Apa Itu Affiliate Marketing:jenis bisnis online yang sangat menguntungkan

Apa itu affiliate marketing dan bagaimana memulainya


Jika Anda hanya ingin memulai affiliate marketing karena Anda mendengarkannya di suatu tempat di internet maka itu bukan alasan yang baik untuk memulai bisnis ini. Bagi pemula ini bukan sesuatu yang akan membuat Anda mendapatkan jutaan dalam waktu semalam. Affiliate marketing benar-benar membutuhkan keterampilan. Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan pengetahuan tentang affiliate Marketing, yang dapat Anda tambahkan sebagai keterampilan baru atau mungkin dapat berubah menjadi karir baru, Baca terus Artikel ini.

apa itu affiliate marketing

Apa Itu Affiliate Marketing?


Afiliate Marketing adalah prosedur pemasaran berbasis kinerja yang digunakan pedagang online untuk membayar komisi ke situs web eksternal untuk lalu lintas atau penjualan yang dibuat dari rujukannya. Ide di balik affiliate Marketing adalah Pemasaran yang tertarget dengan menggunakan link rujukan, Anda mendapatkan komisi jika orang yang mengklik link rujukan yang telah kita buat benar-benar akhirnya membeli. Ini berdasarkan pembagian keuntungan. Jika Anda memiliki produk dan ingin menjual lebih banyak, Anda dapat menawarkan promotor komisi melalui program afiliasi. Jika Anda tidak memiliki produk dan ingin menghasilkan uang, Anda dapat mempromosikan produk yang Anda rasa memiliki nilai dan mendapatkan penghasilan dari itu sebagai Affiliate Marketer atau pelaku affiliasi.

Jadi, dengan kata lain Affiliate Marketing itu begini:

Banyak perusahaan online yang menjual produk seperti fashion store, marketplace, ruang web-hosting, atau beberapa layanan lain, biasanya menawarkan program afiliasi. Anda cukup mendaftar untuk mendapatkan program dan mendapatkan tautan pelacakan unik Anda. Sekarang, setiap kali Anda menulis tentang produk mereka, Anda cukup menggunakan tautan afiliasi pelacakan khusus yang di dapat dari network affiliasi tadi untuk merekomendasikan situs pemilik produk.

Jika pembaca Anda membeli sesuatu dari tautan affiliasi pelacakan yang tadi Anda sebar, Anda akan mendapat komisi.

Setiap program afiliasi memiliki peraturan yang berbeda. Misalnya, banyak dari mereka menawarkan periode cookie 60 hari, yang berarti bahwa jika pengunjung menggunakan tautan afiliasi khusus Anda untuk mengunjungi halaman situs pemilik produk dan membeli sesuatu dalam 60 hari ke depan, Anda akan berhak mendapat Komisi.

Berikut adalah beberapa istilah umum yang terkait dengan affiliate Marketing:

Affiliates = Penerbit seperti Anda dan saya yang menggunakan tautan program afiliasi untuk mempromosikan dan melakukan penjualan.

Affiliate marketplace =  Ada banyak pasar seperti Shareasale, CJ, dan Clickbank. Ini berfungsi sebagai database pusat untuk program afiliasi di berbagai niche produk.

Affiliate software = Perangkat lunak yang digunakan oleh perusahaan untuk membuat program afiliasi untuk produk mereka.

Contoh: iDevaffiliate.

Affiliate link = Tautan pelacakan khusus Atau tracking link yang ditawarkan oleh program afiliasi Anda untuk merekam aktivitas promosi Anda sebagai laporan di dasboard akun affiliasi Anda.

Affiliate ID =  Mirip dengan tautan afiliasi, tetapi banyak program afiliasi menawarkan ID unik yang dapat Anda tambahkan ke halaman mana pun di web atau blog promosi Anda.

Payment mode = Program afiliasi yang berbeda menawarkan metode pembayaran yang berbeda.

Contoh: Cek, wire transfer, PayPal, dan lainnya.

Affiliate Manager/OPM = Banyak perusahaan telah mendedikasikan pengelola afiliasi untuk membantu penerbit mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan memberi mereka kiat pengoptimalan.

Commission percentage/amount = Jumlah atau persentase yang akan Anda terima dalam pendapatan afiliasi dari setiap penjualan.

2-tier affiliate marketing = Ini adalah cara yang bagus untuk menghasilkan uang dari program afiliasi. Dengan metode ini, Anda merekomendasikan bahwa orang lain bergabung dengan program afiliasi, dan Anda menerima komisi ketika sub-afiliasi bisa berhasil melakukan penjualan dari tracking link mereka (mirip dengan MLM atau multi-level marketing). Penghasilan ini juga dikenal sebagai komisi sub-afiliasi.

