Apa itu Jaringan? Dalam teknologi komputer dan jaringan

Apa itu Jaringan? 


Jaringan terdiri dari dua atau lebih komputer yang terhubung untuk berbagi sumber daya (seperti printer dan CD), pertukaran file, atau memungkinkan komunikasi elektronik. Komputer di jaringan dapat dihubungkan melalui kabel, saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar inframerah.

Dua jenis jaringan yang sangat umum:


- Local Area Network (LAN)
- Wide Area Network (WAN)

Anda juga dapat melihat referensi jaringan lain:

Metropolitan Area Networks (MAN), Wireless LAN (WLAN), atau Wireless WAN (WWAN).

Apa itu Local Area Network (LAN) atau Jaringan Area Lokal


Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang terbatas pada area yang relatif kecil. Umumnya terbatas pada area geografis seperti lab menulis, sekolah, atau gedung.

Komputer yang terhubung ke jaringan secara luas dikategorikan sebagai server atau workstation. Server umumnya tidak digunakan oleh manusia secara langsung, melainkan dijalankan terus menerus untuk menyediakan "layanan" ke komputer lain (dan pengguna manusia mereka) di jaringan.

Layanan yang disediakan dapat mencakup pencetakan dan faks, hosting perangkat lunak, penyimpanan dan berbagi file, pengiriman pesan, penyimpanan dan pengambilan data, kontrol akses lengkap (keamanan) untuk sumber daya jaringan, dan banyak lainnya.

Workstation disebut demikian karena mereka biasanya memiliki pengguna manusia yang berinteraksi dengan jaringan melalui mereka.

 Workstation secara tradisional dianggap sebagai desktop, yang terdiri dari komputer, keyboard, layar, dan mouse, atau laptop, dengan keyboard, layar, dan touchpad terintegrasi.

Dengan munculnya komputer tablet, dan perangkat layar sentuh seperti iPad dan iPhone, definisi kita tentang workstation berkembang dengan cepat untuk menyertakan perangkat-perangkat tersebut, karena kemampuan mereka untuk berinteraksi dengan jaringan dan memanfaatkan layanan jaringan.

Server cenderung lebih kuat daripada workstation, meskipun konfigurasi dipandu oleh kebutuhan. Misalnya, sekelompok server mungkin berada di area aman, jauh dari manusia, dan hanya diakses melalui jaringan.

Dalam kasus seperti itu, akan umum bagi server untuk beroperasi tanpa layar atau keyboard khusus. Namun, ukuran dan kecepatan prosesor server, hard drive, dan memori utama mungkin menambah biaya sistem secara dramatis.

Di sisi lain, workstation mungkin tidak membutuhkan penyimpanan atau memori kerja yang banyak, tetapi mungkin membutuhkan tampilan yang mahal untuk mengakomodasi kebutuhan penggunanya. Setiap komputer di jaringan harus dikonfigurasi dengan tepat untuk penggunaannya.

Pada satu LAN, komputer dan server dapat dihubungkan dengan kabel atau secara nirkabel. Akses nirkabel ke jaringan kabel dimungkinkan oleh titik akses nirkabel (WAP).

Perangkat WAP ini menyediakan jembatan antara komputer dan jaringan. WAP yang khas mungkin memiliki kapasitas teoritis untuk menghubungkan ratusan atau bahkan ribuan pengguna nirkabel ke jaringan, meskipun kapasitas praktis mungkin jauh lebih sedikit.

Hampir selalu server akan terhubung dengan kabel ke jaringan, karena koneksi kabel tetap yang tercepat. Workstations yang stasioner (desktop) juga biasanya dihubungkan oleh kabel ke jaringan, meskipun biaya adaptor nirkabel telah turun ke titik itu, ketika memasang workstation di fasilitas yang ada dengan kabel yang tidak memadai, dapat lebih mudah dan lebih murah untuk menggunakan nirkabel untuk desktop.

Apa itu WAN (Wide Area Network) ?


Wide Area Networks (WAN)  adalah jaringan di area geografis yang lebih luas, seperti Florida, Amerika Serikat, atau dunia. Kabel lintas samudera khusus atau uplink satelit dapat digunakan untuk menghubungkan jenis jaringan global ini.

Menggunakan WAN, orang dapat berkomunikasi dengan tempat-tempat yang lebih jauh dalam hitungan detik, tanpa membayar tagihan telepon yang sangat besar. Dua pengguna separuh dunia terpisah dengan workstation yang dilengkapi dengan mikrofon dan webcam mungkin melakukan telekonferensi secara real time.

WAN ini menggunakan multiplexer, bridges dan router untuk menghubungkan jaringan lokal dan metropolitan ke jaringan komunikasi global seperti Internet. Untuk pengguna, bagaimanapun, WAN tidak akan tampak jauh berbeda dari LAN.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2