Apa itu ekspektasi? Pengertian dan perbedaan antara ekspektasi dan realita

Pasti Kalian pernah dengar kata ini "ekspektasi tidak sesuai dengan realita". Itulah ungkapan yang sering kali di ucapkan oleh masyarakat terutama oleh warga net alias para pengguna internet. Tidak hanya di dalam internet, dalam dunia bisnis pun kata ekspektasi sering juga di gunakan.

Lalu yang menjadi pertanyaan apa sih ekspektasi itu? Apa itu pengertian ekspektasi dan realita? Lalu perbedaan dari kedua kata tersebut apa?
Pengertian Apa itu ekspektasi

Ok, untuk membantu menjawab dari apa yang ingin sobat tau tentang pengertian ekspektasi, kami akan memberikan jawaban secara lengkap.

1. Apa itu ekspektasi ?


Ekspektasi adalah sebuah harapan terhadap apa yang di pikirkan seseorang.

Kata “ekspektasi” merupakan kata dari kosakata bahasa Inggris, yaitu “expectation” atau "expect" yang artinya mengharapkan atau menduga.

Atau secara harfiah, makna ekspektasi adalah kepercayaan, keyakinan atau harapan yang baik akan terwujud. Bisa juga di artikan sebagai harapan yang seharusnya terjadi di masa mendatang. Namun, semua itu sesuai dengan dugaan yang sudah terbayangkan atau terpikirkan.

Arti Ekspektasi Menurut Para Ahli


Agar lebih jelas dalam memahami apa itu ekspektasi, kita dapat melihatkan pandangan pendapat dari beberapa ahli berikut ini:

● Menurut Sutisna

Pengertian ekspektasi adalah suatu keyakinan individual mengenai hal-hal apa saja yang seharusnya terjadi pada situasi tertentu.

● Menurut Boeree : 2005

Definisi ekspektasi adalah harapan kesenangan yang tidak konstan, timbul dari gagasan tentang sesuatu hal di masa depan.

● Menurut Fleming & Levie : 1981

Pengertian ekspektasi adalah seluruh keinginan, harapan, dan cita-cita terhadap sesuatu hal yang ingin diraih dengan tingkah laku serta tindakan yang nyata.

Contoh kasus:

Ada seseorang yang membeli barang baru, misalnya barang tersebut sebuah smartphone baru dengan harga murah. Orang tersebut yakin akan kualitas smartphone tersebut karena sebelumnya pernah melihat iklannya yang sangat meyakinkan.

Orang itu juga berharap smartphone yang di belinya berkualitas bagus, dapat tahan lama dan enak juga untuk bermain game. Namun, setelah beberapa kali penggunaan, realita berkata lain. Baru buat buka game online saja sudah nge-lag dan sesekali bootloop.

Nah, contoh kasus diatas merupakan contoh dari ekspektasi yang tak sesuai realita.

2. Apa itu realita?


Realita adalah kenyataan, atau sesuatu yang nyata dan terbukti kebenarannya.

Jadi, pengertian realita itu memang terjadi di kehidupan nyata dengan bukti-bukti yang ada. Namun realita tak selamanya yang indah-indah. Realita bisa saja kenyataan nya pahit, buruk dsb.

3. Perbedaan antara ekspektasi dan realita


Dari pengertian diatas sudah cukup jelas perbedaan dari ekspektasi dan realita. Jika kita rangkum pengertian diatas, bisa disimpulkan bahwa ekspekatasi itu adalah suatu harapan dan realita adalah suatu kenyataan.

Jadi ungkapan yang sering Anda dengan mengenai ekspektasi tak sesuai dengan realita memiliki makna harapan yang di inginkan tak terwujud. Orang biasanya mengartikannya seperti ini " harapan yang Anda bayangkan berbeda dengan kenyataan yang ada.

Itulah pengertian dari ekspektasi dan realita, dan juga perbedaan dari ekspektasi dan realita beserta contohnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2