41 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil Yang Menjanjikan


Sebelum beranjak ke topik utama mengenai usaha sampingan modal kecil yang menjanjaikan. Saya akan bertanya terlebih dahulu. Jika sobat adalah karyawan dari sebuah perusahaan, apa yang sobat lakukan di sela waktu luang? Apakah sudah memanfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin?. Apa perusahaan di tempat sobat kerja melarang adanya karyawan menjalankan usaha sampingan di luar jam kerja?

Dari pertanyaan diatas menurut saya, sobat dengan mudah menjawabnya.

Ide bisnis sampingan menjanjikan

Mari sobat pikirkan, waktu luang di luar jam kerja itu bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan bagi sobat.

Kok waktu luang bisa menjadi peluang. Ya maksudnya tuh kalau sobat mau memutar otak untuk menjadikan waktu luang tersebut untuk usaha sampingan pastinya.

Pikirkan apa peluang tersebut yang cocok dan tepat. Jangan khawatir, sobat baca sampai selesai artikel ini untuk menemukan peluang usaha yang menjanjikan dan tepat untuk sobat. Pilih sebuah usaha yang bisa diandalkan untuk jangka panjang.

Banyak para pelaku usaha sampingan malah menjadikan nya usaha utama. Dalam artian setelah usaha berkembang maka putuskan untuk keluar dari kerjaan sobat. Sehingga bisa fokus mengembangkan usaha sampingan nya tersebut ke arah usaha yang jangka panjang.

Ide Usaha Sampingan


Usaha kecil jangan anggap remeh, memulai itu dari hal yang terkecil. Google saja memulainya dari sebuah garasi, coba lihat sekarang perusahaan raksasa google itu.

Kami berikan contoh Usaha Sampingan yang Layak Untuk Di coba sobat.

1. Bisnis Dropship


Bisnis dropship saat ini sedang menjamur, banyak orang mencoba peruntungan di bisnis ini. Mulai dari karyawan kantoran hingga emak-emak.

Dropship adalah bisnis online yang mana penjual tidak harus punya barang yang ready untuk dijual.

Pelaku dropship hanya berkerja menjadi perantara saja. Tugas dropshiper hanya mempromosikan barang dagangan berupa fisik itu di berbagai media. Misal, media sosial, blog pribadi, ataupun di forum-forum online.

Setelah menentukan suplier mana yang akan diambil barangnya baru sobat riset sasaran konsumen dari produk yang sobat jual.

Soal pengepakan nggak usah dipikirkan, soalmya pihak suplier ketika dapat order dari kita langsung di proses sampai selesai dan yang pasti alamat dan nama pengirim itu adalah sobat sendiri atau toko online sobat.

Dengan menggunakan layanan dropship yang disediakan oleh marketplace lokal seperti tokopedia, seorang dropship nggak perlu bingung. Karena bekerja dengan sistem.

Keuntungan yang di dapat itu dari mana kalau kita menjadi dropshiper? Ok, keuntungan itu biasanya dari seliaih harga jual dari suplier ke sobat.

Untuk contoh jika sobat ingin menjual produk dari suplier seharga Rp. 100.000, dan Anda jual Rp. 150.000 berarti sobat akan mendapatkan untung Rp. 50.000,.
Marketplace yang menyediakan fitur dropship dalam sistemnya.

● Tokopedia
● Bukalapak
● Dan lain-lain

2. Peluang Bisnis Reseller


Bisnis reseller hampir mirip dengan dropship karena sama-sama jualin produk orang. Tapi pembedanya sobat tu harus stok barang.

Reseller tu bisa dijalankan secara online dan offline. Pokonya sama deh kek pedagang biasa gitu.

Peluang usaha ini nih cocok bagi sobat yang hobi berkomunikasi langsung dan memiliki jaringan luas.

Untuk bisnis reseller secara online pun juga banyak. Para reseller online kebanyakan menggunakan marketplace.

3. Peluang Bisnis Sampingan Makelar Properti Tanpa Modal


Dengan meningkatnya jumlah penduduk dari tahun ketahun pastilah dibarengi dengan pertumbuhan juga sektor properti. Nah, disini sobat bisa tu ambil peluang untuk jadi makelar properti.

Selain sebagai peluang bisnis, properti juga mampu menjadi sebuah investasi yang sangat menjanjikan. Pasalnya nilai aset dari properti itu akan terus tumbuh di setiap tahun.

