Hal Menarik Yang Hanya Ada di Tanjung Puting, Yuk Rencanakan ke sana!

Hal Menarik Yang Hanya Ada di Tanjung Puting


Salah satu Destinasi wisata di Kalimantan Tengah yang menarik dan unik adalah Tanjung Puting. Bagi Anda yang berkunjung ke Kalimantan Tengah jangan lewatkan tempat wisata satu ini Tanjung Puting. Hal menarik Yang hanya ada di Tanjung Puting ini pastinya akan membuat Anda ingin ke sana.
TANJUNG PUTING NATIONAL PARK
Tanjung Puting National Park

Lokasi Taman Nasional Tanjung Puting


Dikutip dari Wikipedia, Taman Nasional Tanjung Puting merupakan tempat wisata yang terletak di semenanjung barat daya provinsi Kalimantan Tengah.
Lokasi Taman Nasional Tanjung Puting

Lebih tepatnya terletak di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat. Untuk menuju ke habitat orangutan, kita menggunakan kapal kayu menyusuri Sungai Sekonyer.

Harga Retribusi Wisata Tanjung Puting


Klotok Wisata : Rp. 500.000-2.500.000/Hari
Speed Boad : Rp. 700.000/Hari
Pemandu Wisata : 150.000 - 350.000/Orang / Hari
* perlu di ingat harga retribusi bisa berubah sewaktu-waktu. Biasanya paket open trip lebih murah. 
Orangutan tanjung puting

Yuk simak pengalaman omjangkung.com ke Taman Nasional Tanjung Puting.

Berikut adalah Hal Menarik yang Hanya ada di Tanjung Puting:


1.  Menikmati Keindahan Sungai Sekonyer Menggunakan Kapal Kayu/Klotok

Kapal Kayu atau orang setempat menyebutnya sebagai klotok memang disediakan oleh pihak pengelola. Meskipun berbentuk kapal kayu, fasilitasnya sudah standard Internasional lho. Mulai dari tempat tidurnya, penyajian makanan, sampai toiletnya pun sangat bagus dan bersih.
Klotok tanjung puting
Klotok Tanjung Puting

Dengan menggunakan kapal kayu ini, kita bisa menuju ke Tanjung puting via sungai sekonyer. Menikmati alam bebas yang ada di sekitaran sungai memberikan sensasi yang sangat menakjubkan.
klotok taman nasional tanjung puting
klotok taman nasional tanjung puting

2. Habitatnya Orangutan terbesar

habitat orangutan tanjung puting
habitat orangutan tanjung puting

Tanjung puting memang destinasi utamanya ke pusat habitat orangutan terbesar. Di Tanjung Puting Anda bisa menikmati pemandangan yang langka. Ya memang langka menurut kami, biasanya melihat orang utan di TV atau di kebun binatang. Nah, kalau di Tanjung Puting Kita bisa berinteraksi langsung dengan Orangutan.
Orangutan tanjung puting national park

Jangan khawatir, di sana ada pemandunya kok. Ada tempat duduk seperti kita menonton pertunjukan dengan musik alami dari kicauan burung-burung di sekitar membuat suasana semakin syahdu.
orangutan tanjung puting kalimantan

Saat kita sampai di tempat, biasanya seorang pemandu akan memberikan makan bagi Orangutan di tempatnya yang seperti panggung. Tak berselang lama, kerumunan orangutan berdatangan, nah saat itulah kita bisa menatap langsung Orangutan. Menarik kan?
orangutan di kalimantan tengah

3. Warna air sungai yang nyaris seperti cola


Hal menarik satu ini memang sudah terbiasa bagi orang yang hidup di sekitaran rawa. Sungai sekonyer merupakan sungai dengan air yang seperti cola. Sungai ini bersih dan jernih.

Pertama kali melihat mungkin akan kagum melihat warna airnya. Tadinya kami pikir ini terkontaminasi limbah apa gitu. Eh, ternyata dari pihak pemandu bilang " ini air rawa gambut mas, memang gini warnanya".

4. Sungai Sekonyer Amazonnya Indonesia


Sungai Sekonyer merupakan satu-satunya akses menuju ke Tanjung Puting. Menyusuri sungai ini pasti nggak akan bosen deh. Bisa di bilang ini merupakan Amazonya Indonesia. Sungai yang ukuran lebar sedang namun di kelilingi hutan dan semak belukar yang masih alami. Belum lagi suasana yang tenang membuat kita jadi rileks.
Sungai tanjung puting

Tempat ini cocok banget buat Anda yang ingin melepas penat. Kami kira biasa saja perjalanan menyusuri sungai itu, ternyata diluar dugaan, menakjubkan pokoknya. Wajib di coba deh.
tanjung puting national park orangutan

Dari perjalanan ini kita bisa melihat hewan-hewan lainnya selain Orangutan. Saat itu kami melihat berbagai satwa liar yang bisa disaksikan seperti babi, biawak, bekantan, bahkan ada juga yang melihat buaya. Tapi tenang selama mengikuti standard keamanan yang diberikan pemandu pasti aman kok.

