Apa itu jaringan komputer | istilah-istilah dalam jaringan

Apa itu jaringan komputer berikut istilah istilah dalam jaringan sering kita jumpai.

10Base2 - Spesifikasi Ethernet untuk kabel koaksial tipis, mengirimkan sinyal pada 10 Mbps (megabit per detik) dengan batas jarak 185 meter per segmen.

10Base5 - Spesifikasi Ethernet untuk kabel koaksial tebal, mengirimkan sinyal pada 10 Mbps (megabit per detik) dengan batas jarak 500 meter per segmen.

10BaseF - Spesifikasi Ethernet untuk kabel serat optik, mentransmisikan sinyal pada 10 Mbps (megabit per detik) dengan batas jarak 2.000 meter per segmen.

10BaseT - Spesifikasi Ethernet untuk kabel twisted pair unshielded (kategori 3, 4, atau 5), mentransmisikan sinyal pada 10 Mbps (megabit per detik) dengan batas jarak 100 meter per segmen.

100BaseT - Spesifikasi Ethernet untuk pemasangan kabel unshielded twisted pair yang digunakan untuk mentransmisikan data pada 100 Mbps (megabit per detik) dengan batas jarak 100 meter per segmen.

1000BaseTX -Ethernet untuk pemasangan kabel unshielded twisted pair yang digunakan untuk mengirim data pada 1 Gbps (gigabit per detik) dengan batasan jarak 220 meter per segmen.
Asynchronous Transfer Mode (ATM) - Protokol jaringan yang mentransmisikan data pada kecepatan 155 Mbps dan lebih tinggi. Ini paling sering digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan area lokal.

AppleTalk - protokol jaringan Apple Computer awalnya dirancang untuk menjalankan jaringan LocalTalk, tetapi juga dapat berjalan di Ethernet dan Token Ring.

AUI Connector (Attachment Unit Interface) - Konektor 15 pin ditemukan pada kartu Ethernet yang dapat digunakan untuk memasang kabel coaxial, fiber optic, atau twisted pair.

Backbone - Sebuah kabel yang menghubungkan beberapa node atau workstation.

Bit - Binary digit dalam sistem penomoran biner. Nilainya bisa 0 atau 1. Dalam skema karakter 8-bit, dibutuhkan 8 bit untuk membuat byte (karakter) data.

Konektor BNC (Bayone-Neill-Concelman) - Konektor standar yang digunakan untuk menghubungkan kabel koaksial 10Base2.

Bridge - Perangkat yang menghubungkan dan meneruskan paket antara dua segmen jaringan yang menggunakan protokol komunikasi yang sama.

Byte - nilai biner panjang 8-bit, yang awalnya dipetakan ke nilai karakter teks (antara 0 dan 255 desimal). Misalnya, nilai desimal 65, diwakili dalam byte biner adalah "01000001" dan mewakili huruf besar "A". Satu byte juga adalah nilai atom penyimpanan data, jadi satu megabyte adalah jumlah memori yang diperlukan untuk menyimpan satu juta byte.
Kabel - Medium transmisi kawat tembaga atau serat optik yang dibungkus dengan tutup pelindung.

Client / Server - Suatu sistem jaringan di mana satu atau lebih file server (Server) menyediakan layanan; seperti manajemen jaringan, aplikasi dan penyimpanan data terpusat untuk workstation (Klien).

CSMA / CA - Sense Carrier Multiple Access Collision Avoidance adalah metode akses jaringan di mana setiap perangkat menandakan maksudnya untuk mengirimkan sebelum benar-benar melakukannya. Ini mencegah perangkat lain mengirim informasi, sehingga mencegah tabrakan terjadi antara sinyal dari dua perangkat atau lebih. Ini adalah metode akses yang digunakan oleh LocalTalk.

CSMA / CD - Carrier Sense Multiple Access Collision Detection adalah metode akses jaringan di mana perangkat yang siap mengirim data memeriksa saluran untuk operator terlebih dahulu. Jika tidak ada operator yang terdeteksi, perangkat dapat mengirim. Jika dua perangkat mengirimkan sekaligus, tabrakan terjadi dan setiap komputer mundur dan menunggu sejumlah waktu acak sebelum mencoba mengirim ulang. Ini adalah metode akses yang digunakan oleh Ethernet.

