60 Fakta Menarik Tentang Indonesia

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara di Asia Tenggara. Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas. Indonesia terdiri dari beberapa ribu pulau. Dengan fakta menarik tentang Indonesia ini, semoga kita bisa mengingat tentang sejarah, ekonomi, geografi, orang, dan budayanya.

Fakta Menarik Tentang Indonesia

Fakta Menarik Sejarah Indonesia


1. "Sriwijaya" dianggap sebagai yang pertama dari kerajaan Indonesia yang dikenal, yang berlangsung hingga sekitar 1400 SM.

2. Portugis tiba di Indonesia pada awal abad ke-16, untuk rempah-rempah. Karena permintaan besar akan rempah-rempah di Eropa pada saat itu, keuntungan dapat diperoleh dengan menjualnya. Karena itu, Portugis merebut Maluku, daerah penghasil rempah-rempah utama.

3. Namun Portugis kehilangan dominasi mereka atas wilayah tersebut oleh Belanda.

4. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, demokrasi terpadat ketiga di dunia, dan negara dengan mayoritas Muslim terbesar di dunia.

5. Lebih dari 50% wilayah di Indonesia  didominasi oleh hutan.

6. Tahukah Anda bahwa Indonesia memiliki lebih banyak gunung berapi daripada negara lain di dunia. Indonesia juga memimpin dunia dalam hal jumlah total gunung berapi aktif.
Fakta Menarik Tentang gunung berapi Indonesia
www.volcanodiscovery.com

Hal-hal menarik yang hanya ada di Indonesia


7. Badak Jawa adalah hewan asli Indonesia yang tidak dapat dilihat di tempat lain di dunia. Diperkirakan 50 atau lebih sedikit populasi hewan ini.

8. Pernahkah Anda mendengar tentang komodo? Binatang yang luar biasa ini, yang dapat dilihat di Indonesia, dapat memakan manusia. Jangan khawatir; mereka dilindungi, karena hanya dapat dilihat di taman nasional Pulau Komodo. Komodo adalah jenis kadal terbesar di dunia.

fakta menarik mengenai komodo
https://nationalzoo.si.edu/animals/komodo-dragon


9. Apakah Anda tertarik melihat danau yang berubah warna? Anda mungkin harus mendaki gunung berapi. Ada tiga danau di puncak gunung berapi Kelimutu - warna hijau, merah dan hitam. Keajaiban di balik perubahan warna ini adalah terjadi ketika gas vulkanik bereaksi dengan mineral yang larut dalam air.

10. Apakah Anda pecinta bunga? Indonesia, adalah rumah bagi bunga terbesar Rafflesia Arnoldi. Bunga dapat tumbuh hingga berat 7 kg, dan kelopaknya bisa setebal 2,5 cm dan panjang 0,5 m.

11. Ada 504 patung Buddha di candi Borobudur, yang merupakan candi Budha terbesar di dunia. Candi ini juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

12. Ada lebih dari 2000 pekerja seks di “Dolly” - prostitusi terbesar se Asia Tenggara. Namun, sekarang ditutup oleh pemerintah pada 2014.

13. Mencari emas? Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa Indonesia juga merupakan rumah bagi tambang Emas terbesar di dunia - Tambang Grasberg. Tambang ini juga merupakan tambang tembaga terbesar ketiga di dunia. Dengan tenaga kerja 19.000 hingga 20.000 orang.

14. Indonesia memiliki bunga paling bau di Bumi, Amorphophallus titanium (bunga bangkai), tersedia di Pulau Sumatra. Bunga ini juga dikenal sebagai "lidah iblis," dapat tumbuh hingga ketinggian rata-rata dua meter.

fakta menarik tentang bunga bangkai
http://krbogor.lipi.go.id


15. Gunung Tambora, salah satu puncak tertinggi di kepulauan Indonesia, adalah gunung berapi paling eksplosif dalam sejarah. Letusan terbesar yang tercatat dari gunung berapi ini, yang terjadi pada tahun 1815, terdengar 1930 km jauhnya. Terdapat di Pulau Sumatra. Letusan itu merenggut nyawa lebih dari 70.000 orang.

16. Dikutip dari Volcanodiscovery.com, ada 147 gunung berapi di Indonesia.

17. Bendera Indonesia mirip dengan bendera Monako; Namun, ukuran bendera berbeda.

18. Lagu kebangsaan Singapura disusun oleh orang Indonesia - Zubair Said pada tahun 1958.

Beberapa fakta tentang Jakarta


19. Jakarta, Kota ini juga mengalami kemacetan lalu lintas yang padat.

20. Kepulauan Indonesia terdiri dari lebih dari 17.500 pulau, banyak pulau yang belum ada namanya.

21. Penduduk Indonesia mempunyai lebih dari 700 bahasa di seluruh wilayah.

22. Indonesia memiliki tiga zona waktu, sementara Perancis memiliki dua belas zona.

23. Garuda (burung mitos) adalah burung nasional Indonesia.

24. Indonesia memiliki ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

25. Hampir 17% dari populasi Indonesia menggunakan internet.

26. Indonesia adalah rumah bagi pulau terbesar ketiga belas di dunia - Jawa. Pulau ini adalah rumah bagi populasi lebih dari 140 juta orang. Dan itu berisi lebih dari setengah populasi negara itu.

