Ini Lho !! Perbedaan Antara Motivasi Dan Inspirasi

"Di mana ada kemauan pasti ada jalan ”, masih ingat dengan pepatah ini? Ya, ungkapan tersebut adalah pepatah lama yang memotivasi dan mengilhami kita untuk bekerja dan tetap berkomitmen untuk tujuan kita. Kita semua membutuhkan motivasi dan inspirasi dalam menjalani kehidupan. Banyak orang mungkin berpikir bahwa kedua kata tersebut kurang lebih sama, tetapi keduanya merupakan konsep yang sama sekali berbeda. Sementara motivasi selalu dari sumber eksternal di lingkungan eksternal, inspirasi datang dari dalam diri kita.

Perbedaan antara motivasi dengan inspirasi

Istilah motivasi berasal dari kata 'motif' yang berarti kebutuhan atau dorongan dalam diri seseorang. Sebaliknya, inspirasi adalah proses di mana seseorang secara mental didorong untuk melakukan sesuatu.

Definisi Motivasi


Motivasi adalah konsep psikologis, yang digambarkan sebagai stimulus atau kekuatan, yang mendorong orang untuk mengambil tindakan. Itu adalah sesuatu yang membujuk orang untuk berperilaku dan bertindak dengan cara tertentu. Ini juga didefinisikan sebagai proses memberikan alasan kepada seseorang untuk melakukan atau mencapai sesuatu.

Motivasi mendorong kita untuk menetapkan tujuan kita, berdasarkan hal-hal yang kita rasa harus kita lakukan. Ini melibatkan berbagai kekuatan seperti psikologis, biologis, sosial, dll. Yang mengintensifkan emosi seseorang seperti kebutuhan, keinginan, harapan - merangsang mereka untuk mengambil tindakan yang akan menghasilkan pencapaian tujuan jangka pendek.

Definisi Inspirasi


Istilah 'inspirasi' hanya merujuk pada proses mempengaruhi atau membangkitkan yang merangsang orang secara mental dan emosional, untuk melakukan sesuatu yang kreatif atau luar biasa. Ketika seseorang benar-benar ingin melakukan sesuatu yang berbeda, keinginan untuk melakukannya berasal dari dalam. Desakan tersebut didasarkan pada sistem nilai, kepercayaan, pengalaman hidup, imajinasi preferensi, aspirasi dan pengertian lain yang serupa yang membuat kita merasa lebih baik jika kita melakukannya atau mencapainya.

Dalam ilham, Anda benar-benar menginginkan sesuatu yang Anda ingin terus mencapainya, Anda terus tertarik dan berkomitmen untuk memilikinya, Anda meluangkan waktu untuk itu dan menjadikannya prioritas Anda. Ini adalah dorongan spontan.

Poin Penting Tentang Perbedaan Antara Motivasi dan Inspirasi


Perbedaan antara motivasi dan inspirasi dapat dipahami dengan jelas dengan merujuk pada poin-poin berikut ini:

1. Motivasi mengacu pada proses merangsang seseorang untuk bertindak dengan cara yang pasti untuk mencapai tujuan. Inspirasi didefinisikan sebagai tindakan yang memengaruhi orang secara mental dan emosional untuk melakukan sesuatu yang kreatif.

2. Motivasi adalah sesuatu yang mendorong atau membujuk Anda untuk mengambil tindakan, sedangkan inspirasi adalah yang menarik Anda ke arah sesuatu.

3. Ada rasa resistensi dan daya saing dalam motivasi sementara inspirasi memiliki rasa kegembiraan dan kesusahan.

4. Motivasi berumur pendek, misalkan Anda menghadiri seminar kepribadian yang hebat, setelah itu Anda merasa bersemangat untuk melakukan sesuatu, tetapi setelah periode tertentu beberapa minggu atau hari maka keinginan akan mulai menurun. Di sisi lain, inspirasi bersifat abadi, yang berada di dalam kita dan membuat kita berkomitmen sampai kita mencapai tujuan.

5. Motivasi berasal dari sumber eksternal yang dapat berupa penghargaan, pengakuan, penghargaan, dll. Meskipun sumber inspirasi adalah internal, hasrat mendalam yang muncul dalam diri kita.

6. Motivasi adalah insting yang disengaja atau direncanakan untuk mengambil langkah. Sebaliknya, dalam kasus inspirasi, dorongan itu spontan.

7. Motivasi adalah karena beberapa alasan seperti ekspektasi diri sendiri atau harapan masyarakat, kewajiban dan tekanan teman sebaya yang mendorong kita untuk melakukan sesuatu. Berbeda dengan inspirasi yang melibatkan panggilan alami dan organik dari dalam diri kita.

Baca Juga : Kumpulan Kata-kata Bijak Kehidupan

Kesimpulan


Setelah meninjau poin-poin di atas, sekarang jelas bahwa keduanya sangat berbeda, tetapi ini tidak berarti bahwa yang satu di depan yang lain. Relevansi mereka dapat diperiksa hanya pada saat dibutuhkan, yaitu motivasi digunakan ketika Anda ingin orang bertindak dengan cara tertentu dan bertindak segera, sedangkan inspirasi adalah ketika orang ingin mencapai sesuatu yang hebat, yang akan membuat mereka lebih baik daripada di menyajikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2