6 Ilmu Semu dalam Memahami Kepribadian

Ini lah 6 ilmu yang dihasilkan manusia dalam usahanya memahami kepribadian (Personality). Saya katakan semu karena ilmu tersebut bersifat spekulatif dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga hasilnya sangat meragukan. Jika pun benar, itu pun hanya kebetulan belaka.
memahami kepribadian, pengembangan diri

Ketika membaca buku psikologi saya menjadi tahu bahwa memang memahami kepribadian sudah lama diusahakan oleh manusia. Mulai dari cara-cara sederhana bahkan kadang cenderung mistis.

Saya mewajarinya, sebab dengan menguasai ilmu tentang memahami kepribadian, kita memiliki beberapa keuntungan. Di antaranya adalah kita tahu bagaimana cara mengembangkan kepribadian. Tetapi sayang, setidaknya ada 6 ilmu semu. Atau saya sebut saja “ilmu coba-coba”

Dengan menampilkan 6 ilmu semu ini, saya berharap teman-teman tidak terpengaruh dengan hasil atau kesimpulan dari ilmu tersebut. Banyak dari varian ilmu ini, masih hidup sampai zaman serba maju seperti ini.

 6 Ilmu Semu Dalam Memahami Kepribadian


Baiklah, inilah 6 ilmu semu dalam memahami kepribadian tersebut. (Sumadi Suryabrata, 2005: 7-8)

1. Chirologi


Chirologi adalah pengetahuan yang berusaha mempelajari kepribadian manusia melalui gurat-gurat tangan.

2. Astrologi


Astrologi adalah pengetahuan yang berusaha menjelaskan kepribadian atas dasar dominasi benda-benda angkasa terhadap apa yang sedang terjadi di alam, termasuk waktu kelahiran seseorang.

3. Grafologi


Grafologi, merupakan pengetahuan yang berusaha menjelaskan kepribadiam atas dasar tulisan tangan.

4. Phisiognomi


Phisiognomi, adalah pengetahuan yang berusaha menjelaskan kepribadian atas dasar keadaan wajah.

5. Phrenologi


Phrenologi, merupakan pengetahuan yang berusaha menjelaskan kepribadian berdasarkan keadaan tengkorak.

6. Onychology


Onychology, pengetahuan yang berusaha menjelaskan kepribadian atas dasar keadaan kuku.

Kesimpulan:

Enam ilmu di atas memiliki kesamaan. Pertama obyek analisa untuk mengetahui tidak berhubungan dengan kajian. Apa hubungannya gurat tangan dengan kepribadian? Apakah jika gurat itu saya ubah kepribadian saya berubah?Atau apa hubungannya tulisan tangan dengan kepribadian?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2