20 Usaha Sampingan dengan Modal Kecil

Usaha Sampingan dengan Modal Kecil - Ketika dilihat dari fakta yang ada, terdapat hal menarik dari karyawan kantoran. Hal menariknya bahwa mereka mungkin memiliki gaji kecil, dilain sisi mereka memiliki waktu luang yang amat lumayan. Sangat disayangkan sebagian besar dari para karyawan yang punya waktu luang ini tidak bisa memanfaatkan waktu diluar jam kerja tersebut dengan menjalankan usaha sampingan.

Melalui usaha sampingan sebenarnya mereka bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Atau bisa saja dari usaha sampingan menjadi rencana keuangan untuk jangka panjang.

Usaha sampingan modal kecil

Fakta yang ada tidak sedikit orang yang menjadikan waktu kerja mereka sebagai alasan susah dalam mengatur waktu untuk usaha sampingan. Itu hanyalah alasan karena sudah dalam zona nyaman.

Banyak perusahaan yang tidak melarang karyawannya melakukan aktivitas usaha sampingan di luar jam kerja. Manfaatkan hal ini sob.

Apa sih yang menjadi dasar untuk Buka usaha sampingan?

Tentang perlunya menjalankan usaha sampingan


Usaha sampingan memang bagi sebagian orang sangat menarik untuk dijalani. Sebagai usaha sampingan resiko kegagalan itu minim. Kok bisa gitu? Ya kan ini sebatas usaha sampingan untuk mendapatkan hasil tambahan. Berikut beberapa alasan kenapa Sobat harus mencoba usaha sampingan.

● Dari sebuah ide yang unik


Banyak perusahaan dalam skala yang besar saat ini berawal dari sebuah usaha sampingan dengan gagasan yang bagus. Diracik dengan kemampuan dan keterampilan yang baik pula terciptalah sebuah usaha yang mampu menjadi perusahaan berskala besar.

Galilah ide unik dari pikiran sobat, ketika ide tersebut jarang sekali orang yang njalankan disitulah sobat memiliki tingkat kompetisi yang rendah maka peluang sukses makin terbuka lebar.

● Peluang Pasar Terbuka Lebar


Sobat nggak perlu bingung untuk memulai usaha sampingan. Pastkan bahwa sobat bisa menganalisa soal produk atau jasa yang akan sobat tawarkan ada yang bersedia membeli.

Lakukan terhadap orang disekitar untuk beropini mengenai produk dan jasa sobat. Supaya nantinya usaha sampingan sobat bisa tepat sesuai perencanaan.

● Butuh Uang Tambahan


Apabila sobat punya banyak waktu luang tetapi dengan gaji pas-pasan buatlah usaha sampingan untuk menghasilkan uang tambahan.
Dengan adanya usaha sampingan yang sobat bangun akan menciptakan pundi-pundi keuangan baru sebagai pemenuhan kebutuhan hidup.
Usaha sampingan dengan hasil yang memuaskan juga akan menjadi tabungan masa depan sobat dan keluarga.

● Untuk Persiapan Jaminan Pensiun


Bagi karyawan swasta untuk memiliki rencana pensiun memang sutu keharusan. Dengan sobat memiliki usaha sampingan maka sobat akan jauh lebih mudah dalam memenuhi harapan tersebut di usia lanjut nanti. Dengan membangun usaha sampingan dari sekarang sama saja sobat membangun aset penyambung hidup di kemudian hari.

● Sarana Aktualisasi Diri


Setiap karyawan pasti punya tuh rasa jenuh dengan rutinitas di dalam pekerjaannya. Entah karena nggak sesuai passion, atau dapet karir mentok. Dari sinilah usaha sampingan menjadi solusi bagi sobat yang ingin aktualisasi diri.

# Kenapa Banyak Usaha Sampingan Gagal

Perlu di ingat sob, Usaha sampingan itu ya termasuk bisnis. Tau kan karakter dari sebuah bisnis. Bisnis dengan skala kecilpun tetep memiliki ancaman gagal.

Terus apa sih yang membuat bisnis sampingan itu bisa gagal?


A. Kurang pas dalam menentukan prioritas


Usaha sampingan memang punya arti bukan hal yang utama. Akan tetapi jika pelaku usaha sampingan itu masih memprioritaskan pekerjaan utamanya dibarengi dengan mengembangkan usaha sampinganya dengan porsi yang sama, mending waspada aja deh kegagalan pasti mengintai.

