3 Cara Mengatasi Rasa Gugup Ketika Presentasi

Saya yakin Anda pernah melakukan presentasi. Baik itu waktu sekolah, kuliah bahkan di kantor. Apalagi buat karyawan, kemampuan presentasi sangat penting untuk kemajuan karir. Misalnya, cepat mendapatkan promosi jabatan. Apakah pernah merasa gugup ketika presentasi itu? Pastinya pernah gugup dong. Apa lagi saat pertama kalinya melakukan presentasi.
Cara Mengatasi Rasa Gugup Ketika Presentasi

Jadi kemampuan melakukan presentasi yang baik sangat penting bagi Anda.

Tetapi kadang-kadang, atau malah sering kita merasa gugup ketika melakukan presentasi. Rasa gugup itu mengganggu kelancaran berbicara. Sehingga pembaca yang mengalami hal itu, pasti ingin mengatasinya.

 Tips Atasi Rasa Gugup Saat Presentasi


Berikut beberapa tips mengatasi rasa gugup yang bisa dilakukan:

1. Berawal dari persiapan


Apa jadinya jika kita berpergian tanpa ada persepian terlebih dahulu? Mungkin ada barang-barang yang tertinggal. Hal yang sama juga terjadi di banyak kasus, juga di kasus presentasi. Rasa gugup seketika muncul karena kita tidak tahu atau tidak yakin, apa yang harus disampaikan pada saat presentasi.

Mungkin Anda perlu mempersiapkan bahan, referensi-referensi penguat, sistematika penyampaian, detail-detailnya dan tentu saja mempersiapkan penguasaan bahan.

2. Atasi dengan pertanyaan


Barangkali pembaca gugup karena suasana forum yang terlalu sepi. Semua pendengar seakan-akan fokus terhadap presentasi pembaca. Dan pembaca tidak tahu apakah mereka paham atau tidak. Jangan berharap setuju, pemahaman mereka terhadap presentasi harus dipastikan.

Coba ajukan pertanyaan kepada mereka, semisal, “Apa kah point ini sudah jelas atau tidak?” Pembaca bisa menanyakan itu juga pada akhir presentasi dan membuka sesi tanya jawab.

3. Kreatif membuat pertanyaan


Kadang-kadang ada karakter audience yang jika hanya disentuh dengan pertanyaan biasa mereka tidak tergerak bertanya. Padahal mereka masih belum cukup paham. Dan pembaca gugup karena hal itu. Coba atasi dengan berbagai pertanyaan yang kreatif. Sebagai contoh gini: “apakah ada pertanyaan, jika tidak ada syukur lah, saya juga berharap tidak ada pertanyaan.” dengan pertanyaan yang berbau lelucon ini bisa mencairkan suasana yang berimbas pada hilangnya rasa gugup Anda.

Dengan sedikit tips untuk Mengatasi Rasa Gugup Ketika Presentasi diatas. Semoga terbantu atasi rasa gugupnya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2