7 peluang bisnis online yang mudah dan terbaru


Saat ini pertumbuhan ekonomi di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat. Hal itu di barengi dengan pengguna internet di Indonesia juga makin banyak inilah yang menjadi peluang bisnis online. Tak salah jika banyak para pebisnis melirik ke bisnis online untuk mengepakkan sayap mereka. 

Coba kita lihat banyak aktifitas jual beli dilakukan di situs ecommerce, bukti nyata kalau masyarakat di Indonesia itu mulai merambah ke jual beli secara online.
Bukan berarti bisnis konvensional itu hilang. Tetapi mereka lebih ingin mengembangkan bisnisnya melalui media online. Jenis bisnis online itu banyak banget.

Peluang bisnis online paling mudah

Tak hanya jual beli saja yang merambah ke bisnis online. Tetapi bisnis koran yang tadinya secara konvensional, saat ini juga turut meramaikan persaingan bisnis media masa online seperti Detik.com, Kompas.com dan masih banyak lagi situs-situs seperti itu.

Bisnis online memang dulunya di lakukan orang yang punya skill terhadap bidang IT. Tetapi itu dulu, saat ini berbeda siapa saja bisa melakukan bisnis online dengan mudah.

Ada juga bisnis kuliner saat ini banyak yang melakukan pemasaran atau sekedar melakukan branding secara online. Entah dari hasil mereka mengikuti seminar atau kah dari aksi nekat semua tidak harus tahu yang penting konversi dari aksi mereka itu sangat fantastis. Keberhasilan dan peluang menjadi terbula lebar kalau di barengi dengan niat tulus dan konsisten di bisnisnya.

Siapa sih yang cocok menjalankan bisnis online?


Kalau tanya siapa yang cocok bisnis online.
Semua bisa dan punya hak untuk berbisnis online.

Bawasanya bisnis online itu adalah bisnis yang bisa dilakukan kalau ada koneksi internet. Jadi kalau sobat punya akses internet ya berarti sobat bisa berbisnis online. Entah pakai HP atau pakai laptop bisa asal terkoneksi dengan internet perangkatnya.

Ingat sob, dunia online itu dunia tanpa batas.

Jadi bisnis online itu punya market yang luas. Tinggal kita mau targetkan mana pemasarannya mau lokal atau internasional. Enak to?

Bisnis internet tidak harus punya background pendidikan tinggi. Nggak harus juga punya skill yang mumpuni di bidang teknologi. Sobat gaptek pun bisa melakukan bisnis online.

Banyak kok emak-emak pada jago jualan di internet. Contoh saja untuk menemukan emak-emak yang jualan onine di facebook atau di instagram banyak tuh ibu rumah tangga yang jualan disana.

Ok, saat nya ke topik utama

Apa bisnis online yang terbaik untuk jangka panjang yang menguntungkan?
Jawabanya ada dibawah nanti akan saya list. List di bawah merupakan bisnis online yang bisa life time atau awet lah. Enaknya juga 7 bisnis online yang akan saya list bisa dilakukan dirumah dan hanya bermodal hp dan paket internet. Lebih baik sih kalau ada leptop lebih maksimal.

Di bawah ini beberapa peluang bisnis online terbaru tanpa modal besar dan mudah


1. Bisnis online dengan menjual produk orang lain


Bisnis satu ini merupakan bisnis online yang sedang ramai dijalankan oleh banyak pelaku internet marketer. Karena menurut saya bisnis ini salah satu bisnis dengan pencetak keuntungan yang lumayan. Bisnis ini dilakulan dengan cara simpel tanpa modal besar juga atau bisa dikatakan nyaris tanpa modal sob...ikuti tips ini kiat jualan pakai instagram.

Keuntungan reseller/dropshiper/affiliate(menjual produk orang lain) itu tak perlu pusing soal pengadaan barang dagangan yang dijual ditambah lagi sobat gak perlu pusing masalah pengepakan dan pengiriman. Hampir seluruh toko online atau pemilik produk saat ini menawarkan program reseller, dropship dan affiliate. Dengan banyaknya penyedia program ini diharapkan sobat juga mencari tau bagaimana riwayat toko tersebut bertransaksi. Pastikan sebelum memutuskan untuk bergabung dalam programnya, apakah toko tersebut dapat dipercaya.

Ciri-ciri toko online yang menawarkan program reseller dan dropship biasanya mau mengirim barang secara white label. Atau bisa dibilang atas nama pengirim itu atas nama toko sobat atau nama sobat. 

Jadi pelanggan yang sudah percaya sama kita tu nggak pergi alias nggak akan melakukan pembelian lagi di toko suplier kita.

Produk yang biasanya ada program reseller dan dropship itu merupakan produk berwujud atau berbentuk. Misal yang berbentuk itu pakaian, perabot rumah tangga, aksesoris rumah dan masih banyak lagi.