Banyak kegagalan tu berasal dari ingin cepat sukses. Jadi disini sesuaikan saja porsi usaha sampingannya. Jangan samakan dengan porsi pekerjaan utama.

B. Menentukan kebutuhan yang tidak tepat

Saat pertama kali dalam memulai usaha sampingan, pemilik usaha sering kali terbuai pada sesuatu hal yang kurang penting. Sering beranggapan kalau usahanya sudah besar. Misal segalanya dibuat perfectionis untuk logo bisnis, kartu nama, investasi perangkat lunak yang mahal untuk pembukuan. Namun perlu di ingat usaha sampingan belum butuh hal-hal yang serba wow. Fokuslah dengan promosi karena yang terpenting saat merintis sebuah usaha itu adalah promosi. Sebelum itu pikirkan juga tentang bahan baku, legalitas usaha dan buat rancangan usaha yang kuat.

C. Mindset yang keliru


Tak hanya usaha sampingan saja yang bisa gagal karena mindset yang keliru. Bisnis besar pun akan gagal juga ketika mindsetnya sudah keliru dari awal berdiri.
Jangan pernah menganggap kalau "produk apa saja pasti ada saja yang beli." Ada juga aspek lain seperti meremehkan aspek pemasaran hingga proses produksi. Biasanya orang yang meremehken akan sembrono dalam mengambil tindakan dalam usahanya akan cepat mengalami kegagalan.

D. Kurangnya Networking


Salah satu kekuatan bisnis adalah jaringan. Nerworking harus terus di lebarkan karena ini adalah wajib hukumnya sebagai pengusaha.
Membangun jaringan bisa dari orang-orang terdekat misal pelanggan, teman, dan kolega. Selain itu sobat juga bisa melakukan silaturahmi bisnis untuk membentuk dan membina jaringan.

20 ide usaha sampingan dengan modal kecil

Meskipun usaha sampingan terbilang usaha skala kecil akan tetapi jika di jalani dengan sungguh-sungguh akan menjadi skala besar yang mendunia.

Bisnis sampingan berawal dari ide sederhana, tetapi siapa sangka kalau hal yang berawal dari ide sederhana bisa mendatangkan uang yang sangat banyak.

Jika sampai dengan saat ini sobat belum punya paadangan bisnis apa yang cocok untuk di buat usaha sampingan, berikut ini kami telah memberikan inspirasi berupa ide usaha sampingan dengan modal kecil.

1. Laundry Kiloan


Era sekarang ini maunya orang tu serba praktis, banyak orang berfikir daripada waktu dipakai buat nyuci, mending laundry. Dari pemikiran itulah ada kesempatan untuk membuka usaha sampingan laundry kiloan. Di kota-kota seperti Surabaya, Jakarta, Bandung, Bogor, Yogjakarta sudah populer sejak lama loundry cucian ini. Karena banyaknya para pelajar dan perantau disana yang memanfaatkan jasa laundry kiloan.

Banyaknya pelaku bisnis ini membuat persaingan tarif dan pelayanan makin ketat. Tetapi jangan berkecil hati karena banyaknya persaingan. Ciptakan inovasi baru dalam konteks loundry pakaian yang unik dan menjual.

Kalau memang tempat sobat strategis, ambil saja peluang ini. Dengan bermodal sekitar 8 juta bisnis ini bisa di mulai. Investasi untuk alat cuci otomatis memakan biaya separo dari modal itu sendiri. Sisanya bisa sobat belanjakan ke alat pendukung lainnya.

2. Cuci Motor dan Mobil hidrolik



Semakin hari semakin naik aja angka jumlah kendaraan mulai dari motor hingga mobil. Naiknya jumlah kendaraan ini membuka peluang baru yaitu Cuci Motor dan Mobil Pakai hidrolik. Memang bisa kita membuka usaha ccuci kendaraan dengan pompa saja. Akan tetapi saat ini orang lebih melirik ke tempat cuci kendaraan yang ada hidrolik pengangkat kendaraan.

Alasan para konsumen bermacam-macam ada yang bilang pakai hidrolik pencuci bisa tau detail mana yang masih kotor di kolong-kolong bawah. Ada juga yang beralasan tempat cuci kendaraan pakai hidrolik mempercepat proses pencucian dan waktu tunggu nggak lama.

