10 Ide Usaha Sampingan Dan Hal Yang Perlu di Perhatikan

Fakta tentang karyawan biasanya banyak yang mempunyai pemikiran kalau penghasilan yang sobat terima saat ini masih belum cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Ada juga yang berfikir kalau gaji bulanan yang mereka terima belum bisa mencukupi untuk perencanaan keuangan jangka panjang. Namun juga nggak banyak lho karyawan yang berfikir untuk menjalankan usaha sampingan dengan berbagai alasan.

Ide usaha sampingan

Alasan yang biasanya menghalangi untuk memulai usaha sampingan yaitu waktu yang kurang. Kalau boleh dilihat secara fakta, sangat banyak karyawan yang memiliki waktu luang. Akan tetapi mereka enggan memanfaatkan waktu luang tersebut untuk hal yang produktif.

Jika sobat orang yang kreatif, sobat bisa melihat banyak peluang disekitar untuk dijadikan sebagai ide usaha sampingan. Ketika usaha sampingan mulai menghasilkan uang sudah otomatis akan menjadi tambahan untuk kebutuhan hidup sehari-hari atau bahkan bisa menjadi tabungan masa depan.

Dilain sisi ada juga orang yang merasa bahwa dirinya tidak punya keterampilan untuk mengawali usaha sampingan. Ada juga yang menyerah sebelum bertanding karena alasan kurang wawasan terhadap sesuatu hal tentang usaha sampingan. Jika sobat berada di posisi seperti itu. Tenang saja, sobat akan kami suguhkan tentang panduan memulai usaha sampingan.

Ide Usaha Sampingan


Ide-ide untuk sobat yang bisa dijadikan inspirasi usaha sampingan.

 1.  Laundry Pakaian sistem Kiloan


Jika belum menikah atau istri juga wanita karir saat sibuk bekerja dan aktivitas yang padat pasti tidak sempat mencuci pakaianya sendiri. Oleh sebab itu, usaha sampingan Laundry menjadi sebuah ide usaha.

Bisnis laundry sangat populer di daerah dekat kampus dan area perkantoran. Saking populernya jika sobat ambil bisnis ini sebagai usaha sampingan, sobat wajib pintar dalam hal marketing. Hal itu karena banyaknya persaingan yang sangat ketat.

 2. Desainer grafis


Sobat jago menggambar digital atau tertarik dengan yang namanya dunia desain dan ingin memulai usaha sampingan?

Ditengah kemajuan teknologi dan perekonomian negara kita, banyak yang menganggap kalau desain merupakan kebutuhan yang penting dalam menunjang kelancaran bisnis mereka. Ada yang memanfaatkan desain untuk bisnis mereka misal kafe, netprenuer, sampai dengan start-up.  Disinilah peluang sobat yang jago desain untuk terjun ke jasa pembuatan desain grafis.

Modal pokok adalah  sobat mampu menguasai software editing seperti Adobe Photoshop, corel draw dan lain sebagainya. Sobat bisa menawarkan keahlian tentang mendesain sobat keteman-teman yang lain.

 3.  Desain Website


Banyak pelaku bisnis saat ini menggunakan website sebagai sarana penunjang bisnisnya. Bisa di bilang usaha sampingan membuat desain web itu sebagai salah satu usaha menjanjikan. Akan menjanjikan ketika sobat mempunyai minat dan keahlian di bidang desain web.

Apa itu Desainer Web?

Desainer Web adalah pembuat rancangan website sehingga terlihat lebih ciamik dari segi visual. Selain itu juga desainer grafis mampu memberi pengalaman kepada pengguna atau bahkan juga sesuai dengan tujuan perusahaan pemilik website.

Pengetahuan dasar yang perlu dimiliki seorang desainer website adalah HTML dan CSS. Kalau ingin lebih terarah belajarnya sobat bisa kursus online seperti di UDEMY.

4. Penerjemah


Tempat yang cocok untuk mengawali usaha sampingan ini sobat bisa main ke situs translatorcafe.com. Akan menjadi nilai tambah dimata klien jika sobat mempunyai sertifikat ujian bahasa asing seperti TOEFL atau bisa juga IELTS.

Semakin banyak bahasa asing yang sobat kuasai maka, makin banyak juga peluang mendapat hasil tambahan yang diterima.

 5.  Kursus Mata Pelajaran Sekolah


Bimbingan belajar atau kursus pelajaran sekolah, saat ini banyak dibutuhkan oleh siswa dari tingkat SD, SMP, sampai SMA. Jika sobat mempunyai minat dan juga kemampuan mengajar bisa tuh ambil peluang ini sebagai usaha sampingan.

Kalau sobat karyawan jam kerjanya kan hampir sama seperti anak sekolah. Bisa tuh ambil waktu sore untuk menjalankanya.

Sobat bisa tawarkan ke tetangga-tetangga atau melalui akun media sosial sobat. Pastikan juga harga yang ditawarkan itu bersaing. Kursus ini bisa sobat lakukan secara kelompok atau bisa di rumah masing-masing murid. Kalau sudah banyak murid dan usaha sampingan ini semakin berkembang bisa sobat membuat ruang kelas yang lebih edukatif dan menarik.

