10 Rahasia Tips Hemat saat Liburan Bersama Keluarga


Liburan bersama keluarga sering kali dilakukan disaat momen musim liburan sekolah. Sobat inging hemat saat liburan? 

Yuk simak tips hemat saat liburan bersama keluarga.

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas rahasia menghemat pengeluaran disaat liburan bersama keluarga. Mudah kok !

Tips yang akan kita bahas akan membuat sobat tetap menikmati masa liburan. Tips ini juga sobat nggak dipusingkan dengan pengeluaran sehabis liburan.

10 Tips Hemat Saat Liburan


Liburan nggak melulu soal menghabiskan uang banyak. Sobat bisa berlibur bersama keluarga dengan anggaran yang nggak mahal dengan mengikuti tips ini.

Dengan pilihan yang terencana dan pintar dalam prioritas yang tepat sobat akan mendapatkan keuntungan hemat uang tapi hati senang.


Berikut ini 10 tips hemat saat liburan:

1.  Beli Tiket jauh-jauh hari


Tiket penerbangan biasanya kalau pemesanan jauh-jauh hari akan mendapatkan harga yang lebih miring. Apalagi sekarang banyak penjual tiket online sering melakukan promo-promo menarik.

2.  Pilih penginapan yang dekat dengan tempat wisata


Transportasi biasanya yang banyak memakan anggaran saat liburan.

Jadi, cari tempat nginap yang paling dekat dengan tempat wisata yang sobat inginkan. Kalau dekat kan enak bisa jalan kakike tempat rekreasinya.

Biasanya penginapan kalau dekat dengantempat wisata memberikan fasilitas gratis sepeda ontel. Manfaatkan saja fasilitas itu sob.

3. Pilih Penginapan Dengan Fasilitas Lengkap


Fasilitas lengkap dalam artian fasilitas dapur didalam kamar akan menghemat pengeluaran juga lho sob. Sobat kanliburan bersama keluarga, jadi adanya fasilitas dapur akan lebih menghemat soal makan sob.

Dengan adanya fasilitas dapur sobat bisa tuh masak sendiri misal sarapan dan makan malam.

Tapi kalau sobat keperluan liburannya untuk wisata kuliner ya lompati aja tips ini.

4.  Pakailah Akses Internet Gratis


Jika sobat berkunjung ke negara lain pasti membutuhkan akses internet.

Pakai saja faailitas internet gratis yang ada di cafe atau mall. Dari pada sobat harus beli paket data internet hanya untuk cari info di sekitar tempat rekreasi sobat.

5.  Berbelanja Di Pasar


Pasar setempat mungkin akan menawarkan harga yang lebih miring ketimbang di toko swalayan. Untuk yang wisata kuliner di pasar sekitar pasti ada saja yang ngejual makanan khas daerah tersebut dengan harga lebih murah dari restoran setempat.

6.  Keluarkan Jurus Emak-emak nawar harga


Biasanya tuh para penjual di daerah rekreasi tau tuh kalo sobat itu wisatawan, pasti harga-harga semacam souvenir diberikan harga lebih tinggi.

Ketika membeli sebuah barang sobat wajib nawar. Tapi ingat harus soapan. Nawarnya jangan sadis-sadis sob.

7.  Bawa Cemilan dan Air Minum


Meskipun menghemat nominal kecil, membawa cemilan dan air minum sendiri akan turut mensukseskan hemat anggaran lho sob.

8.  Pilih tempat makan yang sederhana


Di daerah wisata mungkin ada makanan khas yang biasa di buru wisatawan. Nah, harganya pasti mahal tuh kalau yang ada di restoran di daerah sekitar tempat rekreasi.

Makanya pilih tempat yang sederhana dengan menyediakan makanan khas yang sama dengan restoran sekitar. Pasti ada aja tuh pelaku usaha kecil yang sama-sama nyediakan menu khas daerah tersebut.

9.  Jangan Bawa Kartu Kredit maupun Debit


Jika sobat tipikal orang yang konsumtif, jangan deh bawa kartu debit dan kredit saat jalan-jalan. Titipkan saja pada hotel. Ada kok fasilitas hotel yang buat nyimpan barang-barang berharga.

10. Susun Perencanaan Anggaran Sebelum Berangkat


Sebelum berangkat ada baiknya sobat persiapkan susunan anggaran dari pengeluaran wajib dan pengeluaran yang nggak terduga.

Sobat juga harus paham mengenai pengeluaran yang mesti di hemat dan yang harus sobat belanjakan.

Jangan terlalu hemat saat liburan tetapi juga jangan terlalu boros. Jangan gara-gara terlalu hemat malah sobat nggak menikmati saat-saat liburan.

# Penutup


Dengan mengikuti tips hemat saat liburan diatas sobat akan lebih menikmati liburan tanpa takut pengeluaran yang bengkak. Semoga bermanfaat.


0 Response to "10 Rahasia Tips Hemat saat Liburan Bersama Keluarga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2