5 Tips Menjalankan Usaha Sampingan Bagi Karyawan Perusahaan

Semakin lama biaya hidup makin mahal. Kebutuhan hidup juga semakin meningkat. Hal demikian yang kasang membuat sobat jadi susah untuk mengatur keuangan.

Dengan terus bertambahnya pengeluaran maka otomatis sobat berpikir untuk meningkatkan pendapatan. Dalam kasus saat ini banyak orang yang berusaha untuk mencari uang tambahan selain dari kerjaan utamanya. Hal ini bertujuan tak lain untuk tercukupinya kebutuhan bulanan.

Untuk karyawan yang saat ini masih bekerja di sebuah perusahaan, tentunya akan menjadi dilema jika harus berhenti hanya untuk melamar pekerjaan lain yang gajinya lebih besar. Ataupun sobat resign untuk memulai bisnis sendiri, tentunya bukan sebuah perkara yang mudah untuk di jalankan.

Tips Menjalankan Usaha Sampingan

Solusinya sih sobat bisa memulai usaha sampingan tanpa harus resign dari tempat kerja saat ini.

Perlu sobat garis bawahi, menjalankan sebuah usaha sampingan tentunya ada tantangan tersendiri didalamnya. Ok, untuk membantu sobat menghadapi tantangan saat merintis usaha sampingan alangkah baiknya sobat simak 5 tips dibawah supaya bisnis sampingan sobat bisa berjalan dengan lancar dan pastinya bisa sukses.

5 tips Sukses memulai usaha sampingan untuk karyawan perusahaan


 1.  Fokus Satu Bisnis


Saking semangatnya untuk memulai usaha sampingan, biasanya orang akan menjalankan beberapa usaha secara bersamaan. Jika sobat berpikir itu akan berhasil, mending lupakan kata sukses.

usaha sampingan

Ok, memang diluar sana ada banyak orang dengan menjalankan multi bisnis. Eits, lihat dulu track record nya. Mereka tetap fokus satu bidang usaha untuk merintisnya dulu. Setelah satu sukses mereka akan mengembangkan bisnis lain. Lagian kapasitas sobat saat ini sebagai karyawan paruh waktu, yang masih punya tanggung jawab terhadap perusahaan. Kalau ini terjadi pasti ada salah satu kinerja yang kurang maksimal.

Sebaiknya sobat memulai usaha sampingan dengan fokus satu bidang usaha yang sobat paling kuasai. Pilih salah satu dari sekian ide bisnis yang sobat miliki. Kerjakan dengan kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas.

2. Buat Rencana Bisnis


Udah selesai dalam menentukan bisnis apa yang akan di jalankan. Saat nya sobat buat rancangan bisnis.

usaha sampingan

Meskipun ini hanya usaha sampingan sobat wajib bikin rencana bisnis. Bisnis sampingan yang memiliki bisnis plan yang jelas, akan mempermudah sobat nantinya tentang apa yang perlu dipersiapkan, apa yang perlu dilakukan saat bisnis mau jalan.

Bisnis plan memiliki banyak hal diantaranya adalah:

  - Menentukan tujuan bisnis
  - Menentukan target pasar
  - Riset kondisi Pasar
  - pengumpulan modal usaha
  - Persiapan produk
  - Susun strategi pemasaran dan promosi
  - Dll.

Acuan diatas harus terselesaikan dengan tuntas agar usaha yang akan sobat jalani menjadi punya arah yang jelas.

 3. Manfaatkan jaringan Internet


Dampak positif dari adanya kemajuan teknologi internet membuat bisnis menjangkau banyak konsumen.

usaha sampingan

Jika sobat ternyata mengambil bisnis sampingan dibidang jualan online kuasai internet marketing dan masuklah lebih dalam di hutan internet marketing.  Pelajari ilmu-ilmu atau strategi jitu dalam internet marketing.

Jika ternyata sobat membuka usaha sampingan berbasis offline. Tetap sobat harus terkonelsi juga dengan yang namanya teknologi. Nggak perlu serumit bisnis yang berbasis online. Cukup dengan sobat membuat akun media sosial di berbagai platform untuk kepentingan promosi itu sudah cukup.

 4. Tambah jaringan Pertemanan


Terapkan metode kuno dalam berbisnis. Yaitu perluas jaringan pertemanan. Teori ini sudah sejak dulu dipakai.

usaha sampingan

Jika sobat memiliki sikap yang kurang bergaul atau terlalu sibuk memikirkan kerja. Lebih baik ubah pola hidup sobat.

Sobat akan butuh banyak networking untuk mengembangkan bisnis sobat. Bisnis yang jaringan kurang luas pasti akan sangat sulit untuk berkembang. Karena kesulitan akan terasa saat melakukan promosi usaha sobat.

Sudah menjadi tradisi bisnis sejak lama kalau konsumen pertama kita pasti orang terdekat kita juga. Tidak hanya untuk masalah promosi, networking yang luas akan memacu semangat sobat dalam menjalankan bisnis.

Perluas juga jaringan pada sesama pelaku bisnis agar bisa bertukar pikiran. Atau bahkan sobat akan menerima inspirasi baru yang bisa diterapkan di usaha sobat demi kemajuan yang baik.

 5. Jangan pernah menunda pekerjaan utama


Bisnis sampingan yang baru dirintis biasanya akan menyita banyak waktu dan tenaga. Tetapi itulah resiko kenyataan yang haris sobat jalani. Meskipun usaha sampingan akan menyita waktu tetap hafus ingat sobat juga punya tanggung jawab kerjaan utama sebagai karyawan perusahaan.
usaha sampingan

Jangan sampai berat sebelah, atur waktu agar bisa berjalan beriringan tanpa melemahkan salah satu kinerja sobat.

Misalnya, saat jam kerja sobat fokus mengerjakan tugas sebagai karyawan perusahaan. Sobat jangan pernah menunda pekerjaan karyawan. Supaya sobat punya sisa waktu untuk mengurus usaha sampingan.

Di perusahaan tempat sobat bekerja juga harus menunjukan sikap profesionalisme sebagai karyawan. Supaya tak ada beban saat menjalankan bisnis sampingan yang sobat bangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2