Kabel Coaxial - Kabel yang terdiri dari konduktor tembaga tunggal di pusat yang dikelilingi oleh lapisan plastik untuk insulasi dan pelindung luar dari logam yang dikepang.

Concentrator - Perangkat yang menyediakan titik koneksi pusat untuk kabel dari workstation, server, dan periferal. Kebanyakan konsentrator mengandung kemampuan untuk memperkuat sinyal listrik yang mereka terima.

DIN - Konektor plug and socket yang terdiri dari pola melingkar pin di lengan logam. Jenis konektor ini biasanya terlihat pada keyboard.

Dumb Terminal - Mengacu pada perangkat yang dirancang untuk berkomunikasi secara eksklusif dengan komputer induk (rangka utama). Ini menerima semua tata letak layar dari komputer host dan mengirim semua entri keyboard ke host. Tidak dapat berfungsi tanpa komputer induk.

E-mail - Pesan surat elektronik yang dikirim dari komputer induk ke komputer jarak jauh.

Pengguna Akhir - Mengacu pada aplikasi yang mengeksekusi manusia di workstation.

Ethernet - Protokol jaringan yang diciptakan oleh Xerox Corporation dan dikembangkan bersama oleh Xerox, Intel dan Digital Equipment Corporation. Jaringan Ethernet menggunakan CSMA / CD dan menjalankan berbagai jenis kabel pada 10 Mbps (megabit per detik).

Expansion Slot- Area di komputer yang menerima papan input / output tambahan untuk meningkatkan kemampuan komputer.

Fast Ethernet - Sebuah standar Ethernet yang mendukung 100 Mbps menggunakan kategori twisted pair atau kabel serat optik.

Fiber Distributed Data Interface (FDDI) - Protokol jaringan yang digunakan terutama untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan area lokal, seringkali dengan jarak yang jauh.

Kabel Fiber Optic - Kabel, yang terdiri dari inti kaca pusat yang dikelilingi oleh lapisan plastik, yang mentransmisikan data menggunakan cahaya daripada listrik. Ia memiliki kemampuan untuk membawa lebih banyak informasi dalam jarak yang lebih jauh.

File Server - Komputer yang terhubung ke jaringan yang berisi file / aplikasi utama dan membagikannya seperti yang diminta dengan komputer lain di jaringan. Jika file server didedikasikan untuk tujuan itu saja, itu terhubung ke jaringan klien / server. Contoh dari jaringan klien / server lawas adalah Novell Netware. Semua komputer yang terhubung ke jaringan peer-to-peer dapat menjadi server file. Sebagian besar sistem operasi modern dapat beroperasi sebagai server atau sebagai klien, memutihkan perbedaan dalam arsitektur server.

Firewall - Perangkat keamanan yang memeriksa lalu lintas yang memasuki dan meninggalkan jaringan, dan memungkinkan atau melarang lalu lintas, bergantung pada aturan yang menjelaskan penggunaan jaringan yang dapat diterima, dengan memfilter paket yang tidak diinginkan. Firewall biasanya diposisikan sebagai perangkat gateway ke jaringan lain, seperti internet. Banyak router sekarang mengandung firewall. Firewall pribadi biasanya perangkat lunak yang berjalan di workstation atau server untuk menyaring lalu lintas yang tidak diinginkan di mesin individu.

Gigabit Ethernet - Protokol Ethernet yang menaikkan tarif transmisi menjadi 1 Gbps (gigabit per detik). Sebagian besar jaringan sekolah, perusahaan, dan rumah tangga menyediakan gigabit ethernet ke workstation melalui koneksi kabel.

Gigabyte (GB) - Satu miliar byte informasi. Seribu megabyte.

Hub - Perangkat perangkat keras yang berisi beberapa modul jaringan dan peralatan internetwork yang independen tetapi terhubung. Hub dapat aktif (di mana mereka mengulangi sinyal yang dikirim melalui mereka) atau pasif (di mana mereka tidak mengulang tetapi hanya memecah sinyal yang dikirim melalui mereka).

