modem ke telepon atau outlet kabel di rumah Anda, ia berkomunikasi dengan ISP Anda.

 ISP memverifikasi akun Anda dan menetapkan alamat IP modem Anda. Setelah Anda memiliki alamat IP, Anda terhubung ke Internet. Anda dapat menggunakan router (yang mungkin perangkat terpisah atau dibangun ke modem) untuk menghubungkan beberapa perangkat ke Internet.

Karena setiap perangkat dirutekan melalui modem yang sama, mereka semua akan berbagi alamat IP publik yang sama yang ditetapkan oleh ISP.

ISP bertindak sebagai penghubung di Internet karena mereka sering terhubung langsung ke tulang punggung Internet. Karena ISP menangani sejumlah besar lalu lintas , mereka memerlukan koneksi bandwidth tinggi ke Internet. Untuk menawarkan kecepatan yang lebih cepat kepada pelanggan, ISP harus menambahkan lebih banyak bandwidth ke koneksi backbone mereka untuk mencegah kemacetan jaringan internet.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2