Nah kalau sobat memutuskan untuk menjual produk bukan fisik itu berarti sobat sebagai jadi affiliate. Yang dimaksud dari produk non fisik adalah produk digital seperti video, ebook atau memasarkan barang dengan modal link affiliasi. 

Pemasaran dengan menggunakan link affiliasi biasanya dikeluarkan oleh program affiliate marketplace.

Affiliasi merupakan bisnis online dengan sistem komisi peresentase dari hasil penjualan. Dimana kita melakukan promosi di berbagai media dengan menggunakan link khusus yang di berikan oleh pihak penyedia layanan.

Untuk memulai bisnis online menjualkan barang orang lain bisa sobat cari produk yang akan dijual di situs-situs dibawah ini:

● Ratakan.com penyedia produk digital juga affiliate
● Idaff.com penyedia produk digital/affiliate
● Tokopedia.com penyedia layanan dropship yang populer
● Bukalapak.com penyedia layanan dropship
● Dan masih banyak lagi.

2. Bisnis Online Membuat Artikel


Jasa Penulis online adalah jenis bisnis yang terbilang sangat ramai saat ini. Banyaknya website yang meluncur ke belantara online marketing membuat jasa penulis online ini sangat dibutuhkan.

Jadi skill menulis itu sangat diperhitungkan sob. Karena tulisan yang dibuat harus mampu mengarahkan pembaca ke arah yang di inginkanoleh pelaku bisnis online.

Seperti kata dalam quote paslon dagelan Nurhadi-Aldo yaitu "kalau orang lain bisa kenapa harus kita". Masuk akal juga kan, ketika kita bisa membuat website otomatis mengisi konten kan. Nah, kan juga butuh penulis dan itu orang lain yang bisa. Hire aja tuh penulis untuk konten kita. Toh hasilnya kalau mantap dan bisa ada konversi kan kita yang senang.

Konten dalam website rata-rata menggunakan bentuk teks. Namun ada juga segelintir yang berisi tentang gambar dan video.

Jika sobat punya skill menulis, dah langsung aja ambil peluang ini. Sobat asah lagi tuh skill biar jadi content writer yang handal dan banyak perusahaan besar yang merekrut Sobat.

3.  Peluang bisnis online videografer


Peluang bisnis satu ini juga tak kalah saing dengan writer. Lihat tu youtube sekarang dijadikan ajang promosi dengan konten video.

Pasangan dalam bisnis online videografer adalah logo maker atau pembuat logo.
Sobat jago dalam desain grafis dan juga video maker? Jajaki nih peluang bisnisnya. Selama kita mau mencoba pasti akan terbuka jalan kesuksesan.

Sobat bisa susun portofolionya sebagai bukti nyata kemampuan sobat. Jadi kalau ada klien baru mau lihat hasil karya, tunjukan dengan portofolio yang sudah sobat bikin.

Jika mulai sekarang mau ke tahap serius bisnis online pembuat konten video dan logo sasaran sobat adalah internet marketer. Pasalnya seorang internet marketing tu nggak semua dikerjakan sendiri. Hal ini karena keterbatasan waktu atau bahkan kurang skill dalam pembuatan video marketing.

Sampai tahap ini sobat bingung nyari klien? Mudah kok kunjungi saja situs project.co.id atau sribulancer.com . Pasang jasa sobat disana. Atau bisa juga membuat landingpage yang berisi konten promosi sobat.

4. Bisnis Online Penjual Jasa Pembuatan Website/ Blog


Bisnis jasa  pembuatan blog cocok untuk sobat yang punya skill dalam membangun website dan blog. Nggak harus sobat punya skill Dewa. Kemampuan nggak perlu yang hebat banget dalam menyusun kode programing. 

Ada banyak cara mudah yang bisa sobat lakukan dalam pembuatan website dan juga blog yang bagus.

Pada tahap awal mungkin sobat kurang PD menjalankan bisnis ini. Namun semua itu harus di coba dan ketika sobat terbiasa membuat sebuah website yang bagus. Dengan sobat terbiasa membuat website bagus maka calon klien pasti tak perlu berpikir panjang untuk menggunakan jasa sobat.

Perlu sobat persiapkan adalah rekan bisnis penyedia layanan hosting dan domain yang berkualitas. Karena bisnis ini melibatkan alat utama yaitu hosting dan domain. 

Kenapa perlu penyedia hosting dan domain yang berkualitas. Karena kalau sobat salah pilih rekanan penyedia layanan hosting dan domain udah pasti klien akan kabur. 

Soalnya akses cepat merupakan idaman setiap internet marketing. Loading website dan mudahnya memanage website itulah yang diharapkan klien. Sebenarnya nggak cuma itu sih faktornya. Lagi pula nggak perlu dibahas terlalu panjang lebar soal kualitas hosting . Sobat pastinya dah ngerti lah.