27. Jawa adalah pulau terpadat di dunia.

28. “Bhinneka Tunggal Ika” (“Unity in Diversity” secara literal, “many, yet one”) adalah moto nasional Indonesia.

29. Indonesia memiliki keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia.

30. Istilah "Indonesia" pertama kali digunakan oleh antropolog Inggris J. R. Logan pada tahun 1850.

31. Homo erectus, juga dikenal sebagai Manusia Jawa, mendiami kepulauan Indonesia antara 1,5 juta tahun dan 35.000 tahun yang lalu.

32. Jepang menduduki Indonesia antara tahun 1942 dan 1945 pada dasarnya untuk mendapatkan sumber daya alamnya. Terungkap melalui laporan PBB bahwa setidaknya empat juta orang meninggal di Indonesia selama periode ini. Penyebab kematian adalah kelaparan dan kerja paksa.

33. Jenderal Suharto, presiden kedua Indonesia menjabat presiden antara 12 Maret 1967 dan 21 Mei 1998.

34. Indonesia pada dasarnya dikenal karena: Komodo, pantai, harimau, musik dan boneka tradisional.

35. Di Indonesia, setidaknya 165 juta orang berusia di bawah 30 tahun.

Tentang keanekaragaman bahasa, kualitas hidup & produksi minyak sawit

36. Lebih dari 700 dialek dan bahasa berbeda digunakan di Indonesia, yang menjadikannya negara yang sangat beragam.

37. Indonesia memiliki banyak sekali lagu daerah.

38. Kondisi lalu lintas di Indonesia juga sulit bagi pemula untuk merasa nyaman. Hampir setiap ruang yang tersedia di jalan yang sibuk akan diambil oleh pengendara sepeda motor.

39. Lebih dari 35% spesies burung dan mamalia di Indonesia adalah endemik, menjadikannya negara kedua di dunia setelah Australia yang memiliki armada spesies asli.

40. Perhatikan fakta ini: saat ini, Indonesia juga merupakan penghasil emisi gas rumah kaca terbesar ketiga di dunia.

41. Indonesia adalah produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia, menyumbang sekitar setengah dari pasokan dunia.

Fakta tentang budaya, tradisi, dan agama Indonesia


42. Sifat budaya nasional Indonesia agak mirip dengan India.

43. Seorang insinyur Indonesia, Tjokorda Raka Sukawati, dikreditkan dengan menciptakan teknik pembangunan jalan - Sosrobahu - yang sekarang digunakan oleh banyak negara di seluruh dunia.

44. Masakan Indonesia dipengaruhi oleh masakan India, Cina, Eropa, dan Timur Tengah.

45. Menurut tradisi Indonesia kuno, anak perempuan berusia antara 12 dan 16 tahun terisolasi dari dunia luar dan hampir seperti  dipenjara.

Tahukah kamu?


46. ​​Pada tahun 1976, Indonesia menjadi negara berkembang pertama yang mengoperasikan sistem satelitnya sendiri dengan meluncurkan satelit Palapa.

47. Indonesia adalah negara pulau terbesar di dunia, diikuti oleh Madagaskar dan Papua Nugini.

48. Indonesia juga mendapat pujian karena menjadi rumah bagi danau vulkanik terbesar di dunia - Danau Toba. Panjangnya lebih dari 100 km dan lebarnya 30 km. Ini juga merupakan danau terbesar di Indonesia. Danau ini juga memiliki pulau yang baru terbentuk - Pulao Samosir.

49. Gempa bumi cukup sering terjadi di Indonesia. Negara ini mengalami antara satu dan tiga gempa bumi setiap hari. Namun, tidak semua orang merasakan; kebanyakan cukup ringan.

50. Indonesia melihat setidaknya satu letusan gunung berapi setiap tahun.

51. Setelah Brasil, Indonesia memiliki jumlah hutan tropis terbesar kedua di dunia.

52. Setelah Cina, Indonesia adalah produsen mie instan terbesar kedua di dunia. Negara ini juga merupakan rumah bagi produsen mie instan terbesar di dunia - Indofood.

53. Melayani lebih dari 300.000 penumpang setiap hari, TransJakarta adalah sistem transit bus cepat terbesar di dunia.

54. Pada tahun 2004, gempa bumi terbesar kedua di dunia terjadi di lepas pantai pulau Sumatra, Indonesia. Hasilnya adalah Tsunami yang menyebabkan sekitar 300.000 kematian dan membuat beberapa juta orang kehilangan tempat tinggal. Kekuatannya sangat kuat sehingga massa daratan di sekitarnya telah bergeser hingga 12 m.

Fakta Indonesia untuk anak-anak


55. Menurut data yang dikumpulkan oleh Bank Dunia pada 2009, hampir setengah dari populasi negara itu berpenghasilan kurang dari $ 2 per hari.

56. Dengan ketinggian 4.884 meter, Puncak Jaya Pura di Papua adalah puncak tertinggi di Indonesia.

57. Indonesia memiliki garis pantai lebih dari 54.716 km.

58. Indonesia terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

59. Pariwisata memainkan peran penting dalam perekonomian negara. Negara ini memodelkan dirinya sebagai “Wonderful of Indonesian.”

60. Barack Obama, Presiden AS, juga menghabiskan sebagian masa kecilnya di Indonesia.

Update Mei 2019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2