Apa itu VPN : Bagaimana Cara Kerja VPN


Apa itu VPN?

Apa itu VPN? VPN (Virtual Private Network) adalah layanan yang memungkinkan Anda untuk mengakses web secara aman dan pribadi. Vpn merutekan koneksi Anda melalui server dan menyembunyikan tindakan online Anda.

Bagaimana Cara Kerja VPN?

NordVPN WW
apa itu vpn

Berikut ini cara kerja VPN untuk Anda, pengguna. Anda memulai klien VPN (perangkat lunak) dari layanan VPN Anda. Perangkat lunak ini mengenkripsi data Anda, bahkan sebelum Penyedia Layanan Internet Anda atau penyedia WiFi kedai kopi melihatnya. Data kemudian masuk ke VPN, dan dari server VPN ke tujuan online Anda - apa pun dari situs web bank Anda ke situs web berbagi video ke mesin pencari. Tujuan online melihat data Anda berasal dari server VPN dan lokasinya, dan bukan dari komputer dan lokasi Anda. Sehingga membuat penjelajahan di internet lebih aman.

Saat Anda terhubung ke web tanpa VPN, inilah bagaimana koneksi Anda terlihat:


Meskipun itu standar, koneksi semacam ini memiliki beberapa kekurangan. Semua data Anda di luar sana di tempat terbuka, dan semua pihak yang tertarik dapat mengintip apa yang Anda kirim.

Internet adalah kumpulan server yang bertanggung jawab untuk menyimpan situs web dan melayani mereka untuk siapa saja yang ingin melihatnya. Server tersebut berbicara satu sama lain sepanjang waktu, termasuk berbagi data Anda satu sama lain untuk akhirnya membiarkan Anda menelusuri halaman. Bagus bagi Anda untuk bisa berselancar, tetapi tidak bagus untuk privasi.

Pergi online seperti mengambil penerbangan penerbangan komersial. Agen tiket, penangan bagasi, personel keamanan, dan pramugari semua membutuhkan data untuk membuat Anda diarahkan antar kota. Pertukaran informasi serupa terjadi di web.

Jika itu hanya situs web yang menyenangkan yang Anda lihat, maka tidak perlu khawatir. Tidak masalah jika seseorang melihat data Anda. Tetapi jika itu adalah perbankan online, email bisnis, atau apa pun yang sedikit lebih sensitif - itu adalah cerita yang berbeda.

Sekarang, inilah bagaimana koneksi yang sama terlihat dengan VPN yang diaktifkan:



Ketika Anda menggunakan layanan VPN, data Anda dienkripsi (karena Anda menggunakan aplikasi mereka), masuk dalam bentuk terenkripsi ke ISP Anda kemudian ke server VPN. Server VPN adalah pihak ketiga yang terhubung ke web atas nama Anda. Ini memecahkan masalah privasi dan keamanan bagi kami dalam beberapa cara:
-          
  •       Situs tujuan melihat server VPN sebagai asal lalu lintas, bukan Anda.
  •           Tidak seorang pun dapat (dengan mudah) mengidentifikasi Anda atau komputer Anda sebagai sumber data, atau apa yang Anda lakukan (situs web apa yang Anda kunjungi, data apa yang Anda transfer, dll.).
  •           Data Anda dienkripsi, sehingga meskipun seseorang melihat apa yang Anda kirim, mereka hanya melihat informasi yang dienkripsi dan bukan data mentah.

Seperti yang Anda bayangkan, skenario seperti itu jauh lebih aman daripada menghubungkan ke web dengan cara tradisional.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2