Pengertian dan Unsur Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani diperlukan agar kita sebagai manusia bisa menjalankan seluruh aktifitas sehari-hari dengan baik. Dari situ kita akan mendapatkan manfaat berupa kehidupan yang berkualitas sebagai seorang manusia.

Pengertian kebugaran jasmani

# Apa itu Kebugaran jasmani? Berikut adalah pengertian kebugaran jasmani


Kebugaran jasmani adalah daya tahan fisik seseorang dalam hal melakukan aktifitas kehidupan sehari-hari tanpa adanya kelelahan yang berarti. Kebugaran jasmani punya pengertian yang tak jauh beda dari aspek fisik total fitness atau physical fitness.

# 10 unsur Kebugaran Jasmani


1. Kecepatan


Kecepatan adalah waktu yang dibutuhkan seseorang dalam hal melakukan gerakan berbeda dan berkesinambungan. Seseorang mempunyai kecepatan yang bagus apabila dia mampu membutuhkan waktu sedikit untuk melakukan gerakan tersebut.

Kecepatan mempunyai 3 jenis :


- kecepatan Reaksi
- Kecepatan Sprint
- Kecepatan Bergerak

2. Kekuatan (Strength)


Kekuatan adalah keadaan tubuh untuk memaksimalkan tenaga ketika melakukan kegiatan fisik. Kekuatan menjadi sangat penting dalam olahraga karena sebagai pencegah cedera.

Latihan untuk melatih kekuatan tubuh:


- Melatih kekuatan lengan dengan Push Up
- Melatih kekuatan Perut dengan Sit Up
- Melatih kekuatan tungkai dengan Squat jump

3. Daya Tahan (Endurance)


Daya tahan adalah kemampuan seseorang menggerakkan seluruh tubuh dalam waktu yang terbilang lama dan temponya berbeda. Selain itu juga tanpa merasakan sakit dan kecapekan yang berarti.

4. Kelenturan


Kelenturan bisa diartikan keleluasaan dalam melakukan pergerakan pada otot persendian. Hampir seluruh olahraga membutuhkan kelenturan.

5. Kelincahan


Kelincahan adalah kemampuan seseorang melakukan gerakan berpindah posisi dengan cepat. Olahraga yang membutuhkan kelincahan misal Bulu tangkis dan basket.

6. Keseimbangan


Keseimbangan dalam kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh mengendalikan gerakan tubuh dengan baik menggunakan saraf otot. Untuk melatih keseimbangan bisa dilakukan menggunakan sikap lilin dan juga berjalan diatas balok kayu.

7. Ketepatan


Ketepatan dalam kebugaran jasmani adalah fokus terhadap sasaran yang dituju dengan kemampuan mengendalikan gerakan otot.

8. Daya Otot


Daya otot dalam kebugaran jasmani adalah dalam waktu sesingkat-singkatnya mampu memaksimalkan kekuatan.

9. Reaksi


Reaksi dalam kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang dalam menanggapi suatu gerakan yang diberikan oleh orang lain melalui rangsangan atau stimulus.

10. Koordinasi


Koordinasi dalam kebugaran jasmani adalah kemampuan menyatukan gerakan yang tak sama kedalam gerakan yang efektif.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian dan unsur kebugaran jasmani. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2