Rekomendasi untuk sewa domai di Indonesia adalah Rumahweb kalau untuk hosting di niagahoster.

5. Berbisnis Online Menjadi Seorang Makelar Online


Makelar saat ini udah go online sob. Tetapi juga ada pemain baru yang belum pernah menjadi makelar offline udah punya nama di makelar online.

Bisnis makelar online udah banyak banget dilakukan oleh pebisnis online.

Makelar adalah perantara yang mempertemukan penjual ke calon pembeli. Menjadi seorang makelar ini terbilang susah-susah gampang. Lha wong Sobat harus pinter ngomong dan mampu meyakinkan calon pembeli.

Seorang makelar online juga harus punya jaringan dan kenalan yang cukup luas untuk melancarkan bisnisnya.

Sobat harus bisa dipercaya oleh kedua belah pihak yaitu penjual dan calon pembeli.

Bisnis ini kalau dilakukan bisa semua disikat, biasanya pemain bisnis online makelar digunakan oleh penjual website, penjual property dan masih banyak lagi.

Yang perlu sobat perhatikan juga adalah soal menentukan harga, sobat jangan ambil untung terlalu besar dan juga jangan terlalu kecil karena hal ini bisa jadi acuan rasa percaya dari klien sobat.

Sobat bisa cari peoduk yang akan dijual kembali di aitus Ciptaloka.com, rumah123.com, mobil123.com dan carmudi.com

6. Bisnis Online Menjadi Seorang Blogger Profesional


Hampir seluruh umat penghuni jagat online pasti ngerjakan bisnis ini. Banyak sekali blogger-bloger sukses yang punya penghasilan yang tak sedikit. Banyak kisah sukses di alam per bloggeran.

Untuk menjadi seorang blogger itu nggak terlalu sulit tetapi butuh konsisten, sabar dan produktif. Soal teknis dalam perbloggeran dimanjakan dengan canggihnya alat-alat pendukungnya.

Para blogger kebanyakan mencari duitnya dari program PPC (pay per click) Google Adsense, bisa juga dari periklanan lain seperti mgid, bisa dari review produk dan masih banyak lagi deh pokoknya.

Menurut saya pribadi menjadi blogger profesional itu nggak akan terlalu menyita waktu. Dan malah bisa dari blogger bisa merambah ke bisnis online lainya. Karena pada dasarnya seorang imers sukses itu pasti udah pernah menjadi seorang blogger.

Untuk pemula di dunia imers (internet marketer) blogger merupakan pintu masuk ke dunia internet marketing.

Jika sobat ingin masuk ke alam nya para blogger dan masih awam, sobat bisa belajar di sugeng.id atau di panduanim.com
Sobat sendiri ini baca blog saya. Ya inilah blog sob. Kurang keren atau kurang bagus harap maklum sob, masih belajar juga soalnya. Hehehe

Omjangkung.com blog pertama saya yang dulunya awal bikin blog males banget bikin artikel. Sekarang rajin lagi update konten.hehehe

7. Bisnis Offline yang Go Online


Bisnis online satu ini terbilang untuk orang-orang yang udah berlalu lalang di dunia bisnis offline. Hanya saja mereka ingin mengembangkan ke pasar online dengan tujuan mengembangkan merek dan bahkan meningkatkan keuntungan nya.

Jika sobat punya usaha offline mulailah bangun reputasi dan melakukan branding ke ranah online.

Sobat kalau ingin masuk ke bisnis online nggak perlu penyesuaian yang sangat kontras. Yang dibutuhkan untuk meng-onlinekan bisnis sobat itu cuma website dan juga beberapa akun media sosial.

Modal dari pembuatan website dan beberapa akun media sosial itu nggak terlalu besar. Media pendukung online ini kalau sobat belum bisa ngurus dan bikin ya rekrut aja penjual jasa pembuat website dan admin sosial media. Mudah kan sob tunggu apalagi online kan bisnisnya sekarang.

Beberapa contoh bisnis offline yang di online kan.

● Berjualan mainan via sosial media
● Berjualan camilan via facebook dan website
● Berjualan bibit tanaman via website dan masih banyak lagi sob.

Ok sob itulah 7 peluang bisnis online yang mudah dan terbaru. Masih banyak lagi sebenarnya sob peluang bisnis online yang bisa dilakukan dirumah.

Asal ada jaringan internet dan perangkat kita terkoneksi internet itu dah bisa mulai bisnis online yang mudah.

Promosi menggunakan blog, sosial media, media iklan , email marketing dll. 

Keefektifan kita dalam melakukan pemasaran menjadi yang terpenting untuk melakukan bisnis online. Konsisten adalah bumbu nya. Disiplin adalah lauknya.hehehe

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2