8 Ide Bisnis Yang Bisa Dilakukan di Kampung

8 Ide Bisnis Yang Bisa Dilakukan di Kampung

Meski saat ini banyak yang merantau, kampung halaman masih bisa buat sobat makmur dengan bisnis kecil-kecilan lho. Sekarang kan jaman serba canggih, teknologi informasi juga sudah berkembang, sobat juga sudah bisa lancar mengakses internet meskipun di kampung.

Usaha Yang Bisa Dilakukan Di Kampung

Coba deh sobat perhatikan, gak sedikit lho kisah sukses yang menceritakan soal keberhasilan seseorang saat membuka usaha di kampung.

Jadi, buat sobat yang bercita-cita bangun usaha di kampung halaman tercinta, bisa nih melirik 8 ide bisnis ini. Yuk simak, cari tahu apaaja sih bisnisnya.

 1.  Jualan sayur mayur


Jualan sayur di kampung saat ini masih prospek, karena sayur menjadi kebutuhan pokok. Sobat tinggal belanja sayur di pasar subuh terdekat, dan sobat jual lagi hasil belanjaan tadi ke warga kampung.

Kalau sobat punya sepeda motor lebih enak lagi. Modal yang tentunya nggak sampai satu juta kalau sobat belanjanya masih sedikit. Tinggal sobat keliling kampung aja.

Tapi perlu sobat ingat, kalau emang kampung sobat akses kepasarnya jauh, mungkin sobat bisa dapat peluang dengan jualan sayur. Tapi kalau akses ke pasarnya deket banget, ya sobat pikir-pikir lagi deh. Warga setempat juga pasti lebih milih belanja sayur langsung ke pasar.

 2. Budidaya Tanaman Hias


Sobat hobi dengan yang namanya tanaman hias? Kenapa nggak sobat jadikan saja usaha di kampung. Sangat menyenangkan jika usaha yang sobat tekuni itu adalah hobi sobat. Namun jika sobat tertarik menggeluti usaha budidaya tanaman hias, yang perlu sobat siapkan hanya pengetahuan tentang budidaya tanaman hias itu sendiri.

Manfaatkan kemudahan akses internet untuk menggali ilmu soal budidaya tanaman hias atau bisa sobat belajar langsung daro pelaku bisnis ini yang udah lama berkecimpung di tanaman hias.

Lahan di kampung itu pasti banyak space yang kosong. Manfaatkan area pekarangan rumah sobat.

Melakukan promosi melalui media sosial sobat bisa jadi cara efektif dan efisien untuk memasarkan tanaman hias yang sobat miliki.

 3. Warung Makanan


Warung makan pasti banyak dipilih orang untuk usaha kecil-kecilan. Ya yang pasti alasan dari buka usaha warung makan karena semua orang butuh makan. Hehe

Ada kalanya orang males masak di rumah. Kalaupun masak bisa aja mereka beli nasi aja di warungmu. Atau cuma beli lauk tertentu yang jadi andalan warung sobat.

Modal untuk bikin warung makan kecil dikampung nggak begitu mahal. Pakai saja rumah sobat sendiri untuk membuka warung.

Untuk perkiraan modal mungkin sobat dah mulai paham berapa aja harga alat masak dan peralatan pendukung lainnya.

Kalau berdasarkan estimasi Saya:

● Peralatan masak = 1jt
● Peralatan makan = 500 ribu
● Meja dan kursi plastik = 1 juta
● Bahan baku masak = 500 ribu
● lain-lain = 500 ribu

Total perkiraan modal yang sobat sediakan untuk membuka warung makan kecil-kecilan adalah 3 juta 500 ribu.

 4.  Budidaya ikan lele


Perlu sobat ketahui usaha di bidang perikanan tu kek nggak ada matinya. Di tambah nih ya konsumsi ikan di masyarakat semakin tinggi pula.

Budidaya ikan lele bisa dilakukan dipekarangan rumah. Dengan menggunakan terpal sobat bisa membuat kolamnya.

Rincian modal yang bisa sobat jadikan referensi:

Modal keseluruhan 4 juta.

Misal sobat membeli benih 2000 ekor × harga terendah bibit lele sangkuriang Rp 200 jadi modal membeli benih adalah Rp 400.000.

