9 Tips Agar Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Bagi kebanyakan orang mendirikan bisnis modal kecil dengan dengan untung besar terlihat mustahil. Tapi buat yang gigih dalam membangun bisnis modal kecil hal ini bukan lagi angan-angan belaka.  Hal tersebut akan terwujud jika sobat mengikuti tips yang akan kita bagikan di bawah.

Banyak para legenda bisnis yang sudah membuktikan usaha dari modal kecil punya untung besar. Misalnya saja Bob Sadino, tentu sobat tau kan sapa dia. Banyak pelajaran berharga yang bisa kita kutip darinya.

Tips bisnis

Mau tahu apa saja tips yang kita kutip dari nasihat Bob sadino soal Bisnis modal kecil untung besar? Yuk simak sob...

 1.  Jalankan bisnis yang sobat kuasai


Mau punya bisnis modal kecil dan untung besar? Pilih jenis usaha yang memang sudah sobat kuasai.

Dengan menjalankan bisnis yang sobat kuasai maka akan menghemat waktu.

Kalau udah paham kan enak, dalam artian sobat nggak perlu pusing lagi mempelajari dan riset bisnis yang sudah dikuasai. Dari sini sobat juga sudah tahu produknya di masyarakat gimana, kelebihan serta kekurangan nya gimana dan yang paling penting sobat dah tahu siapa yang jadi pasarnya.

Meskipun dengan modal kecil, kalau memang usaha tersebut sudah sobat pahami pasti akan mendatangkan untung besar.

 2. Beritahu bisnis sobat ke teman-teman


Buat bisnis sobat tu terkenal di kalangan teman-teman. Kalau teman-teman sobat tahu kalau sobat punya bisnis, ada 2 kemungkinan yaitu dia bisa jadi calon pelangganmu dan bisa jadi mitra bisnis sobat.

Teman bisa saja menjadi networking dan jika kemungkinan ini terjadi sudah pasti bisnis sobat akan terus berkembang karena adanya networking yang luas.

 3.  Jangan gunakan dulu pihak ketiga untuk promosi


Ingat bisnis yang sobat jalankan adalah bisnis kecil. Dengan melibatkan pihak ketiga untuk mempromosikan bisnis sobat sudah pasti biaya modal akan keluar lagi.

Pihak ketiga bisa saja agency atau konsultan.

Pakai jasa mereka sudah pasti nggak sedikit biaya sob. Semurah-murahnya jasa promosi akan lebih murah lagi jika sobat sendiri yang mempromosikan.

Rancang strategi promosi ala sobat. Hal ini juga akan mengasah sobat untuk memahami ilmu komunikasi dalam pemasaran.

 4.  Rancang prioritas promosi


Ngomong-ngomong soal arus kas usaha. Pasti sangatlah memusingkan . Tetapi ini menjadi salah satu hal penting dalam sebuah bisnis.

Jika tanpa adanya rancangan prioritas soal anggaran, maka yang ada kondisi keuanganmu morat-marit. Sebagai contoh, karena nggak memprioritaskan biaya promosi yang terstruktur. Karena kurangnya prioritas promosi yang tepat misal, semua kegiatan di sponsori, buat booth di mana-mana. Bisnis sobat malah jadi akan merugi.

 5.  Nggak usah buru-buru pinjam duit ke Bank


Untuk membangun bisnis modal kecil untung besar, sobat nggak usah buru-buru untuk pinjam modal ke bank. Ingat bisnis yang sobat bangun bisnis kecil yang sama dengan bisnis yang nggak butuh modal gede.

Kalau bisa cobalah sobat tawarkan kerjasama dengan teman. Dan ada hitam diatas putih agar mereka yakin dan buat status mereka sebagai pemilik sebagian saham usahamu.

Jika bisnis sobat terlihat maju. Ada kemungkinan mereka akan berinvestasi di usahamu dengan dana yang lebih gede.

 6.  Manfaatkan media sosial


Pebisnis di era sekarang ini kalau nggak memanfaatkan media sosial untuk senjata promosi sama dengan ketinggalan jaman.

Banyak para mentor bisnis yang selalu menyarankan untuk menggunakan media sosial sebagai sarana promosi yang efektif dan tertarget.

Tapi tetep ingat menggunakan media sosial juga sewajarnya. Jangan terlalu ngasal karena akan jadi bumerang juga.

 7.  Modal kecil harus kerja keras agar puas


Tanamkan dalam diri untuk kerja keras jika modal mbangun bisnis dengan modal kecil. Nggak ada pilihan lain selain kerja keras jika sobat memiliki sedikit modal ingin untung besar.

Kalau sobat belum siap dengan hal ini. Sobat lebih baik buat mbangun usaha sampingan dulu deh. Kalau dah siap mental baru terjun sepenuhnya sebagai pengusaha.

 8.  Jangan mudah bosan


Bisnis itu punya ritme yang naik turun. Bisnis juga nggak selamanya ngasilin untung terus. Ibarat sebuah roda. Dah tau pasti sobat soal ini.

Yang menjadi masalah ketika sobat bosan itu sobat pindah ke jenis usaha lain. Cobalah fokus di satu bisnis, kalau mengalami kendala jangan menyerah untuk terus mencari terobosan buat hadapi kendala tersebut.

Kalau bisnis sobat itu bisnis ngetren boleh sih menjalankan bisnis baru. Tapi perlu digaris bawahi, boleh putar haluan ke bisnis lain asal bisnis sobat udah gak relevan dengan masa saat ini.

Misal sobat bisnis rental PS untuk masa sekarang ini. Ya sepi bos. Mending pilih usaha lain lah.

 9.  Sabar dan konsisten


Apapun bisnis yang sobat kelola saat ini sebisa mungkin sobat kudu sabar jalaninya. Apalagi bisnis yang sobat rintis bisnis modal kecil untung besar.

Bangun bisnis sama halnya membangun rumah. Pondasi membangun rumah itu kita ibaratkan sebagai perasaan sabar dan konsisten dalam bisnis. Tanpa pondasi yang kokoh maka rumah bisa saja ambruk. Begitu juga bisnis.

PENUTUP


Bisnis dengan modal berapa aja pasti bisa nguntungin. Tetapi jika ingin untung besar, siap nggak dengan kerja keras dan konsisten dalam menjalankan bisnis tersebut.

Jika artikel 9 Tips Agar Bisnis Modal Kecil Untung Besar ini dirasa bermanfaat. Silahkan di share ke teman sobat di media sosial. Terima kasih.

0 Response to "9 Tips Agar Bisnis Modal Kecil Untung Besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2