Investasi alat memang tak sesederhana tempat cucian biasa. Namun hal ini demi memenuhi kebutuhan konsumen. Investasi di alat di kisaran 45 juta sudah 1 set. Atau sobat coba cari referensi alat apa saja yang di butuhkan untuk membuka peluang usaha ini.

3. Jasa Desain Grafis

Usaha sampingan yang satu ini cocok untuk sobat yang kerja sebagai karyawan perusahaan desain grafis.

Buatlah beberapa portofolio sebelum promoai atau daftar di situs jual beli desain di
jual beli desain grafis ini adalah sribu.com dan projects.co.id, 99designs.com, elance.com, dan upwork.com

Bisnis Jasa Desain Grafis terbilang bisnis yang membutuhkan modal kecil. Alat tempur dari bisnis ini adalah koneksi Internet, ketrampilan dalam desain grafis, Komputer. Kalau untuk desain yang ringan-ringan seperti pembuatan logo dan sejenisnya nggak usah pake spek komputer yang tinggi dulu.

Selain dari kebutuhan diatas perlunya menjaga kualitas jasa pelayanan juga turut serta dalam memajukan bisnis ini. Ak cepat di kenal banyak orang bila sobat mampu memproduksi hasil karya yang kreatif dan tepat waktu.

4. Peluang Usaha sampingan Les Privat

Jika sobat masih duduk di sekolah tinggi atau masih mahasiswa yang ingin cari uang tambahan untuk biaya kuliah bisa dengan buka Les Privat mata pelajaran sekolah. Selain mata pelajaran sekolah, sobat juga bisa menawarkan jasa les privat sesuai dengan jurusan yang sobat ambil. Misal sobat kuliah di seni musik, sobat bisa tawarkan jasa les privat khusus musik.

Jika sobat dah mulai dikenal di daerah sekitar, bisa jadi sobat akan buka kelas sendiri di rumah. Untuk masih pemula memang sobat harus datangi rumah murid masing-masing.

Untuk modal dari buka jasa les privat ini terbilang sangat kecil. Modal awal jika sobat masih ndatangi rumah-rumah murid mah cuma modal di transportasi aja. Kalau sobat dah punya banyak murid dan ingin buka kelas sendiri di rumah, bisa butuh modal sekitar 1 juta untuk membeli peralatan tulis dan desain ruang belajar.

Untuk tarif les privat sendiri sobat bisa mengacu pada tarif pasaran di sekitar tempat tinggal sobat.

5.  Jasa Jahit Pakaian

Bisnis sampingan dengan modal ketrampilan menjahit pakaian mungkin terdengar kurang menarik. Tetapi perlu sobat ingat, usaha sampingan tetaplah usaha sampingan yang dengan tujuan ngisi waktu luang yang bermanfaat apalagi bisa menghasilkan uang tambahan. Nggak perlu gengsi dan nggak usah buru-buru buka kios jahit.

Pakai modal minimal dulu, dengan beli mesin jahit yang bekas, mesin obras dan pendukung lainnya. Promosikan usaha jahit pakaian sobat di teman-teman atau di sekitaran rumah sobat. Karena ini masih usaha sampingan jadi perlu sobat batasi pesanan jahitnya sesuai kemampuan dan waktu sobat.

6.  Penerjemah Bahasa Asing

Jika sobat punya kemampuan berbahasa asing. Sobat bisa menawarkan jasa penerjemah. Penerjemah profesional tarifnya sangat mahal, misal 1 kata dihargai Rp. 50 maka tiap 1 halaman yang berisi 500 kata bisa sobat mengantongi Rp 25.000. Kalau sehari sobat bisa menerjemahkan 10 halaman yang masing-masing halaman berisi 500 kata, maka dalam sehari sobat bisa menghasilkan Rp 250.000.
Untuk pemula, mending sobat mulai nerjemahkan dokumen seperti artikel, skripsi dan lain sebagainya.

Untuk modal yang diperlukan juga relatif mudah didapat dan murah. Terpenting ada laptop atau netbook dengan koneksi internet. Untuk berjaga-jaga kalau ada yang menginginkan hasil fisik  bisa sobat membeli printer.