Inframerah - Gelombang elektromagnetik yang rentang frekuensinya di atas gelombang mikro, tetapi di bawah spektrum yang terlihat.

Intranet - Jaringan internal ke organisasi yang menggunakan protokol Internet.

Internet - Jaringan global jaringan yang digunakan untuk bertukar informasi menggunakan protokol TCP / IP. Ini memungkinkan surat elektronik dan mengakses pengambilan informasi dari sumber jarak jauh.

LAN (Local Area Network) - Suatu jaringan yang menghubungkan komputer di daerah yang relatif kecil seperti bangunan.

Linear Bus - Sebuah topologi jaringan di mana setiap node menempel langsung ke kabel umum.

LocalTalk - protokol kepemilikan Apple Corporation yang menggunakan skema akses media CSMA / CA dan mendukung transmisi pada kecepatan 230 Kbps (Kilobit per detik).

MAN (Metropolitan Area Network) - Jaringan yang menghubungkan komputer di area geografis yang luas, seperti kota atau distrik sekolah.

MAU (Multistation Access Unit) - Sebuah hub kabel Token Ring.

Modem (Modulator / Demodulator) - Perangkat yang mengubah sinyal digital dan analog. Modem memungkinkan data komputer (digital) untuk ditransmisikan melalui saluran telepon tingkat suara (analog).

Multiplexer - Perangkat yang memungkinkan beberapa sinyal logis untuk ditransmisikan secara bersamaan di satu saluran fisik.

Modem Jaringan - Modem yang terhubung ke Local Area Network (LAN) yang dapat diakses dari semua workstation di jaringan.

Network Interface Card (NIC) - Papan yang menyediakan kemampuan komunikasi jaringan ke dan dari komputer.

Network Operating System (NOS) - Sistem operasi yang dirancang untuk menyampaikan informasi dan berkomunikasi antara lebih dari satu komputer. Contohnya termasuk Linux / Unix dan Windows Server.

Node - Titik akhir koneksi jaringan. Node termasuk perangkat yang terhubung ke jaringan seperti server file, printer, atau workstation.

Node Devices - Setiap komputer atau perangkat yang terhubung ke jaringan.

PCMCIA - (versi yang lebih baru adalah PCMCIA2 dan PC Card) Slot ekspansi ditemukan di banyak komputer laptop. Sebagian besar diganti dengan USB pada periode 2000-2010.

Peer-to-Peer Network - Jaringan di mana sumber daya dan file dibagikan tanpa sumber manajemen terpusat.

Topologi Fisik - Tata letak fisik dari jaringan; bagaimana kabel diatur; dan bagaimana komputer terhubung.

Point-to-Point - Tautan langsung antara dua objek dalam suatu jaringan.

Ports - Jalur koneksi untuk kabel.

Protokol - Deskripsi formal dari seperangkat aturan dan konvensi yang mengatur bagaimana perangkat pada informasi pertukaran jaringan.

RAID (Redundant Array of Inexpensive Disks) - Konfigurasi beberapa disk yang dirancang untuk menyimpan data setelah kecelakaan disk.

RAM (Random Access Memory) - Memori kerja komputer tempat data dan program disimpan sementara. RAM hanya menyimpan informasi saat komputer aktif.

Repeater - Perangkat yang digunakan dalam jaringan untuk memperkuat sinyal saat diteruskan sepanjang kabel jaringan.

RJ-45 - Konektor standar yang digunakan untuk kabel twisted-pair unshielded.

Router Perangkat yang mengarahkan informasi antar jaringan yang saling terhubung. Ini dapat memilih jalur terbaik untuk merutekan pesan, serta menerjemahkan informasi dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Banyak router sekarang mengandung firewall. Router rumah dapat berisi firewall, router, switching (untuk koneksi kabel), dan titik akses nirkabel.

SCSI (Small Computer Serial Interface) - Pengontrol antarmuka yang memungkinkan beberapa perangkat untuk dihubungkan ke port yang sama pada komputer.

