Pengertian Bakat dan Hal Yang Mempengaruhi Bakat

Apakah sobat sedang mencari tahu tentang Pengertian Bakat dan Hal Yang Mempengaruhi Bakat?. Sobat berada di artilel yang pas. Baca terus sob.

Pengertian Bakat


BAKAT (aptitude) adalah kemampuan bawaan atau disebut juga potensi yang masih perlu dikembangkan untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus.

Potensi yang masih perlu dikembangkan misalnya kemampuan berbahasa, seni musik, seni rupa, dan lain-lain.
Pengertian bakat

Seseorang yang memiliki bakat musik misalnya, dengan latihan secara konsisten akan lebih cepat menguasai keterampilan tersebut. Untuk dapat merealisaskan suatu bakat maka harus diselaraskan dengan minat, latihan, pengetahuan dan juga pengalaman supaya bakat yang dimiliki bisa teraktualisasi dengan baik.

Sehubungan dengan cara berfungsi nya, ada 2 jenis bakat :

1. Bakat Khusus


Bakat khusus adalah kemampuan pada suatu yang spesifik misalnya bakat musik, melukis, dll.

2. Bakat Perantara


Adalah bakat yang dibutuhkan sebagai perantara untuk menunjukan kemampuan khusus, misalnya bakat melihat ruang (dimensi) dibutuhkan untuk kemampuan di bidang arsitek.

Bakat bukan merupakan sifat tunggal, akan tetapi sekelompok sifat yang terus membentuk bakat. Sebagai contoh dalam bakat musik memiliki kemampuan membedakan nada, kepekaan terhadap suara, kepekaan terhadap irama dan nada.

Bakat akan terbentuk bila ada kesempatan untuk berkembang atau mengembangkan. Banyak yang terjadi pada seseorang yang tidak mengetahui dan tidak mengembangkan bakatnya sehingga akan menjadi kemampuan yang latent.

Hal–hal Yang Mempengaruhi Bakat


• Pengaruh dari unsur genetik


Pengaruh ini berkaitan dengan fungsi otak. Jika dominan otak sebelah kiri , maka bakatnya akan berhubungan dengan masalah verbal,intelektual, teratur, dan logis.

Jika terhadap otak kanan pasti akan berhubungan dengan yang namanya masalah spasial, non verbal, artistik, estetika, dan atletis.

• Pengaruh Latihan


Bakat adalah hal yang sudah dimiliki manusia secara alamiah. Bakat juga perlu adanya latihan untuk mengembangkan dan membangkitkannya.

• Struktur tubuh mempengaruhi bakat seseorang


Seseorang yang mempunyai tubuh atletis akan mendukung untuk menggeluti bidang olahraga atletik.

Cara Mengembangkan Bakat


• Perlu keberanian


Memngembangkat bakat sangat membutuhkan keberanian. Berani gagal, berani berkorban, berani berjibaku dan berani memulai.

Dengan keberanian akan mampu melihat keluar berhadapan dengan bermacam kendala.

• Perlu latihan


Bakat harus terus diasah, yaitu dengan latihan secara terarah, teratur dan konsisten akan membawa keberhasilan.

• Perlu lingkungan yang mendukung


Pengembangan bakat tak terlepas dari lingkungan sebagai pendukung. Lingkungan disini termasuk manusia, biaya, fasilitas dan kondisi sosial.

• Paham terhadap hambatan dan mampu mengatasinya


Maksud dari paham adalah mampu mengidentifikasi setiap kendala yang ada dengan baik. Setelah mampu dalam identifikasi seterusnya mampu mencari jalan keluar untuk mengatasinya.

Itulah sob Pengertian Bakat dan Hal Yang Mempengaruhi Bakat. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan sobat. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2