Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

Bayam memang dikenal sebagai sumber protein yang tinggi. Banyaknya Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh membuat bayam selalu dipilih sebagai lauk favorit masyarakat Indonesia.

Bahkan diklaim mengkonsumsinya setiap hari bisa membuat tubuh terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya, mulai dari stroke, gangguan otak, hingga jantung.

Manfaat Bayam

Manfaat Bayam

Ada manfaat lainnya juga lho…yang tak kalah hebatnya.

Berikut ini manfaatnya:

Minim akan kalori

manfaat bayam bagi berat badan

Dari 250 gram bayam mentah hanya memiliki sekitar 7 kalori saja. Cukup rendah kalori sehingga sangat bagus bagi mereka yang sedang diet.

Vitamin dan mineral Yang Banyak

manfaat bayam

Bayam dikemas dengan asam folat, vitamin C, vitamin A, kalsium, zat besi mampu membantu menjadi pelindung tubuh dari beragam penyakit serius seperti diabetes, batu ginjal, kanker, serangan jantung dan stroke.

Meningkatkan Kesehatan Otak

manfaat bayam

Vitamin dan mineral Yang Banyak dan antioksidan yang dimilikinya bisa membantu mencegah gangguan fungsi neuronal dan kognitif otak.

Melawan osteoporosis

manfaat bayam untuk tulang

Bayam juga sangat kaya akan sumber vitamin K. Tahu kan fungsi dari vitamin K ini? Vitamin K berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bukan hanya itu saja, vitamin K dalam bayam juga diklaim bisa mencegah dan mengobati osteoporosis.

Meningkatkan kesehatan mata

manfaat bayam untuk mata

Kandungan beta karoten, xanten dan lutein tersebut bermanfaat untuk menjaga mata agar selalu sehat. Selain itu, makan bayam secara rutin juga bisa mencegah peradangan dan iritasi pada mata.

Meningkatkan metabolism

manfaat bayam bagi kesehatan

Protein dalam bayam dapat melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, menyisipkan bayam dalam menu sehari-hari juga akan membuat perut tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama bisa jadi hemat pengeluaran ini. hehe

Mencegah peradangan

manfaat bayam

Zat antiinflamasi yang cukup tinggi dalam bayam berperan untuk mencegah dan juga mengobati peradangan akibat kuman dan bakteri. Mengkonsumsinya secara rutin juga dapat mencegah munculnya atheroklerosis, penyempitan atau penebalan arteri karena penumpukan plak pada dinding arteri.

Tips Memasak Bayam

cara memasak sayur bayam
Gambar oleh Mabel Amber, still incognito dari Pixabay 

Memasak bayam memang mudah tapi ada aturanya juga. Memasak bayam tidak boleh terlalu lama karena bisa menghilangkan nutrisi penting. Setelah dimasak, jangan didiamkan terlalu lama karena bisa membuat beberapa senyawa pada bayam akan rusak jika terkena oksigen. Oleh karena itu, bayam yang sudah dimasak harus segara dimakan sebelum 6 jam.

Manfaat bayam memang cukup banyak bagi tubuh manusia, dari sejumlah penelitian juga telah memberikan bukti nyata yang mengaitkan khasiat bayam dalam membantu menjaga kesehatan tubuh manusia.

Kelebihan lain dari bayam yaitu mudah ditanam. Punya pekarangan sempit? Nggak usah bingung. Tonton aja video berikut ini.

Dalam video dibawah ini mebahas tentang bagaimana cara Pemanfaatan Pekarangan Rumah Dengan Tanaman Sayur Bayam menggunakan polybag.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2