Tips Memilih Nama Anak


Tidak sedikit orang yang mengernyitkan dahi ketika tersiar kabar bahwa Melly Goeslaw memilih nama ‘Anakku Lelaki Hoed’ dan ‘Pria Bernama Hoed’ untuk anak laki-lakinya, masing-masing yang pertama dan kedua.

Mungkin, Melly memang termasuk orang yang cukup ‘ekstrem’ dalam hal memilihkan nama yang tidak lazim.

Namun, sebenarnya, sekarang ini, semakin banyak kita jumpai anak-anak dengan nama yang sedikit asing di lidah (seperti Alexis, Joshua, Aaron, Kayana, Nayaka, dsb.), dan semakin jarang anak-anak yang bernama ‘Budi’, ‘Anto’, ‘Ratna’, ‘Sari’, atau ‘Sri’.

TIPS MEMILIH NAMA ANAK

Pasalnya, nama-nama ‘zadul’ (zaman dulu) kian ditinggalkan, dan para orang tua kini pun senang mengulik nama yang terdengar lain dari yang yang sudah ada untuk anak-anak mereka.

Tentu, keinginan ini wajar saja. Memilih nama bayi bisa menjadi proses yang menyenangkan, karena kita pasti ingin anak-anak kita memiliki nama yang paling indah.

Namun, jangan lupa bahwa nama yang ‘unik’ bukanlah satu-satunya hal yang perlu diperhatikan. Ada beberapa faktor penting saat memilih nama anak, yang perlu juga diperhitungkan. Pertama, nama adalah kata yang membuat seseorang dikenal di lingkungannya.

Dua, ada keyakinan umum bahwa nama adalah doa orang tua bagi anak. Kedua faktor ini menjelaskan mengapa, saat memilih nama, pilihlah nama yang punya arti yang baik.

Tidak ada artinya pun tidak apa-apa, tetapi jangan sampai kita memilihkan nama dengan arti yang buruk maka untuk itu kajian nama bayi harus dilakukan dengan teliti. Analisis nama anak ini, maksudnya, supaya anda tidak salah pilih. Kemudian, pilihkan juga nama yang sebisa mungkin mudah dieja dan disebut, dan tidak terdengar aneh – ingat, anak nanti akan tumbuh di lingkungan sosial.

Anda bisa menganalisis nama (dan arti) anak perempuan dan lelaki baik di buku maupun internet.

Ada banyak sumber nama, apakah itu dari bahasa Sanskerta, bahasa Arab, bahasa Ibrani, Jawa, nama pewayangan, dan sebagainya.

Di situ, anda bisa menganalisis nama yang cowok banget atau cewek banget, yang cocok untuk buah hati anda.

Selamat mencari nama!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2