Apakah Arti PO Yang Ada dalam Online Shop

Sudah tau kan kalau di Indonesia saat ini sedang tumbuh pesat dalam hal perkembangan internet marketing. Saat ini orang banyak yang memanfaatkan internet untuk belanja online. Dengan budaya belanja online yang saat ini terjadi membuat banyak para pebisnis menjalankan usaha online shop untuk menawarkan berbagai produk dan jasa.

Istilah jual beli dalam internet pun muncul. Terkadang banyak orang yang dibuat bingung dengan adanya istilah-istolah barui dalam dunia online shop. Salah satu contoh adalah istilah “PO”. 

arti po
arti PO

Apa Itu PO ?

Arti PO dalam online shop sebenarnya memiliki beberapa pengertian dan dari beberapa singakatan kata juga.

Artinya PO dalam Online Shop

Kata PO bisa dari singakatan kata Pay Out, Pre Order, Purchase Order. Yang mana masing-masing punya makna dan tujuan yang berbeda.

Kalau Anda masih bingung dalam memahami istilah tersebut maka lanjut baca tentang beberapa arti PO dalam online shop dibawah ini.

1. Pay Out

Istilah PO untuk singkatan dari Pay Out. Pay Out (PO) adalah sebuah istilah yang digunakan dalam bisnis online dalam program periklanan, bisnis afiliasi, dll.

Sedikit penjelasan sederhana dari arti PO (Pay Out) adalah suatu pembayaran komisi dari pihak platform periklanan atau dari program affiliate kepada para publisher.

Masih bingung?

Perhatikan contoh kasus berikut:

Seorang publisher mengikuti program afiliasi dari situs booking hotel dan dia melakukan pemasaran melalui berbagai media online menggunakan link afiliasi yang disediakan pihak situs booking hotel tadi.

Beberapa hari kemudian ada yang meng-klik link afiliasinya dan terjadi transaksi , maka publisher akan mendapat komisi. Jika komisi tersebut mencapai batas Pay Out sesuai dengan ketentuan maka pihak situs booking hotel tadi melakukan Pay out kepada seseorang publisher tadi.

Jadi Pay Out dapat diartikan sebagai pembayaran komisi ( gajian )

2. Pre Order

Istilah PO singkatan dari Pre Order. Kata ini kalau dalam online shop adalah transaksi jual beli online seperti biasa, hanya saja pembeli terlebih dahulumelakukan pemesanan barang dan melakukan pembayaran, barang akan dikirim setelah batas waktu Pre Order di tentukan oleh penjual.

Pembayaran biasanya dilakukan separo dulu. Proses pelunasan biasanya akan dibayarkan setelah barang akan dikirim ke pembeli.

Biasanya dalam online shop Pre Order dilakukan pada produk (custom/berdasarkan permintaan pembeli) atau barang yang dikirm dari luar negeri.

3. Purchase Order

Isilah PO singakatan dari Purchase Order. Arti Purchase Order (PO) adalah bentuk dokumen yang dibuat pembeli berupa detail pemesanan produk atau barang yang akan mereka beli ditujukan kepada penjual.

Purchase Order seperti halnya kontrak kesepakatan antara pihak penjual dengan pihak pembeli. Biasanya Purchase Order tertanam di sistem marketplace.

Penggunaan Purchase Order akan memberikan keamanan dan terhindar dari tindakan penipuan.

Penutup

Demikian mengenai apa itu PO dalam online shop berdasarkan jenisnya. Dengan adanya penjelasan ini semoga nggak ada lagi kesalahpahaman dalam mencantumkan kata PO dalam berbelanja online. Sekian terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2