Lebih hebatnya lagi, sobat bisa njalankan bisnis sampingan properti ini nyaris tanpa modal. Kok bisa? Ya bisa lah sob, soalnya yang perlu sobat perlukan tuh cuma kumunikasi dan jaringan yang sobat miliki luas.

Cara Menjalankan Bisnis Properti tanpa Modal.

Di sekitar tempat tinggal sobat lagi ada pembangunan perumahan nggak?. 

Kalo ada, coba kenali dulu developernya. Lalu cobalah presentasikan kerjasama yang akan sobat lakukan. Disini kan sobat ingin menjadi makelar jadi sobat mending presentasikan cara mempromosikan.

Misal sobat jago fb ads ya udah tawarkan kerjasama pemasaran melalui fb ads. Pasti seneng aja tuh developer.

Untuk promosi jangan cuma satu macam, banyak kok media promosi dari mulai online sampai offline.

Untuk online sobat bisa melalui periklanan, blog, landing page, media sosial, dan banyak masih banyak lagi.

Untuk offline bisa tuh pakai cara kuno, misal pamflet, brosur dan banner besar.

4. Menjual Pakaian Bekas


Untuk peluang bisnis pakaian bekas memang perlu adanya modal. Banyak anak muda berpakaian bermerek namun belinya bekas. Nah kesempatan ini harus soabt ambil.

Bisa jadi peluang bisnis pakaian belas ini mampu menjadi seperti pemain lama yaitu Billy Mardyono. Beliau sukses dalam melakukan bisnis ini, keuntungan tiap satu potong pakaian tak tanggung-tanggung sob. Bisa tuh mencapai 100 kalilipat keuntungan yang ia dapat. Lumayan kan sob buat tambah-tambah modal.

Pakaian bekas yang sedang trend tu seperti parka, jeans, flannel, celana chinos, topi bahkan jaket juga.

Untuk menjalankan bisnis ini bisa pakai media sosial seperti instagram. Billy Mardyono juga melakukan pemasaran melalui sosial media.

Terpenting untuk menjalankan bisnis ini perlu keuletan dan tahu tentang target market. Kalau bisa pakailah cara ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)

5. Peluang Bisnis Jasa Laundry Kiloan


Sempat booming di tahun 2017 lalu, tetapi bukan berarti saat ini surut peminat. Era globalisasi menuntut orang untuk kerja dengan efektif dan efisien. Orang-orang makin sibuk untuk bertahan hidup alias nyari duit. Sampai-sampai nih lupa kalau pakaian di rumah dah numpuk.

Bisnis Laundry cocok sekali di jalankan di area perumahan karyawan, atau bisa dipusat-pusat keramaian. Sudah pasti di kawasan tersebit kawasan sibuk. Laundry pasti dicari.

Persaingan memang lumayan. Ya memang begitu kalau bisnis prospek pasti peminat untuk mengambil peluang tersebut banyak.

Nggak usah sobat berkecil hati, buat saja sistem promosi yang unik. Buat tagline bisnis dwngan yang unik. Kasih pelayanan yang mantap pasti deh seneng para pelanggan.

Untuk modal sendiri terbilang lumayan lah. Peralatan nya memang tak rumit tapi perlu mengeluarkan modal sekitar 10 jutaan.

6. Peluang usaha Pertamini


Usaha pertamini juga sekelas dengan usaha laundry yaitu perlu adanya modal lumayan.

Peluang usaha pertamini bisa dilakukan di tempat yang nggak terlalu spesifik. Di desa pun sobat bisa usaha ini. Semakin meningkatnya jumlah kendaraan maka semakin besar juga kebutuhan bahan bakar. Dan ketika daerah sobat jauh dari SPBU maka alternatif orang-orang nyari penjual bahan bakar eceran.

Untuk mendapatkan harga yang seragam dengan SPBU perlu adanya konsultasi dengan pihak terkait.

Tips agar usaha pertamini sobat berhasil.

● Cari daerah di pedesaan yang jauh dari SPBU
● Jangan mark up harga terlalu sadis
● Urus surat perizinan
● Berikan pelayanan yang baik untuk konsumen ini penting.

7. Peluang Bisnis Ternak Ayam Kampung


Kebutuhan ayam kampung saat ini terbilang tinggi, apa mungkin dah pada bosen sama ayam ras.

Dari tingginya permintaan tersebut peluang semakin bagus pastinya. Lakukan riset sederhana, cari agen yang mampu menampung hasil ternak ayam kampung.
Ternak ayam kampung tak seribet ternak ayam potong. Tetapi untuk hasil yang maksimal perlu adanya metode-metode dalam berternak.

