Langkah Penting Sebelum Membuka Usaha Sendiri

LANGKAH YANG DIPERLUKAN KETIKA INGIN MEMBUKA USAHA SENDIRI-Membuka usaha sendiri merupakan suatu solusi untuk menghasilkan uang tanpa perlu kerja sebagai karyawan. Jika sobat tertarik membuka usaha sendiri, kami akan memberikan langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum membuka usaha sendiri.

Sekarang ini, banyak orang-orang yang sulit untuk mendapatan pekerjaan. Terlebih bagi orang-orang yang tidak memiliki keahlian khusus. Membuka usaha sendiri adalah solusi untuk menghasilkan uang.

Tips bisnis pemula

Usaha sendiri terdengar sangat mengiurkan, terlebih lagi sobat akan menjadi boss untuk diri sendiri, usaha sendiri juga memiliki waktu kerja yang fleksible. Namun sobat juga harus siap dengan resiko yang amat besar, pokoknya jauh lebih besar resikonya dari pada menjadi karyawan di perusahaan.

Inilah langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum sobat membuka usaha sendiri.


a. Analisa Terhadap Usaha Yang Akan Dijalankan


Sobat harus memastikan dulu bahwa usaha yang ingin sobat dirikan merupakan usaha yang memang sobat minati. Selain itu jika sobat memiliki keahlian dan pengalaman di bidang usaha yang akan sobat rintis, akan menjadi nilai lebih.

Analisa target konsumen sobat. Apakah produk atau jasa sobat mengatasi masalah konsumen? Hal ini sangat penting. Karena, biarpun produk sobat memiliki kualitas yang baik tetapi tidak ada konsumen yang terselesaikan solusinya, akan membuat produk sobat akan tenggelam dipasaran.  Misal sobat jual donat kukus. Buat tagline "Donat anti kolesterol" inilah yang bisa menjadi solusi dari konsumen yang punya penyakit kolesterol.

b. Susun Konsep Yang Sesuai


Konsep sama halnya dengan sebuah Business Plan. Disini sobat terapkan mindset sobat. Dari dibuatnya konsep usaha, sobat akan tahu berapa biaya sebagai modal untuk di siapkan. Masih banyak aspek yang sobat akan ketahui dari business plan ini.

c. Persiapan Modal


Modal merupakan senjata yang bisa dikatakan sangat penting. Modal ini bisa sobat dapatkan dari hasil tabungan sobat atau dari investor yang mau mendanai usaha sobat. Jika sobat merasa berat dengan modal. Sobat bisa mencoba usaha tanpa modal dengan menjadi dropshipper suatu produk tertentu.

d. Legalitas usaha


Tentukan dulu struktur legalitas untuk usaha sobat. Ijin usaha minimal harus sobat penuhi agar secara hukum usaha sobat ini legal. Merek yang sobat bikin juga bisa di legalkan melalui HKI biar merek dagang sobat resmi.

e. Perluas Jaringan Bisnis Sobat


Jaringan bisnis bisa di ibaratkan sebagai jala untuk menangkap ikan. Di dalam jaringan bisnis sobat nggak mendapatkan ikan tetapi akan mendapatkan manfaat yang baik untuk bisnis sobat. Tetapi juga perlu di perhatikan bangun jaringan yang sesuai dengan kategori bisnis sobat.

Jaringan bisnis juga juga mempunyai 2 kategori. 

- Jaringan bisnis sesama pebisnis akan bermanfaat untuk menyerap informasi tentang strategi pemasaran dan menangkap peluang-peluang terkini.

- Jaringan konsumen punya manfaat  mendapatkan lebih banyak konsumen untuk  produk atau jasa sobat.

Jaringan bisnis bisa sebagai landasan untuk kelangsungan bisnis sobat. Sobat bisa bergabung di komunitas yang sesuai dengan usaha sobat. Membangun jaringan bisnis bisa dimulai dari sebelum sobat membuat usaha sendiri.

Di kumunitas sobat akan bisa menyerap informasi-informasi penting untuk kelangsungan bisnis sobat.

Ok itulah langkah-langkah sebelum sobat memulai usaha sendiri. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Langkah Penting Sebelum Membuka Usaha Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2