Kiat jualan Online Pakai Instagram

Sobat seorang dropshiper? Atau penjual online produk sendiri? Nah, sobat punya pemikiran untuk jualan online di Intagram? Sebelum memulai jualan di Instagram ada baiknya sobat ikuti kiat jualan online pakai instagram di artikel ini. Dengan sobat menerapkan kiat-kiat jualan pakai instagram ini mudah-mudahan jualan sobat makin laris manis.

Pemula atau sudah lama jualan online, untuk promosi di instagram perlu menerapkan kiat-kiat promosi khusus. Promosi di Instagram berbeda dengan media sosial lainnya. Penasaran? Baca terus sampai akhir sob!

Kiat jualan Online Pakai Instagram

 1.  Buat akun khusus jualan dengan logo Brand 


Jangan gabungkan akun pribadi dengan akun jualan kalau di Instagram. Hal ini selain untuk keperluan branding, juga untuk menjaga reputasi sobat di hadapan para pelanggan. Membangun branding yang kuat merupakan salah satu rahasia dalam jualan online. Pada dasarnya jualan online sama seperti jualan di lapak atau ruko dalam offline.

Kalau jualan offline kan orang pertama kali menghafalkan tempat jualan sobat. Nah kalau di online orang perlu mengingat brand kita. Dalam jagat internet semakin brand kita atau nama toko kita diingat banyak pelanggan sudah pasti penjualan juga akan mengalami peningkatan. Dari sini sudah paham kan kenapa kalau membangun branding di Instagram nggak boleh pakai akun pribadi.

 2. Lengkapi Biodata di profil akun Instagram sobat


Kiat penting kedua adalah melengkapi seluruh informasi yang ada di profil sesuai dengan bisnis sobat. Ini merupakan kiat supaya toko online sobat tidak terkesan abal-abal. Deskripsikan mengenai toko sobat sejelas mungkin. Jika sobat punya website toko online bisa sobat cantumkan tautan link toko sobat. Kalau sobat nggak punya bisa di arahkan ke link toko sobat yang ada di marketplace misal Tokopedia atau shoppe.

 3.  Follow akun milik orang lain yang sama-sama jualan produk sejenis.


Pasti sobat berpikir dengan banyak follower pasti banyak yang closing. Ya wajar lah punya pemikiran seperti itu. Memang ada benarnya jika follower banyak akan bisa meningkatkan penjualan sobat.

Jika sobat velum mampu untuk menggunakan Instagram Ads. Sobat bisa memakai cara mem-follow akun Instagram yang sama-sama menjual produk sejenis. Pastikan juga akun yang sobat follow punya jumlah follower yang banyak.

Kenapa mesti akun dengan jualan produk yang sama? Karena follower akun yang kita follow itu biasanya target pasar yang sama dengan toko sobat. Dari sini kita juga bisa mendapatkan target pasar yang sobat harapkan.

 4. Jangan pernah Gembok akun


Dengan sobat mengunci akun malah akan kadi bumerang. Orang yang akan memfollow kita pasti nggak tau promo-promo menarik. Yang bisa melihat hanya yang sudah jadi follower sobat.

Menurut pengalaman, saat ini orang malas dengan akun yang di gembok. Pemikiran mereka, akun jualan kok di gembok. Jualan apa mau nipu.

 5.  Upload foto produk dengan kualitas bagus


Jualan online sudah pasti identik dengan jual foto. Hal ini hukum wajib kalau berjualan melalui media sosial. Apalagi Instagram merupakan media sosial berbasis foto.

Pelanggan akan mempertimbangkan untuk membeli atau tidak dengan melihat foto terlebih dulu. Foto produk berkualitas yang real pict akan menggoda mata calon pembeli pastinya. Jika sobat pelaku dropshipper, carilah suplier yang menyediakan kualitas foto yang bagus.