Ada 3 metode berternak ayam kampung.

A. Metode Paling Mudah yaitu Umbaran

Metode umbaran sangat populer di pedesaan saat ini. Metode ini terbilang minim sekali modal.

Metode umbaran adalah membiarkan si ayam ini nyari makan sendiri. Sobat cuma nyediain rumah-rumahan buat si ayam itu.

B. Metode Semi Intensif

Jika sobat punya pekarangan yang luas, sobat bisa pakai metode semi intensif ini. Yang perlu sobat siapkan cuma kandang di sekitaran pekarangan sobat.

Dengan cara seperti itu sobat jadi lebih enak mengontrol area peternakan.

C. Metode Intensif

Metode satu ini cukup merogoh kocek sob, butuh modal dalam pembuatan kandang yang sesuai standar dan yang pasti kebutuhan pangan ternak pun harus beli.

Metode ini bisa dibilang metode yang lebih modern dalam beternak.

8. Peluang usaha Jasa multi payment


Jasa multi payment bisa meliputi pengisian pulsa atau paket internet, jual tiket, pembayaran tagihan PLN, dll.

Misal untuk bagian pengisian pulsa, sobat bisa lumayan nih dapet keuntungan nya.

Saat ini pulsa sudah masuk dalam kebutuhan primer. Jaman now tu kebutuhan internet semakin meningkat selaras dengan bertambahnya jenis gadget yang pengoperasiannya menggunakan paket data internet.

Sobat bisa mencoba peruntungan di peluang usaha ini. Apalagi sobat dah banyak relasi dan banyak kawan. Promosi melalui kontak di whatsapp bisa jadi salah satu ajang promo yang efektif.

Apa saja peralatan menjalankan bisnis ini?
Nggak usah yang hp canggih , hp biasa saja dah bisa tuh njalankan bisnis ini. Banyak para distributor pulsa mempermudah cara transaksi di sistem mereka.

Jika nggak mau beli hp untuk menjalankan bisnis ini, sobat bisa tuh pakai hp pribadi sobat.

Berapa sih modal yang dibutuhkan?

Jika sobat sudah punya alat tempur berupa hp berarti tinggal daftar dan nyaldo di distributornya.

Saat ini top up saldo pulsa bisa dibawah Rp 100.000. Nah saldo segitu bisa tu untuk memulainya.

Atau di daerah sobat ada pedagang pulsa besar dan sudah sukses. Cpbalah tanya dan gali informasi cara yang efektif untuk mendapatkan keuntungan.

Lebih baik belajar dari orang yang sudah terjun duluan dalam hal ini agar bisa lebih terpercaya dan bisa di jadikan motivator.
Apa saja yang bisa di jalankan dengan bisnis multi payment ini?

Sobat bisa menjalankan bisnis multi payment ini ke berbagai jenis pembayaran seperti

  - Pengisian Paket data internet all operator
  - Pengisian pulsa Reguler ke semua operator
  - Pembayaran Tagihan PLN
  - Pembayaran PDAM
  - Perpanjang TV berlangganan
  - dsb.

Demi menjaga kelangsungan bisnis sobat, usahakan sobat berlakukan sistem bayar cash atau kontan. Biar perputaran nggak macet dan pencatatan arus keuangan jelas.

Pilih strategi yang sobat anggap pas dan menghasilkan.

9. Peluang Usaha Membuka Les Privat atau Kursus


Usaha Sampingan memang banyak macamnya seperti yang satu ini membuka les privat atau kursus di daerah sobat. Entah sobat tinggal di pedesaan maupun di perkotaan sama saja.

Peluan bisnis ini nggak terpaku oleh tempat startegis.

Ada berbagai pilihan yang bisa sobat jalankan seperti:

- Kursus Bahasa Asing jika sobat mahir bahasa asing
  - Kursus mengemudi
  - Kursus menjahit
  - Kursus komputer
  - Kursus Musik

Agar legalitas usaha kursus aman dan terpercaya sobat bisa melengkapi perizinan dari pemerintah. Toh ini bisa membuat usaha sobat lancar dan dipandang masyarakat sebagai usaha yang legal.

10. Peluang Usaha Jasa Menjahit


Peluang Usaha tukang jahit juga menjadi peluang usaha yang prospek. Selama manusia masih mengenakan pakaian pasti butuh tukang jahit, nggak mungkin kan kalau mau pakai lem.