 6.  Warung Kopi


Warung kopi bisa dibilang bentuk cafe yang sederhana. Peluang bisnis ini tak kalah menggiurkanya dengan cafe. Warung kopi banyak diminati banyak anak muda bahkan para pebisnis untuk tempat santai dan nongkrong bareng.

Modal yang tak terlalu besar menjadi pilihan menarik pastinya bagi sobat. Bisa sobat membuat halaman rumah yang kosong sebagai tempat jualan. Namun, jika sobat menginginkan tempat yang besar bisa menyewa tempat dan yang pasti butuh merogoh kocek lagi untuk modal.

 7.  Jasa Pembuat Konten


Profesi sebagai pembuat konten atau bahasa gaulnya content Creator merupakan peluang usaha sampingan yang juga menjanjikan di era digital saat ini. Tau kan kalau semua bisnis saat ini menggunakan media internet untuk mempromosikan bisnisnya. Dari situlah sobat ambil kesempatan peluang usaha sampingan dengan menjadi content creator.

Pekerjaan ini bisa dijalankan secara remote alias nggak perlu bertatap muka langsung di kantor. Dari segi fleksibilitasnya ini, maka cocok untuk kerjaan sampingan.

 8. Katering Makanan Sehat


Bidang kuliner juga turut menjadi imbas dari era digital. Yang mana bisnis ini naik daun lagi setelah banyak para pebisnis di bidang katering makanan sehat mempromosikan melalui media sosial.

Dengan masakan yang sehat dan inovasi yang baru, peluang usaha sampingan ini mampu menjamur lagi.

Tampilan kemasan yang eyes cathing dan simple biasanya membuat para pekerja kantoran akan jadi berlangganan. Kalau bisa sobat gratiskan itu ongkos kirim.

 9. Peluang usaha Wedding Planner


Peluang usaha wedding planner juga mulai ramai diminati para pebisnis. Wedding planner adalah jasa yang membantu proses pernikahan dari awal perencanaan hingga hari H.

Jasa yang di berikan pada klien adalah

  - Fitting baju pengantin
  - jadwal kirim undangan
  - pra acara pernikahan
  - susunan acara pernikahan

Peluang ini sangat banyak peminatnya karena banyaknya calon pengantin saat ini yang susah mengatur waktu untuk mempersiapkan pernikahanya.

10. Jasa Fotografi


Punya keahlian dibidang fotografi bisa di maksimalkan untuk dijadikan usaha sampingan. Bisnis fotografi saat ini bisa sejalan dengan peluang usaha lainnya seperti:

  - Jasa pembuat konten
  - jasa promosi
  - jasa foto pre wedding
  - dsb.

Peluang usaha dibidang fotografi ini bisa punya penghasilan yang lumayan lho.

Hal yang perlu diperhatikan jika memulai usaha sampingan


A. Akhir pekan manfaatkan untuk bisnis


Jika sobat mulai menjalankan usaha sampingan, sudah pasti menjalankan usaha sampingan nggak bisa 100% dikerjakan di hari kerja. Oleh sebab itu, akhir pekan bisa sobat manfaatkan sebagai pelaku usaha sampingan yang mengurusi segalanya tentang usaha sampingan sobat.

Tentukan secara matang untuk atur waktu sobat jika ingin berkomitmen terhadap perencanaan sobat.

B. Patuhi aturan di perusahaan tempat sobat kerja


Buatlah usaha sampingan yang nggak sama dengan perusahaan tempat sobat bekerja saat ini. Pahami juga peraturan perusahaan tentang karyawan yang mengerjakan pekerjaan lain. Semua untuk berjaga-jaga agar sobat tidak dipecat ketika usaha sobat belum tumbuh.

C. Siap fokus terhadap 2 hal sekaligus


Disini sobat harus siap dengan penentuan prioritas. Misal sobat menerima order dari klien melebihi waktu luang yang sobat miliki malah akan menghancurkan sobat nantinya. Kalau bisa berjalanlah beriringan karena status sobat juga masih karyawan.

D. Tentukan Ide bisnis


Hal yang penting sebelum menjalankan usaha sampingan adalah ide bisnis.

Jika sobat ingin sukses ambilah ide bisnis yang sobat cintai jangan yang sobat ingin i saja.

E. Mindset yang jelas


Meskipun masih taraf usaha sampingan, jangan sobat anggap remeh untuk memulainya. Pada awal sebuah bisnis yang sukses itu punya mindset yang terukur dan terarah.

Buat sebuah goals dan timeline untuk jangka waktu tertentu. Buat target-target yang kamu inginkan. Buat jadwal yang harus di taati.

F. Tentukan budget yang akan digunakan dalam memulai bisnis sampingan


Modal awal dalam memulai usaha sampingan itu perlu. Oleh sebab itu, rencanakanlah seberapa banyak yang mau di investasikan untuk usaha sampinganmu itu harus jelas.

Cermatlah dalam hitungan biaya memulai usaha sampingan ini. Pastikan gajimu mampu untuk biaya sehari-hari dan modal usaha sampingan.

G. Perluas Jaringan Bisnis


Hal yang tak kalah penting adalah tentang memperluas jaringan bisnis. Carilah waktu untuk mencari jaringan bisnis yang berhubungan dengan bisnis sobat.

Ikuti juga organisasi profesional agar bisa membangun jaringan juga disana.

Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2