Apa itu Motivasi ?Menurut Para Ahli

Apa itu Motivasi? 

Apa itu Motivasi?
Apa itu motivasi

Motivasi adalah dorongan yang menyebabkan seseorang bertindak. Seperti halnya orang ingin membuka usaha pasti butuh motivasi atau dorongan.

Motivasi adalah proses internal yang membuat seseorang bergerak menuju tujuan. Motivasi, seperti kecerdasan, tidak dapat diamati secara langsung. Sebaliknya, motivasi hanya dapat disimpulkan dengan mencatat perilaku seseorang.

Motivasi juga menjadi salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan kita. Setiap orang tentu memiliki motivasi untuk berbuat sesuatu, dan hal tersebut dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal.

“Motivasi” merupakan kata yang harus kita gunakan dalam kehidupan kita. Motivasi adalah dinamo yang tidak terlihat dan mampu menggerakkan langkah kaki seseorang untuk tekun belajar, bekerja, berkarya, dan lain sebagainya. Kita juga sudah sering mendengar kata tersebut dalam banyak kesempatan, baik dari televisi, seminar, atau buku. 

Tapi cenderung, pemaparan yang disampaikan masih membingungkan bagi kita dan belum mampu di pahami. Hal tersebut mungkin dikarenakan kita belum mengenal kata “motivasi” dan pengertian-pengertian dasarnya. Oleh karena itu, mari kita simak pemaparan berikut.

ETIMOLOGI



Motivasi, atau dalam bahasa Inggris disebut juga dengan motivation, berasal dari bahasa Latin “motivus” (bentuk kata dari “movere”) yang memiliki pengertian bergerak atau menggerakkan.

Adapun dalam bahasa Indonesia, motivasi merupakan kata benda yang memiliki pengertian berikut: 

1) dorongan yang timbul dalam diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu, 

2) usaha yang menyebabkan seseorang atau kelompok tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya.

MOTIVASI DAN MOTIF

Motif Anda?


Terdapat hubungan etimologis dari asal kata motivasi dan motif (yang diambil dari kata “motivus”). Motif merupakan sebuah dorongan atau kekuatan yang mendorong seseorang atau kelompok untuk berbuat. “Motif” selalu berkaitan dengan banyak faktor dan juga berhubungan dengan banyak hal, baik secara internal maupun eksternal. Kemudian, hal-hal yang mempengaruhi motif tersebut diartikan atau di-istilahkan dengan motivasi.

TERMINOLOGI



Motivasi Menurut Para Ahli


Lalu, bagaimana pendapat para ahli tentang pengertian mendasar tentang “motivasi”? Mari kita perhatikan pemaparan-pemaparan berikut:

Motivasi merupakan sebuah proses untuk mencapai suatu tujuan. (McMahon)

Motivasi adalah suatu konsep yang mampu membangkitkan dan mengarahkan prilaku seseorang dengan cara memberikan dorongan atau daya pada organisme untuk melaksanakan sesuatu. (Teevan & Smith)

Motivasi adalah kekuatan dalam setiap individu yang mampu mendorong untuk bertindak (act) dengan cara-cara khusus. (Davies)

Motivasi merupakan kondisi internal yang membangkitkan seseorang untuk bertindak, mendorong untuk mencapai tujuan, dan membuat ketertarikan khusus terhadap sebuah kegiatan. (Weiner)

Motivasi merupakan dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan beberapa hal, yaitu: hasrat dan minat, dorongan dan kebutuhan, harapan dan cita-cita, serta penghargaan dan penghormatan. (Uno)

Motivasi membentuk sebuah kekuatan dan daya, serta menciptakan kesiapan, baik personal maupun kelompok, untuk bergerak dan berusaha menuju tujuan tertentu. (Makmun)

Motivasi adalah suatu hal yang membangkitkan dan menimbulkan semangat untuk berbuat dan bekerja. (Kartini)

Penutup


Itulah penjelasan apa itu motivasi, penjelasan singkat ini mungkin akan bisa membuat wawasan anda tentang pengertian motivasi bisa memahaminya secara utuh berdasarkan etimologi kata dan terminologi “motivasi”.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2