Segmen - Mengacu pada bagian kabel di jaringan. Di jaringan Ethernet, dua jenis segmen didefinisikan. Segmen populasi atau trunk adalah kabel jaringan yang memiliki satu atau lebih node yang melekat padanya. Segmen tautan adalah kabel yang menghubungkan komputer ke perangkat interkoneksi, seperti repeater atau konsentrator, atau menghubungkan perangkat interkoneksi ke perangkat lain yang terhubung.

Sneaker-Net - Mengacu pada metode manual untuk berbagi file di mana file disalin dari komputer ke floppy disk, diangkut ke komputer kedua oleh seseorang yang berjalan secara fisik (tampaknya mengenakan sepatu kets) ke komputer kedua, dan mentransfer secara manual file dari floppy disk ke komputer kedua.

Kecepatan Transfer Data - Tingkat di mana informasi bergerak melalui jaringan, biasanya diukur dalam satuan megabit per detik.

Topologi Star - topologi LAN di mana setiap node pada jaringan terhubung langsung ke hub atau konsentrator jaringan pusat.

Star-Wired Ring - Topologi jaringan yang menghubungkan perangkat jaringan (seperti komputer dan printer) dalam lingkaran lengkap.

Switch - Tipe hub "cerdas", dalam hal ini mengirim paket hanya ke port yang diinginkan, daripada semua komputer di jaringan.
Tape Back-Up - Server umum atau perangkat jaringan yang memungkinkan menyalin data dan program dari sistem komputer ke pita magnetik. Pada tape, data disimpan secara berurutan. Ketika mengambil data, rekaman itu dicari dari awal rekaman sampai data ditemukan.

Terminator - Perangkat yang memberikan hambatan listrik di ujung saluran transmisi. Fungsinya adalah untuk menyerap sinyal pada garis, sehingga menjaga mereka dari memantul kembali dan diterima lagi oleh jaringan.
Thicknet - Kabel koaksial tebal yang digunakan dengan Ethernet LAN 10Base5.

Thinnet - Kabel koaksial tipis yang digunakan dengan Ethernet LAN 10Base2.

Token - Paket khusus yang berisi data dan bertindak sebagai pembawa pesan atau pembawa antara setiap komputer dan perangkat pada topologi ring. Setiap komputer harus menunggu utusan untuk berhenti di simpulnya sebelum dapat mengirim data melalui jaringan.

Token Ring - Protokol jaringan yang dikembangkan oleh IBM di mana komputer mengakses jaringan melalui token-passing. Biasanya menggunakan topologi cincin bintang-kabel.

Topologi - Ada dua jenis topologi: fisik dan logis. Topologi fisik suatu jaringan mengacu pada konfigurasi kabel, komputer, dan periferal lainnya. Topologi logis adalah metode yang digunakan untuk meneruskan informasi antar workstation. Masalah yang melibatkan topologi logis dibahas pada bab Protokol

Transceiver (Transmitter / Receiver) - Perangkat yang menerima dan mengirim sinyal melalui suatu media. Dalam jaringan, umumnya digunakan untuk memungkinkan koneksi antara dua jenis konektor kabel, seperti AUI dan RJ-45.

Tree Topology - topologi LAN mirip dengan topologi linier bus, kecuali bahwa jaringan pohon dapat berisi cabang dengan beberapa node.

Twisted Pair - pemasangan kabel jaringan yang terdiri dari empat pasang kabel yang dibuat dengan kabel dipelintir ke spesifikasi tertentu. Tersedia dalam versi terlindung dan tidak dipasangkan.

USB / USB2 Port - Antarmuka perangkat keras untuk periferal dari keyboard ke hard drive, banyak digunakan di semua komputer.

WAN (Wide Area Network) - Jaringan yang menghubungkan komputer dalam area yang sangat luas, seperti negara bagian, negara, dan dunia.

Workgroup - Kumpulan workstation dan server pada LAN yang ditujukan untuk berkomunikasi dan bertukar data dengan satu sama lain.

Workstation - Komputer yang terhubung ke jaringan tempat pengguna berinteraksi dengan perangkat lunak yang disimpan di jaringan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2