Sisa modal sobat pakai untuk beli Terpal, paku , jaring penutup dan pakan.

Pelajari tentang budidaya lele di youtube atau melalui blog yang secara khusus membahas usaha kecil-kecilan budidaya lele.

 5.  Pangkas Rambut


Ide bisnis kecil-kecilan yang jarang terpikirkan. Sobat bisa ambil peluang usaha ini jika di kampung sobat belum ada satupun yang jalani usaha ini.

Jalankan usaha ini dalam artian sobat dah punya skill memotong rambut ya. Kalau masih belajaran jangan dulu deh. Beresiko, rambut orang soalnya. Belajar memotongkan rambut tetangga secara gratis dulu. Jika orang puas dengan hasil karya sobat bisa deh coba usaha ini.

Rincian modal awal:

  - Alat cukur elektrik Rp 350 ribu
  - Sisir rambut Rp 10 ribu
  - Gunting potong rambut Rp 100 ribu
  - Gunting sasak rambut Rp 150 ribu
  - Pisau cukur Rp 50 ribu
  - Kerok jenggot Rp 30 ribu
  - Handuk kecil 1 lusin Rp 150 ribu
  - Penutup badan Rp 30 ribu
  - Botol spray barbershop Rp 30 ribu
  - Kursi potong rambut Rp 1 juta
  - Cermin Besar Rp 500 ribu

Total modal awal adalah Rp 2,4 juta

 6.  Toko Sembako


Toko sembako memang dari dulu menjadi tempat andalan belanja bagi warga desa.

Nggak usah yang gede dulu bukanya, yang penting lengkap aja dulu kalau untuk usaha kecil-kecilan. Meski kecil tapi usahakan tampilan di buat nyaman dan moderen biar pembeli nyaman. Kebersihan juga harus di perhatikan.

Modal awal yang perlu sobat siapkan untuk membuka usaha warung sembako kecil-kecilan bisa di kisaran 8 juta.

  - etalase toko ukuran sedang Rp 1 juta
  - Perlengkapan manajemen misal seperti kalkulator , timbangan dan sebagainya Rp 1 juta
  - pembelanjaan terhadap barang dagangan secara lengkap  Rp 6 juta

 7.  Mini Pom Bensin


POM bensin mini bisa jadi peluang jika akses ke Pom bensin jauh. Usaha ini bisa melalui franchise.

Pom bensin mini lebih aman ketimbang jualan bensin secara konvensional pake botol. Mini pom bensin punya tabung anti pecah di dalam booth nya. Jadi, nggak takut tumpah atau pecah.

Kalau tertarik bisa sobat gabung sama franchisenya galaxy pertamini. Paket termurahnya 9 juta.

 8. Ternak Ayam Kampung


Kalau yang ini sudah bukan hal baru lagi nih buat sobat yang tinggal di kampung. Pasalnya sebagian besar warga desa pasti punya nih yang namanya ayam kampung.

Kalau sobat masih terlalu berat buat ternak sapi apa kambing. Nih alternatif yang bisa di buat usaha. Jangan sepelekan usaha ayam kampung. Kalau di lakoni serius pasti jadi usaha yang menjanjikan. Rasa daging dari ayam kampung itu khas dan ini yang di cari-cari orang.

Nggak cuma telurnya aja yang di buru. Tetapi dagingnya juga.

Modal awal ternak ayam kampung:

  - Kandang : Rp 2 juta
  - Peralatan ternak: Rp 2 juta
  - Anak ayam (jangan mami ayam ya) Rp 10 ribu × 50 ekor = Rp 500 ribu
  - Pakan ayam Rp 3 juta
  - Obat dan Vitamin lainya Rp 2 juta

Total modal Rp 9,5 juta

Itulah 8 ide bisnis kecil-kecilan yang bisa dilakukan kampung. Ingat sob, dari bisnis kecil-kecilan bisa jadi bisnis raksasa. Jangan sepelekan ini.

Mau dari kampung atau dari kota jika masih saja malas pasti nggak bisa sukses. Kecuali orang bejo. Ngarep jadi orang bejo? Mau sampe kapan?.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2