Landing pages = Penjualan produk atau demo halaman unik yang digunakan untuk tujuan meningkatkan penjualan. Sebagian besar program yang akan Anda promosikan memiliki banyak halaman arahan, dan Anda dapat menjalankan pengujian A / B untuk melihat halaman mana yang terbaik untuk Anda.

Custom affiliate income/account = Tidak seperti akun afiliasi generik, banyak perusahaan menawarkan pendapatan afiliasi kustom kepada orang-orang yang membuat penjualan afiliasi terbanyak untuk mereka.

Link clocking = Sebagian besar tautan pelacakan afiliasi jelek. Menggunakan teknik penghitungan tautan seperti penyingkat URL, dll., Anda dapat mengubah tautan yang susah di baca menjadi tautan yang dapat dibaca dan dipahami oleh pembaca Anda.

Custom coupons = Banyak program memungkinkan afiliasi untuk membuat kupon khusus yang juga digunakan untuk melacak penjualan. Kupon diskon khusus membantu Anda meningkatkan penjualan afiliasi juga. Cara ini membuat Anda seperti Profesional.


Bagaimana cara kerja affiliate marketing?


1. Anda mendaftar untuk program afiliasi Merchant

2. Anda mempromosikan produk Merchant di blog / situs web / saluran media sosial Anda menggunakan tautan khusus

3. Ketika sony (pengunjung) mengklik tautan khusus Anda dan mendarat di situs web Merchant, cookie akan tertanam di komputer Sony.

4. Sony membeli sesuatu dari situs web Merchant.

5. Ketika Sony menyelesaikan proses pembayaran, Merchant akan mengirim pembayaran kepada Anda untuk semua penjualan yang Anda referensikan.

Jadi, ketika seseorang mengklik melalui tautan afiliasi Anda dan melakukan tindakan, Anda akan dibayar.

Jenis-jenis Komisi di Affiliate Marketing


Cost Per Sale (CPS) - atau biasa disebut pay per sale affiliate programs Anda menerima biaya tetap per penjualan atau persentase dari nilai penjualan.

Cost Per Lead (CPL) - Anda dibayar untuk setiap lead yang divalidasi dan tuntas.

Cost Per Click (CPC) - Anda dibayar untuk mengarahkan lalu lintas melalui klik iklan.

Cost Per Action (CPA) - Anda dibayar ketika orang menyelesaikan tindakan yang Anda iklankan (seperti formulir pendaftaran atau survei).

Daftar Affiliate Marketing Network yang populer saat ini?


Jika Anda baru dalam affiliate marketing, berikut adalah beberapa jaringan afiliasi populer yang dapat Anda pertimbangkan:

Afiliasi CJ - menawarkan berbagai tingkat layanan dan paket

ShareASale - reputasi yang kuat karena jujur dan adil, dan dikenal karena teknologi yang cepat

Amazon Associates - lebih dari satu juta produk tersedia.

Apa itu affiliate amazon?

Amazon Associates adalah salah satu program pemasaran afiliasi online pertama dan diluncurkan pada tahun 1996. Program Amazon Associates berdiri lebih dari 12 tahun untuk mengembangkan solusi untuk membantu pemilik situs web, pengembang Web, dan penjual Amazon untuk mendapatkan hasil keuntungan yang lebih. Ketika pemilik situs web dan blogger yang bergabung dengan affiliate amazon membuat tautan di halaman web atau blog nya dan pelanggan mengeklik tautan tersebut dan membeli produk dari Amazon, mereka mendapatkan komisi. Affiliate Amazon Gratis untuk bergabung dan mudah digunakan.

Clickbank - lebih dari enam juta produk, dengan penekanan pada produk informasi digital

Aliexpress - jutaan produk tersedia dan berbasis di cina.

Beberapa Daftar Affiliate Marketing Indonesia


Kelebihan dan kekurangan Affiliate Marketing


A. Kelebihan dari Affiliate Marketing:


1. Anda tidak perlu situs web atau blog untuk memulai pemasaran afiliasi (Teknik lama)
 2. Anda tidak perlu produk atau layanan Anda sendiri untuk memulai pemasaran afiliasi.
 3. Anda dapat bergabung dengan program afiliasi secara gratis tanpa biaya.
 4. Anda tidak perlu menangani dukungan pelanggan atau keluhan apa pun, semuanya dilakukan oleh vendor itu sendiri.
 5. Seorang pemasar afiliasi menikmati kemewahan menjadi bosnya sendiri dan bekerja pada waktunya sendiri.
 6. Afiliasi pemasar masih dapat mempertahankan pekerjaan atau bisnisnya saat ini dan memiliki pendapatan pemasaran afiliasi untuk melengkapi posisi keuangannya.
 7.  Dengan laptop dan koneksi internet, siapa pun dapat bekerja hampir di mana saja bahkan sambil menikmati liburan
 8. Tidak perlu keahlian pemasaran untuk memulai. (Teknik Lama)
 9. Dia dapat bekerja hanya untuk beberapa jam atau lebih dan menghasilkan pendapatan 24/7 dimanapun dia berada di dunia.