Meskipun usaha bidang jasa taylor ini rame pelakunya tapi tetap saja masih ada peluang.

Mulailah dulu dari tempat tinggal sobat, lakukan promo pasti ada saja yang datang dan menggunakan jasa sobat.

Keahlian menjahit tidak hanya terpaku dalam pembuatan baju saja atau jahit ulang pakaian sobek. Namun sobat bisa mengembangkan lagi.

Dibawah ini contoh pengembangan usaha menjahit:

  - Kursus menjahit
  - Ciptakan kerajinan tangan
  - Menjadi desainer fashion
  - Produksi kaos polos

11. Peluang Usaha Jasa Mengetik


Bisnis yang bisa dilakukan di kamar sobat selanjutnya adalah Jasa ketik. Ini tergantung lokasi ya sob. Jika sobat tinggal di area kampus atau sekolah menengah pasti laku ini.

Untuk memulainya siapakan satu set perangkat komputer beserta printer.
Jasa mengetik bisa di sandingkan dwngan berbagai macam bisnis lain yang masih sejalan. Contohnya:

  - Jasa cetak Undangan
  - Menjual ATK
  - Jasa fotocopy
  - Jasa cetak Kartu nama
  - dsb.

12. Peluang Bisnis Jualan Ikan hias


Masih ingat dulu sempat booming ikan hias louhan? Masuk akal nggak tu dulu harganya. Gila kan. Ya itulah peluangnya. Terkadang, harga dari ikan hias tu diluar logika.

Daya tarik ikan hias memang selalu ada untuk para penggemarnya. Bisnis jualan ikan hias juga bisa menjadi bisnis yang prospek.

Lakukan metode dibawah ini untuk bisa sukses dibidang jualan ikan hias.

  - Cari jenis ikan yang populer
  - Pahami seluk beluk perkembang biakannya
  - Gabung dengan forum pecinta ikan hias
  - Tentukan target Market
  - Lakukan promosi secara efektif
  - Jadikan hal ini sebagai hobi baru

Dibawah ini contoh jenis ikan hias yang populer di Indonesia dari yang murah hingga yang mahal.

  - Ikan Cupang
  - Ikan Guppy
  - Ikan lohan
  - Ikan mas Koki
  - Ikan Arwana
  - Ikan Koi
  - Ikan Oscar
  - Ikan Neon Tetra
  - Ikan Agnel

13. Peluang Usaha Menawarkan produk kuliner


Ide usaha sampingan bidang kuliner ini punya market yang luas. Apalagi sobat jago di bidang kuliner cocok banhet dengan peluang ini.

Jika sobat tinggal di daerah dengan mayoritas karyawan pasti cocok menjalankan bisnis satu ini. Yang bisa sobat lakukan dengan bisnis kuliner adalah:

  - Jual aneka macam kue
  - Terima pesanan Kue ulang tahun
  - Terima pesanan chatering.

14. Peluang Usaha Aneka Jenis Kerajinan Tangan


Kerajinan tangan sangat banyak peminatnya apalagi dengan model yang unik. Jika sobat punya bakat membuat aneka kerajinan tangan bisa tuh dijadikan bisnis.

Mulailah dengan menciptakan kerajinan yang unik dan lakukan promosi di sosial media secara konsisten. Pasti deh ada saja orang yang tertarik.

15. Peluang Usaha Budidaya Kroto


Budidaya kroto masuk dalam kategori peluang usaha dengan modal kecil. Pecinta burung kicau saat ini seabrek dibuktikan dengan banyaknya forum-forum pecinta burung kicau. Ada juga perlombaan kicau burung.

Tau nggak sih kalau kroto ini menjadi pakan favorit burung kicau. Nah, saat ini kebutuhan telur kroto makin meningkat sedangkan alam bebas mulai langka.
Mungkin dengan harga kroto saat ini yang bisa mencapai Rp 150.000. Bisa memotivasi sobat.

Cara berternak kroto memang berbeda-beda. Tetapi kita ambil salah satu contoh budidaya kroto dilakukan di rak dan toples. Hasil dari bobot panen pertoples bisa mencapai 1-2 ons dengan masa panen 15-20 hari.

16. Peluang Usaha sampingan Budidaya Ikan Air Tawar


Budidaya ikan air tawar sangat cocok di negara kita. Ikan air tawar terus mengalami peningkatan permintaan karena untuk kebutuhan lauk. Hal tersebut didasari pula dengan pertumbuhan penduduk yang semangkin meningkat.