 6.  Hastag


Perlu sobat ketahui kekuatan hastag dalam bisnis online sangat manjur. Para pembeli online saat ini sangat pintar dalam masalah searching di media sosial instagram. Mereka selalu mencari dengan hastag. Nah, manfaatkan kepopuleran hastag untuk membangun branding dan meningkatkan penjualan.

Caranya bisa sobat praktekkan dengan sobat cari hastag dengan banyak pemakai. Misal sobat jualan baju wanita. Carilah hastag yang ada hubungan nya dengan baju wanita. Terapkan di dalam postingan sobat. Biasanya di bawah postingan deskripsi.

 7.  Tanggapi Komentar follower dengan Baik


Sebuah komentar dalam akun jualan sobat itu sama halnya orang tanya di toko offline. Disini sobat perlu sabar dan baik dalam menanggapinya.

Memberi tanggapan yang baik merupakan suatu kehormatan bagi pelanggan. Jadilah penjual yang menyenangkan. Toko sobat pasti akan dapat nilai lebih dalam hal pelayanan.

 8.  Kasih promo atau diskon di hari spesial atau sesuai branding


Gaya berjualan ini beda-beda. Tapi kalau jualannya monoton. Pasti follower juga bosen. Nggak ada greget seperti promo atau diskon akan membuat follower jadi semacam nggak dianggap ada. Melalui promo dan diskon ini sama seperti kita berinteraksi secara menyeluruh ke follower. Kalau komentar kan secara per individu.

Harga coret ini biasanya yang di buru para pembeli. Harga coret udah strategi kuno yang dari dulu udah di terapkan di pasar konvensional. Tetapi harga coret juga masih menjadi favorit penjual untuk menjaring pembeli.

Lakukan kiat jualan online di instagram dengan harga coret pasti meningkatkan penjualan.

 9.  Upload foto testimony pelanggan


Sesekali bisa sobat upload screenshot testimony dari pembeli. Ini bisa jadi semacam membangun kepercayaan pelanggan terhadap toko sobat.

10. Pelajari teknik soft selling


Penjual terlalu ambisius itu nggak baik. Lakukan di Instagram dengan teknik soft selling. Menjual dengan cara halus atau soft selling sama dengan menghasilkan penjualan tetapi nggak perlu menjual. Soft selling bisa menciptakan funnel (alur) yang nantinya akan mengarah ke sales (penjualan).

Misalnya begini, buat konten berupa kutipan yang inspiratif, tips dan juga konten humor tetapi didalamnya mengarah ke penjualan. Cara seperti ini sama dengan menanggapi komentar atau bisa dikatakan cara berinteraksi kepada follower.

11. Like dan juga komentar di postingan follower


Like dan komen di postingan follower sesekali bisa membuat follower jadi senang terhadap akun bisnis sobat. Hal sederhana ini akan membuat jaringan relasi terhadap konsumen.

Tetapi hati-hati. Jangan komen di postingan yang nantinya memperburuk citra dari akun sobat. Berkomentar yang sopan dan relevan biar mereka nyaman dan merasa tak terganggu oleh komen sobat.

12. Instagram Ads


Apa itu instagram Ads? Instagram Ads adalah fasilitas periklanan yang di sediakan oleh Instagram untuk mempromosikan situs web atau bisa juga mempromosikan akun sobat.

Jika seluruh kiat sudah sobat lakukan dengan benar barulah sobat bisa menambah follower dan mempeomosikan produk dengan menggunakan Instagram Ads. Cara ini juga bisa sobat setting target pasaran sesuai yang sobat inginkan.

KESIMPULAN


Manfaatkan fasilitas media sosial se efektif mungkin. Tetapi tetap menjaga reputasi dan juga fungsi utama dari media sosial tersebut. Upload postingan secara berkala, maksimal dalam satu hari itu 2 produk yang kita upload. Menjaga agar akun sobat nggak di kira akun spam.

Semoga kiat jualan online pakai Instagram ini bisa bermanfaat untuk sobat. Semoga jualan sobat makin laris manis. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2