Apa itu mekanisme antikythera dan Dimana ditemukan

Jaman digitalisasi saat ini bisa di bilang penemuan terdahulu oleh para ilmuan. Oleh orang modern dikembangkan sedemikian rupa agar bisa di nikmati bagi banyak umat manusia di dunia. Seperti halnya mekanisme antikythera yang berhasil di temukan yang banyak para ilmuwan modern menganggap itu merupakan komputer jaman dahulu.

Apa itu Mekanisme antikythera

Mekanisme antikythera pada jaman dahulu mempunyai fungsi yang sangat canggih. 

Apa saja fungsi dari mekanisme antikythera tersebut? Yuk baca terus...

# Apa itu mekanisme antikythera


Dikutip dari berbagai sumber Mekanisme Antikythera adalah bagian dari kalkulator mekanik dan disinyalir sebagai komputer mekanik tertua di dunia.

Mekanisme Antikythera bisa dikatakan sebuah cikal bakal komputer mekanik.
Perangkat tersebut juga sangat canggih di jaman dahulu.

Dengan serangkaian roda gigi, Mekanisme Antikythera menyerupai sebuah mekanik pada jam. Terdapat juga 3 tombol besar pada alat ini. Satu tombol kecil juga melengkapi mekanik tersebut.

# Dimana ditemukan Mekanisme Antikythera


Pada tahun 1901 seorang arkeolog menemukan Mekanisme Antikythera di Laut Aegean di sebelah selatan Pulau Yunani.

Mekanisme Antikythera ditemukan di dalam bangkai kapal yang terletak di lepas pantai Antikythera.

Antikythera merupakan sebuah pulau di antara Kreta dan Peloponnesos di Yunani.

# Siapa penemu mekanisme Antikythera


Sampai dengan saat ini penemu dari Mekanisme Antikythera belum di ketahui. Tetapi kalau penemu Mekanisme tersebut  dari bangkai kapal merupakan seorang arkeolog yang bernama Valerios Stais pada tahun 1901.

# Fungsi Dari Mekanisme Antikythera


Saat di temukan pertama kali oleh arkeolog pada tahun 1901 para ilmuwan disaat itu belum bisa memahami seluruh fungsi dari alat ini.

Saat itu mesin yang ditemukan mempunyai ukuran huruf hanya 1,2 milimeter yang terletak di bagian dalam dan hanya bisa dilihat dari bagian depan dan belakang mesin.

Baru pada Abad ke 14 para ilmuwan bisa membangun alat seperti itu. Sehingga mampu memahami seluruh fungsinya. Dalam usaha keras para ilmuwan membuahkan hasil yaitu mulai paham dengan fungsi mekanisme antikythera sebagai acuan astronomi.

Dengan hanya memakai Mekanisme Antikythera manusia pada jaman dahulu bisa memprediksi posisi benda-benda dilangit dengan dilihat dari Bumi.

Mekanisme Antikythera berumur 2.100 tahun ini dulunya juga bisa mengkalkulasi posisi matahari dan bulan. Hal tersebut karena berhasilnya ilmuwan membaca 3.500 karakter atau 500 kata dari alat tersebut.

Karena alat ini dapat mengkalkulasi posisi matahari dan bulan berarti Mekanisme Antikythera digunakan oleh orang terdahulu sebagai kalender.

Fungsi dari kalender bisa digunakan untuk sebagai berikut:


1. Sebagai penentu hari dan bulan.
2. Sebagai penentu zodiak oleh masyarakat Babilonia
3. Sebagai penentuan Bulan
4. Sebagai penentu kapan terjadi gerhana matahari dan gerhana Bulan.
5. Bagi masyarakat Yunani sebagai penentu digelarnya pesta olahraga. Saat ini dikenal sebagai Olimpiade

# Kesimpulan


Dari penjelasan diatas berarti dapat disimpulkan bahwa Mekanisme Antikythera mampu menjadi acuan memprediksi posisi Matahari, Bulan dan beberapa planet.

Jadi Alat tersebut adalah alat untuk kebutuhan seorang astronom di masa itu. Para ahli astronomi pada masa itu juga sangat bergantung terhadap alat mekanisme ini.

0 Response to "Apa itu mekanisme antikythera dan Dimana ditemukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2