Menariknya lagi untuk mengerjakan kerjaan ini sangat fleksibel. Bisa di kantor, dirumah bahkan di cafe juga bisa.

Tawarkan jasa sobat di situs seperti freelancer.co.id atau bisa juga di sribulancer.

7.  Jasa Ketik

Bisnis sampingan yang satu ini bisa rame kalau sobat tinggal disekitaran kampus atau sekolah menengah atas. Pengguna jasa ketik ini biasanya mereka mahasiswa yang sedang nulis skripsi atau tugas kuliah.

Cukup dengan sobat bisa mengetik saja sudah layak membuka usaha jasa ketik. Sobat tinggal mempelajari format-format tulisan saja. 3 alat wajib untuk jasa pengetik adalah Komputer, Printer, Kertas HVS.

8.  Bisnis Makelar Properti

Properti merupakan aset dengan nilai jual yang terus naik. Banyak sekali para investor menginvestasikan dana lebih mereka ke bidang properti. Disini ada peluang yang sangat bagus yang bisa sobat ambil yaitu makelar properti.

Untuk memulainya apabila ada pembangunan perumahan di sekitar tempat tinggal sobat. Maka coba sobat temui pihak developer untuk menawarkan diri jadi makelarnya.

Selama sobat punya banyak jaringan bisnis ini bisa sangat mudah di lakukan. Belajar terus tentang properti maka sobat akan terus punya pengetahuan dan menambah jaringan untuk mendukung usaha ini.

## Pemasaran properti secara online

Saat ini banyak makelar properti menggunakan internet marketing untuk menjalankanya.

● Blog marketing

Jenis pemasaran properti secara online menggunakan blog marketing merupakan cara yang sangat efektif. Sehingga para internet marketer menggunkan cara tersebut sebagai ajang promosi.

Penggunaan blog marketing dengan menerapkan teknik SEO(Search Engine Optimazation) berharap memiliki pengunjung tertarget.

Yang sobat kuasai dalam cara ini adalah ketrampilan dalam optimasi dan tampilan agar blog sobat mampu bersaing di hutan belantara internet.

● Display Marketing

Jika sobat kurang tertarik dan tak ingin di repotkan dengan optimasi website. Sobat bisa pakai cara Display Marketing.
Langkah ini terbilang agak membutuhkan modal yang lumayan. Karena sobat menyewa space iklan di website yang sudah banyak pengunjung tertarget.

● Email marketing

Cara ini bisa dikatakan cara konvensional. Cara yang digunakan oleh internet marketer terdahulu sebelum memakai pemasaran yang lainnya. Cara ini berdasarkan suka sama suka. Karena mereka dengan suka rela memberikan alamat email nya untuk mendapatkan info-info dari sobat.

9.  Agen Asuransi


Banyak pelaku Agen asuransi menjadikannya usaha sampingan. Bisnis yang satu ini tak mengikat dan tak butuh modal. Namun dalam dlsegi pendapatan, sangat menarik. Asal nasabah yang daftar dari sobat itu masih berkelanjutan maka komisi sobat juga berkelanjutan.

Jika sobat menginginkan hasil yang banyak, sobat juga harus menjual banyak produk asuransi. Selain keuntungan tersebut jika sobat mampu berpreatasi maka sobat bisa di berikan kesempatan untuk karir yang lebih baik lagi kedepanya.

10. Agen Pemasaran Umroh dan Haji


Selain mendapat peluang pemasaran umroh dan haji sobat bisa mendapat pahala dan keuntungan dari bisnis ini.

Yang perlu sobat lakukan adalah rajin menawarkan paket umroh dari biro rekanan bisa melalui forum pengajian, kelompok arisan dan bisa juga secara door to door.

Pemasaran terhadap umroh dan haji bisa dibilang sangat mudah. Bisnis ini juga minim resiko dan yang pasti keuntungan yang lumayan.

11. Peluang Jual Pulsa Paket Data


Dulu banyak yang melakukan bisnis jual pulsa elektrik sebagai usaha sampingannya. Saat ini masih sama jual pulsa elektrik tetapi cenderung banyak orang mencari paket data internet.

Teman sekerjaan, teman satu kost dan teman-teman di perumahan merupakan target usaha sobat. Saat ini konsumsi internet layaknya sebuah kebutuhan primer. Jadi peluang ini yang harus sobat manfaatkan dengan menjual paket data internet.

