Apa itu COD (Cash On Delivery): Definisi lengkap

Dalam online shop pasti Anda tak asing lagi dengan yang namanya COD (Cash On Delivery). Terus apa sih arti sebenarnya dari COD. 

Apa itu COD
apa itu COD

Baca juga : Situs toko online yang bisa COD di Indonesia

Apa itu COD (Cash on Delivery)?


COD saat ini bisa dikatakan salah satu metode pembayaran yang paling baik dalam transaksi bisnis online.

Pengertian COD (Cash on Delivery) adalah metode pembayaran dalam bisnis online dimana pembeli melakukan pembayaran ketika barang akan diterima sesuai dengan kesepakatan sebelumnya antara pembeli dan penjual.

Adanya metode pembayaran ini, konsumen bisa memeriksa terlebih dahulu barang yang akan diterimanya. Tentu ini akan menjadi keuntungan konsumen karena tidak seperti membeli kucing dalam karung. Tapi menjadikan penjual was-was karena bisa jadi pembeli nggak jadi beli.

Contoh Melakukan COD


Anda membeli baju di sebuah situs toko online. Dalam system toko online itu ada system pembayaran COD. Anda pun memilih system tersebut.

Anda sebelumnya sudah memilih baju yang akan dibeli. Pada proses pembayaran anda memilih layanan COD. Secara otomatis penjual akan tau bahwa anda akan membayar jika barang sudah sampai ke tempat tinggal Anda.

Setelah barang sudah sampai di tempat tinggal anda melalui kurir yang telah dipilih penjual. Anda pun akan mengecek apakah barang sesuai di deskripsi, setelah Anda cocok baru bayar barang tersebut ke kurir kepercayaan penjual.

Keuntungan COD (Cash on Delivery)


Cara COD secara langsung memberikan dampak signifikan terhadap penjualan. Karena dimata pembeli system COD dianggap sebagai cara aman bertransaksi dan terhindar dari modus penipuan. Keuntungan lain dari COD adalah sebagai berikut:

- Pembeli bisa memeriksa barang sebelum dibayar

- Uang bisa langsung diserahkan penjual atau kurir tanpa ribet transfer bank.

- Reputasi toko online menjadi lebih baik.

Kelemahan cara COD (Cash on Delivery)


Memang system ini bisa buat pembeli menang banyak, tapi bagi penjual COD punya banyak kelemahan.

- Dengan konsumen bisa cek sebelum bayar, membuat pembeli bisa semauanya sendiri batalkan pesanan dengan berbagai macam alas an yang kadang nggak masuk akal.

- Dalam hal keamanan ini menjadi resiko tersendiri bagi kurir yang mengantar barang ke pembeli karena setelah pembeli membayar akan otomatis kurir akan membawa sejumlah uang. Dan ini rawan apalagi kalau nominal uang yang dibawa diatas satu juta lebih.

- Untuk single fighter atau penjual kecil dengan menyediakan system COD sendiri, otomatis harus mempersiapkan waktu, tenaga dan biaya lebih untuk anter 1 pesanan ke pembeli. Ini kelemahan yang kerasa banget buat para penjual kecil-kecilan.

- COD ada batasan jangkauan penjual jadi kalau ada pembeli dari luar daerah jangkauan bisa jadi hilang konsumen dong.

- Menjadi was-was bagi penjual karena kan nggak kenal satu sama lain, hal ini rawan banget dengan kejahatan.

- Rawan penggunaan uang palsu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2