PENGERTIAN DATABASE MANAGEMENT SYSTEM: Tujuan, Komponen dan Macam-Macam Database

# Apa itu Database Management System ?


DBMS (DataBase Management System) adalah suatu sistem yang secara khusus dibuat untuk memudahkan user dalam mengelola basis data dan juga bisa sebagai perangkat lunak yang mengijinkan penggunanya untuk membuat, mengakses, dan mengatur sebuah database.

# Tujuan Perancangan Database


Sebagai pendukung kebutuhan-kebutuhan pemrosesan data dan juga beberapa obyek penampilan seperti response time, processing time, dan storage space.

# Komponen DBMS


• Data Dictionary


Penyimpan data definition dan deskripsi dari struktur data didalam database

• DBMS Utilities


Program untuk user mengelola data dengan cara create, edit, delete data dan file yang didalamnya ada juga data recovery dan back up.

• Report Generator


Program untuk laporan yang berasal d ari data yang disimpan.

# Macam - Macam DBMS


1. MySQL


MySQL merupakan DNMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar enam juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public Licenci (GPL).

Kelebihan MySQL :


- Gratis (bebas didownload)

- Stabil dan tangguh

- Fleksibel dengan berbagai pemrograman

- Security yang baik

- Dukungan dari banyak komunitas

- Kemudahan management database

- Mendukung transaksi

- Perkembangan software yang cukup cepat

2. Oracle


Oracle merupakan DBMS yang terbilang rumit dan paling mahal di dunia. Oracle termasuk dalam relational database management system (RDBMS) untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi. Oracle Server menyediakan solusi yang efisien dan efektif.

3. Firebird


Firebird adalah aplikasi RDBMS atau kepanjangannya Relational Database Management System yang open source yang diciptakan oleh programer-programer yang tertarik dengan source code dari Interbase 6.0 . Interbase 6.0 merupakan aplikasi versi beta yang dikeluarkan oleh perusahaan Borland di tahun 2000, banyak programer yang kecewa karena awal berdiri merupakan open source tiba-tiba menjadi komersil software. Pada saat bersamaan programmer-programmer yang tertarik dengan InterBase 6.0 membuat sebuah team untuk mengembangkan Source Code database tersebut dan berhasil dengan menamai source code tersebut dengan nama Firebird.

4. Microsoft SQL Server 2000


Microsoft SQL Server 2000 perangkat lunak ini didesain untuk melakukan proses manipulasi database berukuran besar dengan berbagai fasilitas dan kemudahan dalam pengoperasiannya membuat RDBMS ini menjadi pilihan para database administrator.

5. Visual Foxpro 6.0


Pada tahun 1984 FoxBase hanyalah perangkat lunak kecil yang berisi bahasa pemrograman dan mesin pengolah data yang di kenalkan oleh Fox Software untuk menyaingi dBase II Asthon-Tate. FoxPro memperkenalkan GUI (Graphical Unit Interface) pada tahun 1989 dan berkembang menjadi Visul FoxPro pada tahun 1995.

6. Database Desktop Paradox


Database desktop adalah program “Add-Ins”, yaitu program terpisah yang langsung terdapat pada Borland Delphi. Dalam database desktop memiliki beberapa DBMS yang terintegrasi di dalamnya antara lain Paradox 7, Paradox 4, Visual dBase, Foxpro, Ms. SQL, Oracle, Ms. Acces, db2 dan interbase.


Itulah tentang PENGERTIAN DATABASE MANAGEMENT SYSTEM: Tujuan, Komponen dan Macam-Macam Database. Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2