Modal yang sobat keluarkan juga terbilang kecil. Waktu untuk menjalankanya juga fleksible.

Cara menjalankan bisnis ini terbilang mudah. Kalau sobat punya hp android sobat bisa mencari provider pulsa elektrik yang terpercaya dan cepat pelayananya.

Setelah itu sobat diharuskan deposit ke provider dan deposit akan masuk di akun sobat. Abis itu sobat bisa langsung jualan.
Saat ini provider penyedia layanan pengisian paket data internet menyediakan aplikasi Android sebagai media transaksi.

Sehingga lebih mudah dalam menjalankan dan memanage. Fitur dari aplikasi biasanya seperti fitur pada perbankan sehingga laporan penjualan mudah dilihat.

Tips Menjalankan Bisnis Pulsa Elektrik


Memilih server pulsa yang cepat

Coba saja ketika ada pelanggan sobat yang membeli paket data tetapi lama masuknya. Sudah pasti sobat kena imbas dari keterlambatan pengisian. Maka dari itu pilihlah server yang cepat. Karena kunci dari bisnis sampingan jual paket data itu adalah kecepatan pelayanan.

Rutin Promosi

Dimana-mana kalau usaha tanpa promosi nggak akan sampai di telinga pelanggan. Target penjualan sangat penting juga untuk bisa berkembang. Promosi saat ini semakin mudah jika sobat bisa memanfaatkan media sosial sebagai media promosi.

Teliti soal harga

Ingat saking mudahnya usaha ini dilakukan akan membuat banyak orang melakukan hal ini. Jadi sobat harus survei harga di kompetitor. Intinya agar sobat mengambil harga tidak kemahalan dari harga pasaran. Biar pembeli nggak kapok.

Mendaftar lebih dari satu server

Hal ini sacam ban serep. Jika server satu down bisa pindah server lain yang bisa untuk transaksi. Hal ini menjaga kecepatan pelayanan.

Banyak manfaat dari sobat daftar lebih dari satu server. Misal server utama stok kosong untuk paket data tertentu. Bisa sobat mengambil dari server satunya.

● Hindari dari pelayanan utang

Memang keuntungan jual paket data tak seberapa. Tetapi kalau sobat ngasih pelayanan ke pelanggan memperbolehkan utang. Dah pasti sobat susah memutarkan modal. Hal sepele inilah yang biasa terjadi pada pelaku bisnis ini yang menyebabkan gulung tiker.

12. Jual Beli Motor Bekas


Bisnis Jual beli motor bekas adalah salah satu bisnis sampingan yang menarik. Karena saking pesatnya pertumbuhan kendaraan beroda dua ini menjadikan peluang bisnis baru. Sobat bisa mencoba peruntungan menjadi malelar motor bekas.
 
Kalau sobat memulai dengan sistem makelar, berarti sobat tak harus keluar modal. Sobat hanya bangun jaringan dan kepercayaan terhadap calon pembeli.

Dengan menjadi makelar berarti secara teknis sobat menjualkan motor orang dan dapat komisi. Jika sudah mengenal pasar sobat bisa memulai membeli motor bekas di bawah 10 juta dan sobat bisa jual kembali dengan keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual.

13. Menjual pakaian harga murah


Menjual Pakaian terbilang usaha sampingan yang mempunyai produk tidak ada masa kadaluarsa. Terlebih pakaian merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Modal yang harus dikeluarkan tergolong kecil.

Lakukan riset pasaran yang laku di sekitaran daerah sobat. Barulah ambil dalam jumlah yang sesuai. Belilah pakaian secara grosir agar dapat dibeli dengan harga miring.

14. Jualan Produk Hobi


Antusiasme para penghobi mancing saat ini terbilang sedang populer. Yang mereka cari adalah kepuasan. Dari sinilah sobat manfaatkan untuk usaha sampingan jualan alat dan perlengkapan pancing.

Caranya adalah sobat bisa berjualan alat pancing dengan cara dropship atau bisa juga dengan membeli stok produk jika sobat punya modal cukup.

15. Makanan Pagi


Apakah sobat punya waktu luang di pagi hari? Ya saat ini banyak karyawan yang kerepotan dalam hal mempersiapkan makanan pagi atau sarapan. Sobat bisa ambil peluang usaha sampingan menjual makanan untuk sarapan.