Peluang usaha sampingan budidaya ikan air tawar ini meliputi ikan gurame, ikan lele, ikan gabus, ikan nila. Jenis ikan tersebut memiliki potensi pasar yang baik.

Memulainya cukup dengan sobat belajar cara budidayanya saja.

17. Peluang bisnis sampingan Budidaya jangkrik


Budidaya Jangkrik nasibnya sama seperti budidaya kroto sama-sama punya trend pasar yang sedang naik daun.

Sebelum memulai sobat pastikan dulu kemana sobat ingin menjualnya. Apakah di toko-toko pakan burung ataukah di pasar komunitas.

Setelah menemukan agen penampung bersiaplah untuk memulai budidaya jangkrik. Banyak tutorial di internet yang ngebahas soal budidaya jangkrik. Bisa tuh sobat belajar dari situ. Atau mau belajar langsung sama ahlinya. Nggak masalah, ini demi prospek cerah bisnis budidaya jangkrik.

18. Peluang usaha sampingan Jasa Cuci Motor dan Mobil


Sobat tertarik untuk menggeluti bisnis sampingan ini? . Kalau iya, sobat memulai dari yang modal ringan dulu yaitu cuci motor. Jika sobat punya modal lebih bisa langsung ke investasi peralatan cuci mobil.

Coba sobat lihat tuh para pekerja yang sibuk dan sudah cukup lelah untuk mencuci sendiri kuda besinya. Kesempatan ini bisa sobat manfaatkan untuk buka jasa cuci kendaraan.

Di negara kita kan ada tuh musim penghujan. Nah, biasanya rame tuh di musim penhujan.

Tapi untuk hari biasa tetap ada kok pelanggan, asal mau memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.
Berikan promo menarik untuk di awal buka.

19. Peluang usaha Jasa Fotocopy


Usaha fotocopy masih bisa diandalkan kok. Terutama jika sobat hidup dilingkup seperti kampus, sekolah, perkantoran dan pemerintahan.

Sebagai pelengkap bisnis fotocopy bisa tuh sobat nyediain jasa laminating, jilid, dan ATK.

20. Peluang Usaha Aneka Jenis Gorengan


Meskipun bisnis yang banyak orang bilang sepele ternyata banyak kisah sukses dari usaha ini. Bahkan dari bisnis gorengan bisa buka franchise.

Gorengan ini mampu memikat seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Dari mulai jongos sampai boss banyak nih yang suka jenis makanan ini. Hampir diseluruh tempat di negeri ini pasti ada penjual anela gorengan.

Gorengan apa saja yang bisa sobat sediakan berikut contohnya:

  - Salad goreng
  - Tempe goreng
  - Tahu goreng
  - Pisang goreng
 
Bisa juga sobat lakukan inovasi kreasi baru untuk jenis gorengan yang umum tersebut. Misal pisang goreng bisa di kasih keju jadilah pisang keju.

Kalau usaha ini maju pesat, bukan tidak mungkin sobat bisa buka franchise.

21. Peluang Menjual Aneka Jajanan Siap Saji


Makanan siap saji cocok dijajakan di daerah keramaian seperti kota, desa berkembang atau komplek pelajar.

Contoh makanan siap saji yang banyak peminat.

  - Bubur ayam
  - Pempek
  - Cireng
  - Sosis bakar
  - dll.

22. Peluang Usaha Membuat Produk Kerupuk Rumahan


Jangan remehkan usaha kerupuk rumahan. Kerupuk rumahan memang banyak dipasaran dengan macam dan rasa yang sama mesti beda merek. Terus gimana  sobat masuk di antara produk-produk yang audah jalan duluan.

Syarat utama dalam memulai usaha sampingan ini cukup dengan penguasaan strategi marketing yang tepat.

Rancang bisnis kerupuk ini dengan matang agar nantinya berkembang pesat.
Jenis kerupuk yang mempunyai pasar bagus:

  - kerupuk udang
  - Kerupuk jengkol
  - dan aneka bentuk kerupuk lainya.

23. Peluang Bisnis Menjual bermacam jenis jajanan anak


Bisnis jajanan anak memang legit tapi harus sobat ingat kesehatan harus terjamin. Anak-anak adalah generasi penerus jadi harus ekstra hati-hati untuk menyajikan jajanan untuk mereka.