B. Kekurangan Dari affiliate Marketing


Namun, sebaiknya Anda juga menyadari bahwa bisnis online ini juga memiliki beberapa Kontra atau sedikit kekurangan.

1. Afiliasi dapat terlibat dalam iklan palsu dan menyesatkan untuk mendapatkan komisi penjualan. Ini akan mengurangi nama / citra merek vendor.

 2. Anda tidak memiliki kendali atas program.

 3. Potensi Keuntungan Terbatas - Karena Anda tidak dapat mengunci pelanggan Anda atau menyesuaikan penawaran untuk menyesuaikan dengan perubahan kondisi pasar, potensi pertumbuhan terbatas. Seperti penjual karpet, Anda bergantung pada aliran baru pengunjung setiap hari tanpa ada cara untuk mengembangkan apa yang Anda lakukan, selain dengan menambahkan sub-afiliasi.

 4. Basis Pelanggan Tidak Tersimpan- Pedagang mempertahankan pelanggan. Biasanya, Anda mengantarkan pelanggan, pedagang membayar Anda komisi satu kali, maka pelanggan itu tetap menjadi milik mereka untuk semua pembelian berikutnya. Nilai bisnis pedagang meningkatkan lebih banyak pelanggan yang mereka miliki.


4 Strategi Dasar Affiliate Marketing Untuk Pemula


Strategi Affiliate Marketing mengacu pada proses di mana pemasar mempromosikan produk atau perusahaan dan menerima komisi pada setiap penjualan yang dihasilkan oleh pemasaran mereka. 81 persen merek dan 84 persen penerbit menggunakan program affiliate marketing. Para affiliate marketer harus selalu meningkatkan strategi mereka agar sukses.

strategi affiliate marketing :

1. Mulai dengan membangun blog review produk di niche pilihan Anda


Buatlah blog atau situs review produk yang berkualitas dan mampu mengarahkan pengunjung blog Anda ke halaman landing page penjual produk melalui link yang Anda taruh di artikel ulasan tersebut.

Jika ulasan Anda tidak benar-benar bermanfaat, orang akan berfikir bahwa Anda hanya mencoba menghasilkan uang dengan cepat. Dan yang terjadi mereka enggan untuk mengklik tautan arahan yang Anda sematkan di artikel ulasan produk.

2. Email List Building


Email masih menjadi salah satu teknik pemasaran yang terbaik saat ini, jadi jangan sampai Anda melewatkan strategi ini.

Untuk mendapatkan email list tertarget maka Anda harus membuat blog yang spesifik.
Selain meningkatkan jumlah visitor blog, email list building sangat bisa di andalkan untuk menciptakan lead.

3. Menggunakan webinar untuk mengedukasi audiens Anda dan menghasilkan penjualan


Webinar sangat bagus untuk melibatkan pemirsa Anda satu per satu, tunjukkan kepada mereka produk yang Anda promosikan secara langsung dan jawab setiap pertanyaan yang mungkin mereka miliki.

Kamu juga bisa:

● menyajikan fitur produk
● menunjukkan berbagai kasus penggunaan produk
● berbicara tentang manfaat dan kekurangannya
● beri tahu orang-orang tentang sejarah pribadi Anda dengan produk tersebut
● membantu audiens Anda mendapatkan hasil maksimal dari itu
dan banyak lagi.

4. Menumbuhkan bisnis afiliasi Anda dengan iklan PPC


Hanya lakukan ini setelah Anda memiliki cara bagaimana Anda akan balik modal. Dan juga Anda sudah mempelajari tentang beriklan di berbagai network.

Anda dapat menggunakan iklan PPC untuk:

● membuat orang mendaftar ke webinar Anda
● mengembabgkan daftar email Anda
● menghasilkan lebih banyak penjualan

Kesimpulan


Sebelum menjalankan Affiliate Marketing ada baiknya Anda mempelajari lebih mendalam tentang strategi menjalankan Affiliate Marketing agar optimal dan efektif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2