Sobat bisa memanfaatkan halaman depan rumah untu berjualan. Misal menu yang kebanyakan di cari orang saat sarapan adalah Bubur ayam, nasi uduk, nasi kuning, dan gorengan. Menu sederhana itulah yang bisa sobat sajikan, ambil salah satu ide tersebut misal sobat ambil menu bubur ayam ya sobat pahami tentang resepnya.

Modal terbilang masih terjangkau, mungkin sobat akan membeli perlengkapan seperti meja dan kursi. Kalau sobat bisa buat sendiri akan lebih meringankan beban di modal.

16. Warung Kopi di malam hari


Warung kopi memang berasa seperti kafe tetapi beda penyajian dan tempat. Kopi identik dengan suasana malam.

Manfaatkan ini sebagai usaha sampingan. Banyak orang mencari tempat ngopi malam hari dengan suasana untuk nongkrong yang enak.

Meskipun terbilang sepele tetapi modal untuk membeli peralatan pembuat kopi nggak murah. Siapkan modal sekitar 10 juta untuk membeli seluruh alat pembuat kopi dan perlengkapan seperti meja kursi.
Usaha ini bisa juga disandingkan dengan berjualan air mineral, gorengan, rokok dan mie instan.

17. Menjual aneka kue


Jika sobat hobi membuat kue, bisa sobat jadikan usaha sampingan. Setelah sobat pulang kerja, sobat bisa menyalurkan hobi membuat kue untuk sobat jual saat berangkat kekantor atau di titipkan ke penjual lain.

Tak perlu modal yang besar untuk memulai usaha sampingan membuat kue ini.

18. Menjadi Blogger


Menjadi seorang blogger memang sebuah kombinasi yang asik antara hobi dan pekerjaan. Sobat hobi nulis dan hobi berbagi tips misalnya sobat bisa ambil ini usaha sampingan menjadi seorang blogger.
Untuk memulainya sobat hanya perlu niat dan siap konsisten. Pilih topik yang benar-benar sobat kuasai. Kemudian sobat isi dengan konten menarik dan membuat orang betah di blog sobat.

Ketika blog sobat ramai pengunjung sobat bisa gabung dengan program periklanan seperti google Adsense untuk monetize blog sobat. Sobat bisa belajar tentang ngeblog melalui youtube atau dari forum seperti ads.id.

Modal untuk memulai ngeblog juga terjangkau kalau sobat memakai plafform blogger.com cukup sewa domain, beli template. Kalau sobat memulai dengan wordpress bisa membutuhkan modal sekitar 1 juta rupiah untuk menyewa hosting 1 tahun, sewa domain 1 tahun dan beli tema wordpress.

19. Buka Toko Online


Di jaman yang serba internet ini masyarakat berbelanja juga mulai memakai cara belanja online. Hal ini kesempatan untuk sobat memulai membuat toko online untuk berjualan. Beberapa jenis barang yang sering di perjual belikan di toko online adalah pakaian, jam tangan, kerajinan tangan, aksesoris wanita bahkan produk digital seperti perangkat lunak, ebook, musik dan lain sebagainya.

Bisnis toko online membutuhkan modal yang hampir sama dengan  membuat blog. Yang membedakan hanya template yang sobat beli. Kalau sobat ingin membuat toko online sobat hanya perlu membeli template web toko online.

Kalau sobat masih keterbatasan untuk stok produk, sobat bisa menggunakan sistem dropship. Sistem ini yang sedang populer karena kemudahan melakukan nya.

20. Menjual hasil fotografi


Usaha sampingan untuk sobat yang hobi fotografi adalah dengan menjual hasil karya fotografinya secara online.
Memulainya pun mudah sobat daftar ke situs jual beli foto di istockphoto.com dan shutterstock.com dan untuk skala global sobat bisa gunakan paypal untuk mempermudah transaksi sobat dengan klien.

# Penutup

Teruslah berusaha dan semangat dalam memperbaiki taraf hidup sobat. Gunakan waktu luang untuk menjalankan usaha sampingan. Jangan terpaku dari satu kolam saja buat kolam lain yang juga menghasilkan.

Era internet memudahkan kita untuk terus belajar dan membuahkan ide-ide cemerlang untukendapatkan keuntungan.


0 Response to "20 Usaha Sampingan dengan Modal Kecil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2