Contoh jajanan anak sebagai acuan sobat:

  - Sosis bakar
  - Cilok
  - Telur dadar
  - dll.

24. Usaha sampingan Foto Editor


Meskipun kecanggihan smartphone bisa editing foto secara mudah tetapi tetap saja pencari editor foto masih ada. Meskipun tak seramai yang dulu.

Untuk bisa berjalan terus usahanya pastikan sobat kerjasama dengan fotografer untuk minta job ke dia bagian editing.
Belajar editing bisa dipelajari melalui internet. Banyak kok tutor yang bahas editing foto.

25. Peluang Bisnis Pembuatan kartu undangan pernikahan, kartu nama


Bisnis ini butuh skill di bidang software editing terutama photoshop dan coreldraw.

Jika kedua software tersebut sobat kuasai, sobat bisa mencoba open order deh. Cukup dengan laptop dan printer dah siap.

Cara promonya gimana?

Promo melalui sosial media sobat dulu. Selain itu sobat bisa juga melalui grup di whatsapp. Yang penting sobat siapkan portofolio berupa contoh hasil kalau nggak ya berupa gambar contoh hasil desain.

26. Peluang membuka usaha Percetakan seperti spanduk, sablon kaos.


Usaha percetakan nggak akan ada matinya sob. Selama ada produk yang bermunculan. 
Kebanyakan percetakan melayani perlengkapan promosi. Jadi selama orang masih menggunakan media cetak untuk promosi bisnis ini akan menjanjikan.

Atau saat musim pemilu biasanya akan ramai orderan sob. Pemilu kan kayak promosi gitu cuma bedanya yang di promosikan bukan barang tapi orang. 

Memang untuk percetakan membutihkan modal yang tak sedikit.

Akan tetapi jika sobat ambil sebagai usaha sampingan bisa sobat main lempar order. Jadi semacam perantara gitu. Ketika ada order dari klien, sobat datangi percetakan besar untuk mencetak orderan klien. Simple kan?

27. Peluang menjanjikan Interior Desainer atau house desainer


Kebutuhan properti yang meningkat pasti di barengi juga permintaan terhadap Interior desainer. Jadi kalau sobat punya keahlian di bidang desain interior rumah dan desain rumah bisa tu ambil kesempatan ini.

Persaingan bisnis ini sangat ketat. Tetapi jika hasil dari sobat mampu memuaskan pelanggan. Bisa jadi bisnis sobat akan dikenal banyak developer. kalau sudah gitu tinggal tunggu aja telpon orderan.

Untuk berlatih bisa sobat menggunakan software Google scetch up. Aplikasi tersebut sudah mumpuni untuk kelas pemula.

Untuk yang udah expert sobat bisa berlatih di Autocad.

Bagaimana cara promosikan usaha tersebut?

Lagi-lagi guankan sosial media sobat sebagai ajang promosi. Kok melulu sosial media sih. 

Ya karena kekuatan sosial media untuk promosi masih mendominasi.

Buat portofolio yang ciamik biar orang lihat langsung mengagumi hasil karya sobat.

28. Peluang usaha sampingan Souvenir Pernikahan


Setiap resepsi pernikahan untuk orang menengah keatas tak terlepas dari yang namanya souvenir. Tujuan para pengantin ini tidak lain untuk membuat moment yang indah dan berkesan untuk setiap tamu undangan. Sebagai ucapan terima kasih souvenirlah yang mereka gunakan.

Dari momen tersebut bisa di tarik kesimpulan jika usaha pembuatan souvenir masih mendapatkan kesempatan untuk sukses.

Untuk mendapatkan ide produk souvenir yang mau di bikin bukalah pinterest. Pinterest merupakan sosial media yang kreatif. Banyak orang-orang di pinterest itu yang kreatif.

Carilah ide souvenir dengan biaya produksi yang minim tapi punya harga jual yang lumayan. Dari situ sobat akan banyak dapat keuntungan. Dilain sisi ketika produk sobat bagus promosi berjalan akan mengkonversi ke keuntungan. Maksudnya tamu undangan yang datang dan menerima souvenir tersebut dan bilang"souvenirnya bagus beli dimana ini?" Nah order akan datang lagi dan begitulah setrusnya.

Caranya promosi bagaimana?

Manfaatkan internet dan sosial media. Sebar foto hasil karya sobat di media sosial. Bagaimana engagement para audiens sobat. Jika di sambut positif berarti produk tersebut yang sobat fokuskan.

