6 Rahasia Tentang Storytelling Untuk Meningkatkan Penjualan

Storytelling - Semua orang suka mendengarkan cerita yang hebat. Sebuah cerita yang bagus memiliki kemampuan untuk memikat kita, menarik perhatian kita, membuat pendekatan dan membuat kita untuk membeli sesuatu. Ketika dilakukan dengan benar, itu bisa menjadi alat penjualan yang sangat kuat.
apa itu storytelling dalam pemasaran

Banyak yang memanfaatkan storytelling untuk melakukan pemasaran, terlebih dalam dunia internet marketing. Para Penjual tak lagi menjual barang atau jasa berdasarkan fitur dan manfaat saja. Menggunakan Storytelling merupakan solusi penjualan ke arah strategi yang efektif yang dapat membantu Anda melibatkan lebih banyak prospek dan menangkap lebih banyak kesepakatan.

Pengertian Storytelling Dalam Dunia Marketing

Story Telling Dalam Dunia Marketing adalah strategi pemasaran menggunakan narasi untuk menghubungkan merek Anda ke pelanggan, dengan fokus pada menghubungkan apa yang Anda perjuangkan dengan nilai-nilai yang Anda bagikan dengan pelanggan Anda.

Kata narasi, yang kami maksud adalah elemen bercerita. Sebuah cerita termasuk karakter, latar, konflik, aksi yang meningkat, klimaks, dan deklarasi. Menciptakan poin-poin ini memungkinkan audiens Anda dengan mudah mengikuti sebuah cerita dan mengingatnya.

Yang penting, karakter utama dalam cerita itu bukan Anda melainkan produk yang Anda pasarkan. Ingat tujuan itu adalah pelanggan produk Anda. Pelanggan Anda harus menjadi pahlawan untuk membuat ini bekerja. Merek Anda adalah panduannya.

Bisa dibilang storytelling adalah kekuatan pendorong di belakang bisnis Anda, dan itu yang membedakan Anda dari pesaing.

Manfaat Menggunakan Storytelling sebagai Bagian dari Strategi Penjualan Anda


Inilah beberapa manfaat utama menggunakan Storytelling untuk alat penjualan Anda:


1. Menarik Perhatian

Menceritakan kisah yang baik dapat menarik perhatian pelanggan Anda. Banyak yang mulai mengabaikan ketika seorang sales marketing mulai berbicara tentang fitur dan manfaat produk saja. Dengan storytelling anda dapat menyampaikan informasi yang sama namun menambahi dengan cerita menarik dalam konteks produk tersebut. Hal tersebut akan membuat calon pelanggan lebih tertarik dan berminat ke arah pembelian.

2. Memotivasi mereka

Cerita yang bagus dapat memotivasi individu untuk mengambil tindakan. Itu dapat menginspirasi mereka untuk melakukan perubahan berbagai hal baru. 

3. Bangun kepercayaan


Bercerita dapat membantu membangun kepercayaan antara penjual dan calon pelanggan. Ini menambah dimensi baru pada proses penjualan karena dapat membantu menaikan angka penjualan.

4. Menambah Pengetahuan


Sales Marketing sering menggunakan statistik dan data sebagai cara untuk meyakinkan konsumen. Memang cara tersebut tidak salah, meskipun ini akan berhasil untuk beberapa orang. Tapi itu tidak akan berlaku untuk orang lain. Memasukkan data dan fakta sebagai bagian dari sebuah cerita menjadikannya lebih menarik dan menyenangkan. Coba saja...

5. Orang-orang Mengingat Cerita Anda


Pelanggan Anda lebih cenderung mengingat cerita yang bagus daripada promosi yang hanya menyampaikan data saja. Mereka akan mengingat informasi yang Anda berikan sebagai bagian dari cerita, dan itu akan melekat pada mereka saat Anda berjualan.

6. Itu dapat mengubah cara orang berpikir


Setiap orang memiliki konsep yang sudah terbentuk sebelumnya tentang bagaimana sesuatu akan dimainkan. Bercerita dapat membantu Anda mengubah narasi dan pola pikir calon pelanggan.

Itulah 6 Rahasia Tentang Storytelling Untuk Meningkatkan Penjualan Anda. Jika pola berjualan Anda masih menggunakan cara lama, cobalah dengan menggunakan teknik storytelling dalam menyampaikan data produk yang Anda jual.

Terkadang banyak internet marketing yang melakukan storytelling nggak ada sama sekali sangkut pautnya dengan produknya. Tapi angka penjualan mereka selalu naik.

Dunia marketing memang dalam dan luas, jadi kalau masih menggunakan cara kuno, sepertinya akan tertinggal jauh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2