Seberapa Baik Anda Mengelola Keuangan Anda?

Pengelolaan keuangan pribadi Anda adalah salah satu hal tersulit yang harus Anda lakukan dalam hidup Anda. Sangat sulit untuk mengetahui apakah Anda mengelola keuangan pribadi Anda dengan baik, kecuali jika Anda mengajukan beberapa pertanyaan kepada diri sendiri.
Tips Mengelola Keuangan Pribadi Anda

Tips Mengelola Keuangan Pribadi Anda

A. Meminimalisir penggunaan kartu kredit

Pertama dan terpenting, Anda perlu bertanya pada diri sendiri adalah, "seberapa baik Anda dapat mengelola keuangan tanpa menggunakan kartu kredit Anda?" Jika Anda sangat bergantung pada kartu kredit yang tidak dapat Anda lakukan tanpanya selama sebulan, maka manajemen keuangan pribadi Anda belum dikatakan dewasa. Melakukan transaksi tanpa kartu kredit bukanlah sesuatu yang bisa Anda pelajari dalam semalam; perlu banyak kesabaran dan pengorbanan untuk melepaskan diri dari kebiasaan seperti itu. Anda harus terlebih dahulu secara bertahap tetapi terus membayar semua hutang yang tertunda di kartu kredit Anda. Ini akan meminta konsolidasi utang sehingga suku bunga yang Anda bayarkan akan lebih rendah.

B. Menyisihkan 10% dari pendapatan bulanan Anda


Kedua, indikator terbaik tentang bagaimana Anda mengelola keuangan Anda dengan buruk adalah rekening tabungan Anda. Berapa banyak tabungan yang Anda miliki? Selama berapa lama Anda telah melakukan penghematan ini? Seberapa banyak Anda menggali kembali tabungan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan Anda? Ini sangat berbahaya ketika Anda sama sekali tidak memiliki tabungan pribadi. Anda harus memastikan bahwa Anda menghemat setidaknya sepuluh persen dari pendapatan bulanan atau harian Anda. Jika Anda menggunakan lebih dari sembilan puluh persen dari apa yang Anda dapatkan, maka Anda harus meningkatkan keterampilan manajemen keuangan pribadi Anda. Tidak ada cara Anda akan mendapatkan keuangan pribadi Anda dalam rangka jika Anda tidak memiliki tabungan untuk kembali.

C. Memulai bisnis 


Ketiga, lihat status pekerjaan atau bisnis Anda. Berapa banyak yang Anda dapatkan dalam sebulan atau seminggu? Bagaimana stabilnya? Seperti apa masa depan untuk pekerjaan atau bisnis? Apakah itu memenuhi pengeluaran Anda? Jika tidak, apa rencana Anda selanjutnya untuk menghasilkan lebih banyak uang? Jangan bergantung pada pekerjaan Anda sendirian jika Anda ingin berada dalam posisi yang baik untuk mengelola keuangan pribadi Anda. Pertimbangkan untuk berbisnis, apakah kecil atau besar.

D. Penyiapan Dana Darurat


Terakhir, Anda perlu mengetahui statistik dari dana darurat Anda. Apakah Anda memiliki dana darurat medis yang cukup? Apakah Anda dalam rencana tunjangan pensiun? Anda harus menggunakan rencana tersebut, terutama yang pemerintah. Ini akan memastikan bahwa masa depan Anda dijamin secara finansial dan Anda akan siap jika ada keadaan darurat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2