29. Toko Aksesoris Gadget


Peluang usaha sampingan yang tak kalah menarik adalah toko aksesoris gadget. Carilah produk yang sedang populer dan pasarkan kembali dengan gaya marleting sobat.

Nggak perlu stok yang banyak. Tetapi stok yang lengkap.

1 macam barang stok aja 2 pcs, lengkapi toko sobat. Orang akan senang ketika banyak terdapat pilihan. Itulah kunci dari warung akseaoris gadget.

30. Usaha Sampingan Warung kelontong


Lokasi strategis warung kelontong itu di daerah yang berkembang. Di desa pun bisa asal desa tersebut masyarakatnya maju.

Buka usaha sampingan warung kelontong dengan sistem modern. Agar pelanggan nyaman.

31. Peluang Usaha Warung kopi Atau Warung aneka minuman


Peminat warung kopi sangat banyak. Mereka memanfaatkan warung kopi untuk beraktifitas dengan gadgetnya. Atau sekedar nongkrong dengan teman-temannya.

Apalagi kita berikan akses wifi gratis untuk pelanggan. Akan membuat para pelanggan betah dan merekomendasikan tempat sobat ke temannya.

Untuk usaha anela minuman yang masih mendominasi itu aneka jus buah.

Banyaknya peminat jus buah menjadikan peluang untuk membuka warung aneka jus buah yang sehat dan enak.

Manfaatkan saja halaman rumah untuk jualan. Terpenting tempatnya nyaman pasti laris.

32. Peluang usaha Warung bakso dan makanan khas Indonesia


Warung makanan khas Indonesia masih mendominasi di bidang bisnis kuliner.

Misal saja warung bakso, selain rasanya yang enak ternyata menjadi makanan favorit bagi banyak orang.

Buat bakso yang enak. Agar bisa mendapatkan pelanggan tetap.

Penting juga untuk menjaga kebersihan lokasi usaha biar konsumen baru tertarik dengan warung sobat.

33. Peluang usaha Warung sembako


Bahan pokok menjadi hal terpenting untuk memenuhi kebutuhan harian.

Warung sembako sampai di pelosok pasti ada aja. Jadi peluang usaha sampingan satu ini masih menjadi primadona.

Kalau mau bersaing dengan pemain lama yang sudah berdiri terlebih dulu. Cobalah sobat untuk mengambil barang dari distributor langsung. Jadi bisa lebih bersaing untuk masalah harga.

Ingat sasaran utama sobat kalau buka warung sembako itu emak-emak. Jadi selisih harga sedikit saja bisa jadi di perhitungkan sama mereka.

34. Peluang usaha sampingan Warung kue – kue khas daerah


Buka warung Kue khas daerah cocoknya jika sobat tinggal di daerah yang ramai penduduk. Biasanya warung kue khas di serbu oleh wisatawan atau mereka para perantau yang mau bawa oleh-oleh.

Sobat tak harus punya lahan atau toko untuk jualan. Sobat bisa memulai dengan jualan dirumah.

Yang terpenting branding sobat di internet itu yang penting.

35. Peluang bisnis online Penulis artikel


Saat ini menulis artikel menjadi trend di kalangan pebisnis online. Alasan tersebut tak lain adalah meningkatnya pertumbuhan bisnis online yang terus meningkat.

Siapa target pasarnya?

Sobat bisa menawarkan diri sebagai penulis di berbagai komunitas bisnis online.

Atau sobat juga bisa menjadi bagian dari media-media besar seperti

  - Media portal berita
  - Blog pribadi
  - Situs Jual beli untuk sales letter
  - Dll.

Pasang jasa di situs freelancer juga bisa sob.

Cara promosi gimana?

Kalau sobat pemula. Sobat bisa pakai cara ATM. Amati Tiru Modifikasi  cara promosi mereka. Dan bisa juga untuk penentuan tarif.

Pakailah sosial media untuk media promosi.

36. Peluang bisnis sampingan menjadi blogger


Menjadi blogger itu mudah tapi untuk menjadi blogger yang menghasilkan itu tak mudah. Proses didalamnya membutuhkan konsistensi yang tinggi agar bisa menghasilkan uang.

Untuk sobat yang hobi menulis , menjadikan blog sebagai usaha sampinganitu tepat. Namun perlu di ingat jika sobat ngeblog hanya untuk mencari uang saja itu akan membosankan dan putus asa di tengah jalan.