5. Camp Leakey


Camp Leakey merupakan pusat rehabilitasi Orang utan pertama di Indonesia yang ada di Tanjung Puting. Awalnya Camp ini merupakan tempat untuk penelitian seorang Mahasiswa yang bernama Birute MF. Galdikas dari Universitas Colombia, Los Angeles.
tanjung puting national park orangutan kalimantan tengah

Penelitian itu tak dilakukan nya sendiri namun didukung oleh Direktorat Perlindungan Pelestarian Alam yang saat ini di sebut Ditjen PHKA.

Leakey adalah nama pembimbing penelitiannya Birute yang kemudian di buat untuk pemberian nama camp penelitiannya.

Saat ini Camp Leakey menjadi tempat menarik untuk wisatawan. Karena di dalamnya terdapat pengetahuan lengkap tentang Orangutan dan primata lainnya yang ada di Kalimantan.
Tanjung puting pangkalnbun

Dalam camp Leakey Anda dapat melihat sejarah dari Professor Birute yang mendirikan tempat penelitian sekaligus tempat wisata ini.

Menariknya lagi Anda bisa mengetahui silsilah keluarga Orangutan secara terperinci.

Pemandu wisata dengan senang hati akan memberikan informasi seputar Orang utan jika ada wisatawan yang ingin tau lebih dalam mengenai habitat Orangutan. Camp ini juga yang paling sering di kunjungi oleh wisatawan dari mancanegara.
tanjung puting kalimantan tengah pangkalanbun

Oh iya di jembatan menuju camp ini pasti ada orangutan yang seakan-akan menyambut kita. Namanya Siswi, Orang utan idola di camp leakey. Setiap harinya di jembatan depan camp leakey. Ceritanya sih dia ini pernah hamil tapi bayinya mati. Terus hamil lagi, eh mati lagi. Si Siswi ini juga pernah di operasi 2x. Jadi itu semacam frustasi gitu, siswi ini juga merasa iri kalau lihat orang membawa anak.
orangutan kalimantan
Orangutan namanya Siswi

6. Keindahan ribuan kunang-kunang


Memang perjalanan menyusuri sungai agak lama jadi bisa juga malam hari masih di sungai. Biasanya dari pemandu akan menunjukan spot kunang-kunang yang sangat indah.
tanjung puting orangutan indonesia

Jadi, di tempat tersebut kita akan melihat ribuan kunang-kunang seperti bintang di Angkasa. Kunang-kunang ini waktu itu menempel di pohon. Jika dilihat sih mirip pohon natal.

7. Penginapan Unik di Hutan


Penginapan Rimba Orangutan Ecolodge adalah pondok kayu yang unik. Seperti Homestay namun dengan Jalan setapak terbuat dari kayu yang menghubungkan setiap kamar, restoran, resepsionis, lounge, dan kantor.
Tanjung puting indah
Sumber : ecolodgesindonesia.com

Tempat yang bersih dan nyaman berpadu secara alami dengan lingkungan hutan di sekitarnya.

Terdapat 35 kamar terbagi dalam tiga jenis:

Diamond (3 kamar), Emerald (12 kamar) dan Amethyst (20 kamar), dilayani oleh staf lokal yang akan memastikan Anda menikmati nuansa alam yang hanya terdapat di Tanjung puting. Untuk harga Kamar mulai dari 500 ribu-2 juta per malam.
Info lebih lanjut ke websitenya: https://ecolodgesindonesia.com

8. 3 Spot Menarik


Dalam perjalanan menyusuri sungai, Anda akan disuguhkan 3 spot menarik.

Spot pertama di 22 km dari pelabuhan Kumai ada Tanjung Harapan. Di spot kedua ada menara yang menjulang tinggi. Untuk spot ketiga ada raja orangutan yang paling kuat.
Tanjung puting kalimantan

Oh iya, di masing-masing spot punya raja tersendiri lho. Semacam wilayah kekuasaan gitu. Tapi ini orangutan ya.

Sebelum masuk ke sungai, pertama Anda akan melihat patung orangutan besar. Nama patung tersebut adalah Kosasi. Ceritanya nih Kosasi itu nama raja orangutan yang mati karena berkelahi dengan orangutan lain yang namanya Tom. Terus Tom sekarang yang menjadi raja orangutan terkuat di spot 3.

9. Bisa Melihat Buaya di Alam bebas


Nggak perlu khawatir soal keamanan, para pemandu memiliki SOP untuk menghindari segala hal yang tidak di inginkan.
Tntp kalimantan tengah

Buaya di Sungai tersebut bisa dikatakan banyak, sepanjang perjalanan pasti akan menjumpai buaya dari mulai ukuran kecil sampai yang besar. Hal uniknya, bekantan setiap kali ingin menyeberang sungai pasti saat klotok lewat. Kemungkinan besar bekantan tersebut enggan berenang untuk menghindari dimangsa buaya, makanya dengan memanfaatkan klotok tersebut mereka bisa melompat keseberang tanpa berenang.

Nuansa menegangkan pastinya, tapi juga menjadi pengalaman yang hebat juga. Penasaran pastinya. Yuk kesana!

Itulah Hal Menarik Yang Hanya Ada di Tanjung Puting. Yuk Rencanakan ke sana! dijamin liburan Anda bersama teman atau keluarga menjadi pengalaman yang luar biasa pastinya.

* Informasi tambahan dari : orangutan.org

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2