Punya Akun Sosmed: Tipe Pengguna Seperti Apa Anda di Sosmed

11 Tipe Pengguna Sosial Media Yang Wajib Anda Ketahui


Kita hidup di jaman serba online gaes pasti punya tuh yang namanya akun sosmed pastinya, tapi sudah tau belum tipikal yang seperti apa Kamu di sosmed?.

Kalau sudah tahu skip aja artikel ini, tapi kalau belum yuk baca dan share ke akun sosmed Kamu. Siapa tau teman di sosmed Kamu belum tahu hal ini.

Ada info menarik nih yang bakal kita ulas khusus untuk kalian para pecinta sosial media. Kalian pastinya setia dong sama yang namanya sosial media, dari mulai Twitter, Facebook, YouTube, Instagram, dan masih banyak lagi.

Kenapa sih di sosmed ada tipe pengguna yang beda-beda?

Ya yang pasti sih karena setiap orang kan pasti punya karakter dan tujuan dalam sosial media berbeda-beda.

 Langsung saja di bawah ini ada 11 tipe pengguna sosial media.


Tipe Pengguna di Sosial media

● Tipe Penjual


Tipe penjual ini lebih sering posting barang dagangan. Karena nggak ada larangan untuk berjualan di sosmed, makanya para pebisnis memanfaat kan media sosial sebagai trik sosial media marketing.

Kenapa berjualan masuk dalam kategori tipe pengguna, ya karena nggak semua orang punya bakat jualan di sosial media. Makanya kami masukan penjual sebagai tipe pengguna.

Dari sisi karakter orangnya, tipe ini termasuk karakter orang yang punya jiwa entrepenuer.

● Tipe Pendengar/Pengamat


Tipe ini sebenarnya merupakan pengguna sosial media yang aktif, akan tetapi mereka selalu menjaga agar tak terlihat mencolok. Atau bisa di bilang nggak pengen terkenal di sosmed.

 Karakter pengguna seperti ini mirip seperti pengamat. Bisa saja mereka me’like’ postingan anda di Facebook atau klik tombol favorite anda di Twitter, tapi jangan berharap mereka akan share post tersebut agar seisi Facebook dan Twitter mengetahui post anda. Namanya aja pengamat, ya cuma mengamati atau bisa saja hanya mendengar dan melihat isi postingan Kita.

● Tipe Aktivis


Ini nih kebalikan dari tipe pendengar yaitu Tipe aktivis. Sesuai namanya seorang aktivis, pasti sangat menginginkan supaya suaranya tuh didengar.

Tujuan nya sih semacam ingin membuat perubahan yang berarti.

Karakter aktivis sosmed merupakan tipe yang menyadari kekuatan media sosial. Karena menyadari akan kekuatan sosmed maka tipe seperti ini akan gencar menyuarakan opininya untuk membuat perubahan sesuai keinginanya.

 Pokoknya kalau ketemu tipe ini pasti nggak akan berhenti menyuarakan opininya agar melihat perubahan yang berarti. Salut nih ama tipikal yang seperti ini. Asal tujuan nya baik sih.

● Tipe Spammer


Tipikal spammer ini merupakan contoh tipe pengguna yang ‘annoying’.

Tipe ini biasanya terlahir dari tipe penjual atau seorang sosial media marketing yang saking semangatnya mempromosikan jualan nya. Hehehe...

 Tipe seperti ini senang sekali mengatakan  postingan yang Dia bikin sebagai postingan yang sangat apik.

Karena terlalu percaya dirinya ini sampai tidak segan-segan mengirimkan inbox ke temanya mengenai promosi produk yang dia jual. Hal ini yang bisa menjadi Tipe penjual jadi tipe spammer di Facebook atau Twitter. Apa Kamu termasuk tipe ini? hehe...

● Tipe Passionista


Tipe pengguna yang satu ini biasanya dapet teman yang loyal dan di senangi banyak orang.

Tipe Passionista membuat timeline sosial media Kita lebih berwarna.

Karena si passionista mengerjakan sesuatu sesuai passion dan dengan berbaik hati selalu membagikannya secara online. Asyik kan dapet teman tipe ini.

Para tipe-tipe seperti inilah yang secara aktif meluangkan waktu luangnya untuk mengeksplor hasil passionnya untuk di bagikan dengan pemirsa umum.

● Tipe stalker


Disebut tipe stalker karena tipe yang satu ini tidak akan pernah berhenti kepo sama kehidupan orang lain dengan terus ngikuti postingan sasaran nya... hehe.


Setelah materi hasil keponya dikumpulkan mulailah disebar dan munculah gosip-gosip baru bertebaran di sosmed.

● Tipe Provokator


Beda tipis nih sama tipe Aktivis. Ini nih tipe pengguna yang suka bikin sibuk pemadam kepanasan.hehe...

Kerjaannya cuma bikin panas suasana.

Bisa di bilang suka cari gara-gara. Memang aneh dan kurang kerjaan tapi ini nyata lho.

Kalau Kamu punya pertemanan dengan orang tipe ini dan kurang suka mending di block aja.

● Tipe Guru


Tipe ini sebenarnya gak jauh beda dengan tipe Passionista. Tipe ini juga suka membagikan tentang hal-hal yang mereka sukai. Perbedaan dengan tipe passionista ini mereka lebih intens untuk share pengetahuan. Dan hal yang di share tersebut jarang diketahui publik.

Mereka paham sekali konten yang sangat berkualitas dan membaginya setiap hari seperti bernapas saja.

● Tipe Early Adopter


Jarang sekali ada orang yang bisa masuk kategori pengguna Early Adopter ini.

Early adopter semacam orang yang sudah terlebih dahulu memakai atau menciptakan hal yang akan terkenal di sosial media 2-5 tahun yang akan datang.

 Dia bisa tahu terlebih dahulu apa yang akan menjadi trending di masa akan datang. Semacam peramal gitu.

● Tipe Pengontak


Tipe pengontak ini memanfaatkan sosial media sebagai alat komunikasi utama. kenapa bisa di bilang begitu? ya memang tipe ini tu menganggap ketika semua bisa di handle dengan sosial media kenapa harus menggunakan telepon seluler.

Menggunakan telepon seluler hanya akan mengotori dan memenuhi kontak telepon selama masih bisa berkomunikasi menggunakan sosial media.


● Tipe Pecinta Keluarga


Tipe ini sedikit unik dan relevan sih, pasalnya mereka cenderung menggunakan sosial media sebagai ajang komunikasi dan menyimpan media dokumentasi keluarga.

Misal salah satu anggota keluarga di luar kota bahkan pulau, mereka bisa menggunakan sosial media untuk update kebiasaan mereka atau bisa jadi media pelepas rindu. Sosial media saat ini sudah dilengkapi fasilitas komunikasi yang lebih intens.


Nah, setelah tau 10 tipe pengguna media sosial di atas. Kalian masuk tipe yang mana ya?

● Tujuan memahami karakter di sosmed


Memahami karakter kalian dalam sosial media juga dapat membantu kalian untuk lebih mengenal para pengguna sosmed berdasarkan karakter dan kepribadiannya loh...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2