Syarat Sukses Ngeblog

  - Artikel berkualitas
  - Nama domain yang mudah di ingat
  - Hosting Cepat
  - Update artikel secara konsisten
  - Desain yang enak di pandang

Sebenarnya banyak aspek untuk bisa sukses ngeblog. Dan itu panjang sekali sobat bisa belajar ngeblog di sugeng.id atau di panduanim.com disitu dijelaskan secara mendetail dan mudah dipahami oleh sobat.

37. Jasa desainer online


Desainer online banyak sekali macamnya misal saja seorang web desain. Mereka bertugas membuat tampilan website lebih menarik. Jika sobat punya kemampuan akan hal ini. Sobat bisa nih ambil peluang usaha perancang situs web.

Sobat bisa juga membuat template blog dan template website. Untuk media jualan sobat bisa secara online. Bisa di situs penjual produk digital atau sobat bisa juga membuat landing page sendiri.

Sebagai usaha sampingan, sobat musti pintar-pintar atur waktu. Usaha yang satu ini juga butuh skill koding atau sobat sudah kerja ikut orang di bidang ini.

38. Peluang Usaha sampingan Software developer


Software developer merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan pembuatan game, software kasir atau software pendukung lainnya.

Apabila sobat jago koding. Cobalah pelajari cara membuat aplikasi android menggunakan android studio. Sekarang kan jamanya smarthphone android. Buat saja aplikasi android. Modal yang sobat keluarkan hanya daftar di google developer. Agar sobat bisa upload aplikasi sobat di google play.

Setelah semua aplikasi sobat terupload saatnya sobat daftar akun admob.

Admob adalah platform periklanan berbasis mobile yang dibawah naungan google adsense. Jadi dari situ sobat bisa memasang iklan di aplikasi sobat. Jadi bisa dapat penghasilan dari aplikasi yang sobat upload tadi.

Penghasilan akan semakin tinggi jika aplikasi yang sobat miliki di download banyak orang melalui hp android.

39. Usaha sampingan Affiliate Marketing


Bisnis yang satu ini terbilang minim modal. Sarana pemasaran nya bisa melalui blog dan sosial media.

Bisnis affiliate merupakan bisnis yang cocok buat para pemula yang belum punya produk sendiri.

Situs-situs yang nyediain layanan affiliate banyak banget misal di aliexpress atau bisa di amazon.

Dengan link affiliasi yang sobat dapat dari pemilik program affiliasi, sobat dah bisa memulai bisnis ini.

Affiliate marketing sama dengan blogger yang harus punya konsistensi tinggi agar bisa menghasilkan banyak uang.

40. Menjual produk informasi tutorial


Semua orang pasti punya permasalahan, nah ini peluang sob. Jadi sobat bisa ambil peluang ini untuk jualan produk informasi.
Produk informasi haruslah benar-bemar memberikan solusi yang baik agar bisnis sobat bisa tumbuh terus.

Berikan pada pelanggan yang sedang mencari informasi dengan kualitas yang baik dan yang pasti bisa memuaskan konsumen.

Apa saja produk informasi itu?

  - Ebook (buku digital)
  - Video tutorial

Jual diberbagai media bisa di marketplace, forum, sosial media dan masih banyak lagi.

41. Usaha sampingan Menjadi youtuber


Youtube memang media informasi dan hiburan berupa video. Dari situ sobat bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di youtube.

Buatlah konten yang berkualitas agar banyak penonton channel sobat.

Sobat bisa review produk disitu atau bisa juga melakukan promosi produk sobat. Jadi bisa double income.

Kreatifitas dalam menciptakan konten youtube menjadi tuntutan para konten kreatornya.

Jika sobat punya percaya diri lebih bisa tuh tampil di depan kamera untuk menjadi youtubers.

Kesimpulan :


Sebelum terjun dalam bidang tertentu dibutuhkan sebuah riset dan analisa terhadap internal maupun eksternal. 

Pilihan yang tepat adalah pilihan yang benar-benar Sobat kuasai atau mampu.
Jangan jadi kutu loncat, konsisten di satu bidang hingga benar-benar berhasil baru ke bidang lain yang bisa menghasilkan uang lagi.

Konsistensi merupakan kunci dari semua peluang bisnis sampingan diatas.

Temukan target market dulu sebelum sobat memulai agar sobat tak kelabakan saat mau melempar produk ke pasaran.

Semoga artikel ini menginspirasi sobat untuk membuat revolusi keuangan sobat. Jika ada saran atau kritikan silahkan sobat berkomentar di kolom dibawah. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2